Batik Parang: Makna, Filosofi, dan Dipakai Jessica Alba - Sehun

Jum'at, 11 Agustus 2017 08:18 Penulis: Rahmi Safitri
Batik Parang: Makna, Filosofi, dan Dipakai Jessica Alba - Sehun
Jessica Alba dan Sehun © Istimewa

Kapanlagi Plus - Batik adalah salah satu warisan budaya kebanggaan Indonesia. Pada tanggal 2 Oktober 2009, batik secara resmi diakui UNESCO ke dalam Daftar Representatif sebagai Budaya Tak-benda Warisan Manusia (Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity) dalam Sidang ke-4 Komite Antar-Pemerintah (Fourth Session of the Intergovernmental Committee) tentang Warisan Budaya Tak-benda di Abu Dhabi.

Batik di Indonesia punya ribuan motif yang kemudian dibagi menjadi tujuh kelompok yaitu batik parang, batik geometri, batik banji, batik tumbuh-tumbuhan melanjar, tumbuh-tumbuhan air, batik bunga, dan batik satwa dalam kehidupannya. Kali ini kita akan lebih fokus membahas soal batik parang.

Batik parang ini adalah salah satu motif yang paling tua di Indonesia dan sudah ada sejak era keraton Mataram Kartasura. Mataram Kartasura atau Kasunanan Kartasura yang kini lebih sering disebut Solo berdiri pada tahun 1600-an. Motif batik ini diciptakan oleh pendiri Keraton Mataram dan jadi pedoman utama dalam menentukan derajat kebangsawanan seseorang. Bahkan pada masa itu, motif parang hanya boleh dikenakan oleh raja dan keturunannya.

Keluarga Keraton Jogja memakai batik © UNESCOKeluarga Keraton Jogja memakai batik © UNESCO

Parang sendiri berasal dari kata pereng yang artinya lereng. Batik parang memang memiliki bentuk garis diagonal dan biasanya punya susunan motif yang membentuk seperti huruf S. Susunan motif S jalin-menjalin tidak terputus melambangkan kesinambungan. Bentuk dasar huruf S diambil dari ombak samudra yang menggambarkan semangat yang tidak pernah padam.

Batik Parang memiliki makna yang tinggi dan mempunyai nilai yang besar dalam filosofinya. Batik parang ini memiliki petuah untuk tidak pernah menyerah, ibarat ombak laut yang tak pernah berhenti bergerak. Batik Parang juga menggambarkan jalinan yang tidak pernah putus, baik dalam arti upaya untuk memperbaiki diri, upaya memperjuangkan kesejahteraan, maupun bentuk pertalian keluarga. Garis diagonal yang terdapat dalam motif batik Parang, memberi gambaran bahwa manusia harus memiliki cita-cita yang luhur, kokoh dalam pendirian, serta setia pada nilai kebenaran. Dinamika dalam pola parang ini juga disebut ketangkasan, kewaspadaan, dan kontituinitas antara satu dengan yang lainnya.

Motif batik parang ini punya banyak jenis lho. Di antaranya adalah Parang Rusak, Parang Rusak Barong, Parang Klitik,  Parang Kusumo,  Parang Tuding, Parang Curigo, Parang Centung, dan Parang Pamor.

Motif batik parang © IstimewaMotif batik parang © Istimewa

Motif Batik Parang Rusak bahkan diciptakan Penembahan Senopati saat bertapa di Pantai Selatan, terinspirasi dari ombak yang tidak pernah lelah menghantam karang pantai. Motif ini melambangkan manusia yang internal melawan kejahatan dengan mengendalikan keinginan mereka sehingga mereka bijaksana, watak mulia karakter yang akan menang. Sedangkan Motig Batik Parang Barong  diciptakan oleh Sultan Agung Hanyakrakusuma dan memiliki makna pengendalian diri dalam dinamika usaha yang terus-menerus, kebijaksanaan dalam gerak, dan kehati-hatian dalam bertindak.

Motif batik yang punya makna filosofis tinggi ini dulu memang dipakai kaum raja saja. Tapi sekarang siapa saja boleh memakainya. Mulai dari karyawan, artis, sampai selebritis populer dunia pernah ketahuan memakai batik dengan motif ini.

Jessica Alba dengan mini dress batik © BuzznetJessica Alba dengan mini dress batik © Buzznet

Jessica Alba pernah memakai mini dress cantik dengan motif batik parang. Dengan motif batik pun bintang film FANTASTIC FOUR ini membuktikan dia tetap bisa tampil fashionable dan cool. Apalagi dengan sepatu boot yang dipakainya. Jessica memakai dress ini di acara Fourth Annual Fashion Forward Luncheon 2004 di Beverly Hills, California. Bahkan dia sudah memakai batik sebelum diakui oleh UNESCO.

Ada motif batik parang di kemeja Sehun © SBSAda motif batik parang di kemeja Sehun © SBS

Selebritis terbaru yang ketahuan memakai baju dengan motif batik parang adalah bintang K-Pop, Sehun EXO. Sehun yang bersama boyband EXO sedang promosi lagu mereka Ko Ko Bop, memakai kemeja dengan motif batik parang saat tampil di acara musik SBS Inkigayo, Minggu 23 Juli lalu. Gara-gara Sehun, banyak fans yang mengunggah orang-orang Indonesia yang memakai kemeja batik serupa.

So, KLovers punya batik motif parang yang penuh filosofi ini juga? Ayo jangan mau kalah sama Jessica Alba dan Sehun!

(kpl/pit)

Editor:

Rahmi Safitri



MORE STORIES




REKOMENDASI