Bisa Sebabkan Jerawat, Ini 5 Cara Mengatasi Pori-Pori Tersumbat secara Alami

Rabu, 23 September 2020 14:33 Penulis: Puput Saputro
Bisa Sebabkan Jerawat, Ini 5 Cara Mengatasi Pori-Pori Tersumbat secara Alami
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Pori-pori tersumbat bisa jadi salah satu penyebab dari munculnya jerawat yang paling umum terjadi. Oleh karena itu, pori-pori tersumbat tak bisa dianggap remeh. Masalah kulit yang saui ini seharusnya sesegera mungkin diatasi. Sayangnya, sampai saat ini tak banyak orang yang tahu bagaimana cara mengatasi pori-pori tersumbat.

Seperti yang kita tahu pori-pori mempunyai ukuran yang sangat kecil, sehingga ada cara khusus untuk membersihkannya. Selain itu, penyebab pori-pori tersumbat juga bermacam-macam, salah satunya bisa karena debu atau polusi yang menempel. Selain itu, pori-pori tersumbat juga bisa disebabkan proses membersihkan makeup yang tidak sempurna.

Bila kalian termasuk yang mengalami masalah pori-pori tersumbat, kalian tak perlu khawatir. Ada beberapa cara mengatasi pori-pori tersumbat yang bisa dilakukan dengan mudah. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa ulasannya.

 

1. Madu

Sudah sejak lama, madu dikenal sebagai bahan alami yang banyak sekali manfaatnya. Tak hanya untuk kesehatan tubuh, madu juga bisa digunakan untuk kecantikan. Penggunaan madu merupakan salah satu cara mengatasi pori-pori tersumbat yang paling efektif.

Kalian hanya perlu mencampurkan 3 sendok makan madu dengan 1 sendok makan bubuk kayu manis. Setelah itu, aduk sampai rata dan didapat tekstur seperti scrub. Scrub ini akan sangat cocok untuk membersihkan pori-pori dan mengatasi kulit terkelupas. Caranya mudah, bilas wajah dengan air hangat, lalu oles dan pijatkan scrub ke area wajah. Lakukan selama beberapa menit, kemudian bilas sampai bersih.

2. Susu dan Gelatin

Cara mengatasi pori-pori tersumbat lainnya bisa dilakukan dengan campuran susu dan gelatin. Untuk mempraktikkannya, sebaiknya kalian membuat campuran susu dan gelatin menjadi masker. Caranya cukup mudah, campurkan susu dengan gelatin dengan perbandingan 1:1. Setelah itu, panaskan hingga larut.

Jika sudah, masker siap untuk digunakan. Aplikasikan campuran susu dan gelatin tersebut ke wajah dengan kuas atau tangan. Pastikan kuas atau tangan dalam keadaan bersih. Agar tak mudah lepas, kalian bisa mengoleskannya dalam beberapa lapis. Setelah merata, diamkan kurang lebih 20 menit atau hingga mengering.

Namun, perlu diketahui bagi kulit sensitif cara ini bisa menimbulkan efek kurang nyaman. Jika hal itu terjadi, segera bilas masker dengan air hangat, lalu gunakan pelembab untuk memberi efek menenangkan.

3. Scrub Yogurt dan Garam

Kombinasi yogurt dan garam, juga bisa dipakai untuk cara mengatasi pori-pori tersumbat. Sama seperti cara sebelumnya, terlebih dahulu kalian juga perlu mengolahnya menjadi scrub.

Bahan-bahan yang kalian perlukan, di antaranya 4 sendok makan yogurt tawar, 1 sendok teh garam, 1 sendok teh air perasan lemon, dan 1 sendok makan madu. Campurkan yogurt dan garam kemudian aduk hingga merata. Pastikan garam benar-benar larut. Setelah itu, tambahkan air perasan lemon dan madu. Aduk lagi sampai benar-benar tercampur merata.

Jika scrub sudah jadi, kalian tinggal mengoleskan dan memijatkannya ke wajah. Lakukan berulang dalam beberapa saat. Setelah itu, cuci sampai bersih dengan menggunakan air hangat.

4. Lidah Buaya

Siapa yang tak kenal lidah buaya? Tanaman herbal yang satu ini begitu sangat populer. Lidah buaya selama ini sering dimanfaatkan untuk kecantikan kulit dan rambut. Satu lagi manfaat lidah buaya yang perlu kalian tahu, yaitu bisa mengatasi pori-pori tersumbat.

Dilansir dari stylecraze.com, lidah buaya bisa memberikan efek lembap dan membantu mengatasi masalah pori-pori. Kandungan dalam gel lidah buaya dipercaya bisa membersihkan dan menutrisi kulit, sehingga menghilangkan minyak dan kotoran yang menyumbat pori-pori.

Mengatasi pori-pori tersumbat dengan lidah buaya sangatlah mudah. Kalian cukup mengoleskan gel lidah buaya pada pori-pori. Oleskan dengan cara memijat lembut selama beberapa menit. Diamkan kurang lebih selama 10 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

5. Putih Telur

Masker putih telur selama ini dipercaya berkhasiat mengencangkan kulit. Selain itu, banyak orang menggunakan masker putih telur untuk mengecilkan pori-pori. Nah, ternyata tak hanya mengecilkan, putih telur juga sangat baik untuk pori-pori terbuka dan tersumbat.

Gunakan bagian putih dari 1 butir telur, lalu campurkan dengan 2 sendok makan oatmeal, dan 2 air perasan lemon. Aduk merata sampai berbentuk pasta. Oleskan pasta tersebut secara merata di wajah, biarkan kurang lebih 30 menit. Terakhir, bilas dengan air dingin. Kalian bisa melakukan cara ini sebanyak seminggu sekali.

Itulah sederet cara mengatasi pori-pori tersumbat. Kalian bisa menerapkan cara-cara di atas agar kulit wajah lebih bersih dan bebas dari jerawat. Jika masih tak berhasil, jangan segan-segan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter kulit atau klinik kecantikan!

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI