Bipolar Adalah Gangguan Suasana Hati dan Emosi yang Berubah Drastis, Kenali Gejalanya

Rabu, 08 September 2021 13:22
Bipolar Adalah Gangguan Suasana Hati dan Emosi yang Berubah Drastis, Kenali Gejalanya
Ilustrasi credit: unsplash.com)


Kapanlagi Plus - Suasana hati dan emosi yang berubah secara drastis bahkan terbilang ekstrim dikenal juga dengan istilah gangguan bipolar. Gejala gangguan bipolar seringkali diabaikan sebab kerap disalahartikan sebagai mood swing biasa

Meski mood swing termasuk gangguan mental, ada ciri khusus menandakan perubahan emosi tersebut sebagai gejala bipolar. Menurut pengertiannya, bipolar adalah perubahan suasana hati yang membuat pengidapnya merasakan emosi dalam fase-fase berbeda.

Ada fase di mana mereka merasakan perasaan sangat bahagia, percaya diri, bersemangat. Sementara ada juga saat mereka merasakan fase sedih, malas, kurang bersemangat, bahkan putus asa. Kedua fase tersebut dikenal juga dengan fase gejala bipolar mania dan fase bipolar depresi.

Pada tingkat tertentu, gangguan bipolar bisa berpengaruh pada kehidupan penderitanya dan aktivitas sehari-hari mereka. Karena itulah, penanganan diperlukan untuk mengatasi gangguan bipolar secara tepat.

Berikut penjelasan tentang pengertian bipolar, gejala bipolar beserta ciri-cirinya telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

1. Pengertian Gangguan Bipolar

Mengalami masa-masa bahagia, sedih, galau, cemas, khawatir tentu pernah kalian rasakan. Kondisi ini memang wajar terjadi mengingat hidup tak biasa lepas dari beragam persoalan yang rumit. Namun, jangan salah artikan perubahan emosi yang mungkin saja kalian rasakan sebagai mood swing biasa. Sebab bisa jadi salah satu ciri-ciri gangguan bipolar. Lalu apa itu gangguan bipolar?

Bipolar adalah gangguan mental yang membuat penderitanya mengalami perubahan emosi sangat drastis. Misalnya saja kalian merasakan perasaan sangat bahagia tiba-tiba pada saat bersamaan berubah menjadi sangat sedih. Begitu juga kondisi emosi yang sebaliknya dengan perubahan begitu drastis dan cepat.

Pada beberapa kondisi, seseorang dengan gangguan bipolar cenderung tidak bisa mengontrol emosinya. Ketika emosi tersebut tidak terkendali, akibatnya bisa berpengaruh pada kehidupan pribadi mereka termasuk aktivitas harian.

Gangguan bipolar mungkin saja tidak banyak disadari, sebab ciri-cirinya hampir mirip dengan gangguan kesehatan mental pada umumnya. Gangguan bipolar sendiri bisa terjadi dalam beberapa waktu dari mingguan hingga bulanan.

 

2. Penyebab Gangguan Bipolar

Setiap masalah kesehatan yang terjadi pada tubuh tentunya memiliki penyebab atau pemicu. Termasuk berkaitan dengan kesehatan mental yakni gangguan bipolar juga diketahui ada penyebabnya. Penyebab gangguan bipolar dapat terjadi karena beragam faktor mulai dari dampak sosial hingga keturunan.

Melansir dari alodokter.com, sejumlah faktor penyebab gangguan bipolar di antaranya yakni faktor keturunan, sosial, lingkungan bahkan gaya hidup. Hal ini juga berpengaruh pada fungsi sistem saraf pusat yakni neurotransmitter yang tidak seimbang atau mengalami gangguan. Meski begitu, penyebab gangguan bipolar belum diketahui secara pasti.

 

3. Gejala-Gejala Gangguan Bipolar

Penting untuk mengenal gejala-gejala bipolar agar pengobatan segera dilakukan. Sehingga dapat mengatasi gangguan bipolar secara tepat. Sebelum itu, perlu diketahui beberapa gejala gangguan bipolar dari berbagai fase yang berbeda seperti ulasan berikut ini.

1. Gejala Bipolar Mania

Bipolar mania adalah fase di mana gangguan kesehatan mental ini membuat pengidapnya merasakan rasa senang, bahagia, bahkan percaya diri yang tinggi. Adapun beberapa gejala bipolar mania yang bisa terjadi di antaranya sebagai berikut:

- Merasakan sangat bahagia, senang ataupun gembira.

- Bersemangat dan sangat berenergi ataupun jadi begitu aktif.

- Berbicara sangat cepat dengan topik beragam.

- Sangat sensitif dan mudah tersinggung perasaannya.

- Merasakan pikirannya berpacu atau tidak terkontrol.

- Merasakan tidak ingin tidur atau tidur dalam waktu singkat.

- Bisa melakukan beragam aktivitas sekaligus.

- Tidak nafsu makan.

- Terkadang bisa membuat keputusan yang buruk bahkan tidak terkendali seperti menghabiskan uang, konsumsi alkohol, pergaulan bebas, dan seterusnya.

2. Gejala Bipolar Depresi

Berbeda dari bipolar mania, gangguan bipolar depresi cenderung dapat mengganggu beragam aktivitas harian pengidapnya. Sebab ini termasuk dalam fase cukup serius sehingga memerlukan penanganan segera. Adapun gejala bipolar depresi sebagai berikut.

- Merasakan perasaan sedih, cemas, khawatir, sepi, bahkan putus asa.

- Tidak tertarik melakukan semua aktivitas meskipun jadi favoritnya.

- Tidak bertenaga dan berenergi.

- Tidak percaya diri, merasa dirinya tidak berharga lagi dan merasa sangat bersalah.

- Nafsu makan tidak terkontrol seperti bisa saja meningkat ataupun hilang.

- Tidak dapat berkonsentrasi.

- Sering mengantuk dan malas.

- Tidak mau bersosialisasi atau menarik diri dari lingkungan dekat.

- Ada perasaan ingin mencoba melakukan bunuh diri.

Selain gejala bipolar dalam dua fase di atas, ada juga fase gejala bipolar campuran. Artinya penderitanya dapat merasakan kedua gejala tersebut secara bersamaan.

 

4. Cara Mengatasi dan Pengobatan Gangguan Bipolar

Pemeriksaan lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui apakah mengalami gangguan bipolar ataupun tidak. Biasanya pemeriksaan ini dilakukan oleh dokter spesialis kesehatan mental ataupun psikiater. Berikut ini cara mengatasi dan pengobatan gangguan bipolar.

Cara mengatasi gangguan bipolar secara mudah:

- Berolahraga secara rutin untuk menjaga kesehatan fisik dan kesehatan mental.

- Meluangkan waktu untuk berlibur untuk menenangkan pikiran.

- Bersosialisasi dengan lingkungan sekitar dan ikut dalam kegiatan sosial.

- Mempererat hubungan dengan keluarga dan saudara agar menguatkan hati dan membuatmu makin bersemangat.

- Menjaga pola makan sehat.

- Mencurahkan isi hati dan tidak memendam perasaan sendiri.

Pengobatan bipolar:

Sementara untuk pengobatan bipolar dapat dilakukan sesuai dengan kondisi penderitanya. Biasanya dokter akan memberikan pengobatan sekaligus terapi untuk mengurangi gejala gangguan bipolar. Dengan pengobatan ini diharapkan dapat membantu penderita gangguan bipolar mengatasi masalah kesehatan mental tersebut.

Itulah penjelasan tentang bipolar adalah gangguan suasana hati dan emosi yang berubah drastis. Gejala bipolar dapat terjadi dalam dua fase yakni bipolar mania serta gejala bipolar depresi.

Sumber: hellosehat.com, alodokter.com, halodoc.com, merdeka.com

 

(kpl/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI