Mudah Didapat, Ini 6 Obat Diare Alami dan Efektif

Rabu, 23 September 2020 11:33 Penulis: Dhia Amira
Mudah Didapat, Ini 6 Obat Diare Alami dan Efektif
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Diare merupakan sebuah penyakit yang biasanya disebabkan oleh virus atau, makanan yang terkontaminasi. Tentu saja ada beberapa obat diare alami yang dapat kita temukan secara mudah dan tidak mahal.

Obat diare ini biasanya berupa tumbuhan, atau minuman yang dapat kita buat sendiri secara sederhana. Kira-kira apa saja ya obat diare alami tersebut? Dilansir dari berbagai sumber, ini 6 obat diare yang alami dan efektif untuk mengatasi sakit diare. Yuk langsung saja dicek.

 

1. Oralit

Obat diare pertama yang alami dan mudah didapat yaitu ada oralit. Yup! minuman satu ini bukan hal yang asing bagi penderita diare. Hal ini karena oralit merupakan salah satu obat mujarab yang bisa mengatasi diare dengan aman.

Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu larutkan enam sendok teh gula pasir dan setengah sendok teh garam dalam satu liter air. Aduk hingga rata dan minum satu gelas tiap 4-6 jam sekali.

2. Pisang

Kata siapa pisang akan memperburuk diare? Hal tersebut tidak benar ya KLovers, karena pisang malah akan menyembuhkan kalian dari penyakit diare. Hal ini karena pisang memiliki kandungan kalium yang sangat tinggi, kandungan kalium inilah yang mampu menggantikan elektrolit yang hilang akibat diare.

Selain itu pisang juga memiliki kandungan berupa pektin yang bisa menyerap cairan dalam usus, sehingga kotoran yang dikeluarkan lebih padat dan tidak berair. Kalian bisa mengonsumsi pisang secara rutin saat kalian mengalami diare, hal ini agar diare cepat mereda.

3. Jahe

Ternyata jahe juga dapat menjadi salah satu obat yang dapat menyembuhkan diare loh KLovers. Hal ini karena jahe memiliki sifat anti radang, anti nyeri dan anti bakteri. Dan semua kandungan tersebut sangat cocok untuk mengobati diare serta bisa menenangkan perut kalian.

Kalian bisa menjadikan jahe sebagai minuman hangat, dengan menggunakan irisan jahe serta gula batu. Atau kalian juga bisa mencampurkan jahe pada sup hangat yang akan kalian konsumsi.

4. Yogurt

Yogurt juga menjadi salah satu obat yang baik dikonsumsi ketika kalian menderita diare. Hal ini karena yogurt merupakan makanan dengan probiotik tinggi, dan probiotik ini menjadi bakteri baik yang ada di sistem pencernaan.

Makanan dengan probiotik tinggi bisa meningkatkan jumlah bakteri baik untuk melawan kuman penyebab diare. Jadi bila kalian menderita diare, maka kalian bisa mengonsumsi yogurt untuk menyembuhkannya.

5. Kentang

Kemudian ada kentang yang juga menjadi makanan yang baik dikonsumsi sebagai obat diare secara alami. Sama seperti pisang, kentang juga mengandung kalium yang cocok untuk meredakan diare.

Kalian bisa mengonsumsi kentang rebus atau kukus untuk menjadi obat diare. Dan sebaiknya untuk tidak memberikan saus, garam, ataupun bahan-bahan lain. Hal ini agar kentang dapat berfungsi secara baik dan juga maksimal.

6. Wortel

Dan makanan terakhir yang baik dikonsumsi saat sedang diare yaitu ada wortel. Yup! Ternyata wortel dapat menjadi obat untuk kalian yang sedang menderita diare loh KLovers.

Sama seperti pisang, wortel juga mengandung pektin yang bisa membuat feses yang dikeluarkan menjadi lebih padat. Kalian bisa mengonsumsi wortel dengan cara tumbuk menjadi halus, atau dibuat sebagai minuman jus.

Itulah 6 obat alami yang dapat kalian konsumsi ketika mengalami diare. Selain dapat menghilangkan diare, beberapa makanan ini juga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selamat mencoba.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI