Kenali Sedini Mungkin, Ini 7 Tanda Tubuh Jika Kekurangan Vitamin C

Selasa, 22 September 2020 19:44 Penulis: Nurul Wahida
Kenali Sedini Mungkin, Ini 7 Tanda Tubuh Jika Kekurangan Vitamin C
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Demi menjaga kesehatan tubuh mencukupi berbagai nutrisi sehat mulai dari vitamin penting dilakukan untuk menghindari sejumlah gangguan kesehatan tertentu. Salah satu vitamin yang diperlukan tubuh agar bugar dan sehat adalah vitamin C. Vitamin tersebut menawarkan banyak manfaat termasuk menangkal radikal bebas penyebab penyakit. Sejumlah tanda tubuh jika kekurangan vitamin C bahkan dapat diketahui dengan beberapa gejala.

Nutrisi seperti vitamin dapat ditemukan dalam sederet makanan tertentu seperti buah dan sayur. Dimana kedua bahan makanan tersebut kaya akan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Tidak heran jika sayur dan buah dapat bermanfaat mengatasi sejumlah gangguan kesehatan yang terjadi pada tubuh. Vitamin C adalah salah satu vitamin penting yang harus dicukupkan kebutuhannya untuk mencegah gangguan kesehatan tertentu.

Sebab jika tubuh kekurangan vitamin C, maka akan rentan terserang penyakit tertentu. Untuk itulah mengenali sedini mungkin tanda tubuh jika kekurangan vitamin C perlu dilakukan untuk mencegah gangguan kesehatan yang dapat muncul.

Lalu apa saja tanda tubuh jika kekurangan vitamin C?

Adapun tanda tubuh jika kekurangan vitamin C terdapat dalam beberapa poin di bawah ini. Berikut 7 tanda tubuh jika kekurangan vitamin C yang dapat dikenali sedini mungkin.

 

1. Sistem Kekebalan Tubuh Lemah

Tanda tubuh jika kekurangan vitamin C salah satunya adalah kekebalan tubuh lemah. Dimana vitamin C diketahui memiliki peran penting meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia yang dapat menangkal berbagai penyakit termasuk paparan radikal bebas. Jika sistem imunitas lemah, secara tidak langsung tubuh akan mudah terserang penyakit tertentu.

Seperti melansir dari northportwellnesscenter.com, berdasarkan laporan yang diterbitkan Journal Nutrients dan dibagikan oleh U.S. National Library of Medicine, vitamin C dikenal sebagai asam askorbat yang berperan penting untuk kekebalan tubuh. Vitamin C tersebut dapat diperoleh dari sejumlah buah dan sayur yang kaya vitamin C seperti jeruk, tomat, brokoli,  bayam dan lain sebagainya.

2. Gusi Bengkak Hingga Berdarah

Tanda tubuh jika kekurangan vitamin C selanjutnya adalah gangguan pada mulut dan gigi. Gangguan tersebut dapat terlihat dari kondisi gusi yang muda bengkak hingga berdarah. Tidak tercukupinya vitamin C dalam tubuh dapat memicu masalah kesehatan gigi dan mulut hingga rentan terkena sariawan.

Tidak heran jika vitamin C kerap dikaitkan dengan sariawan. Sebab kondisi tersebut dapat terjadi karena vitamin C berperan penting dalam pembentukan kolagen pada kulit. Jika kekurangan vitamin C secara tidak langsung bisa menjadi penyebab gusi bengkak hingga berdarah.

3. Rambut Mudah Rontok

Tanda tubuh jika kekurangan vitamin C juga dapat dilihat dari kondisi kesehatan rambut. Dimana vitamin C yang tidak tercukupi dalam tubuh dapat menyebabkan rambut mengalami kerontokan. Namun seperti diketahui rambut rontok dapat dikatakan normal jika terjadi kerontokan sebanyak 50 hingga 100 helai sehari.

Jika mengalami kerontokan rambut secara berlebihan, memiliki kemungkinan jadi salah satu tanda tubuh kekurangan vitamin C. Namun untuk mengetahui secara pasti penyebab kerontokan rambut, melakukan pemeriksaan dengan dokter penting dilakukan sebab tidak semua kerontokan rambut karena faktor kekurangan vitamin C.

4. Kulit Kering

Tanda tubuh jika kekurangan vitamin C selanjutnya adalah mengalami gangguan kesehatan pada kulit. Salah satunya menyebabkan kulit menjadi terasa kering. sebab vitamin C memiliki peran penting untuk memproduksi kolagen yang bermanfaat pada kulit tubuh. Kondisi ini sudah banyak dibuktikan dalam sejumlah penelitian yang menyebutkan ada keterkaitan antara vitamin C dan kesehatan kulit. Untuk itu mencukupi kebutuhan vitamin C dalam tubuh diperlukan agar menjaga kesehatan kulit tetap baik.

5. Mudah Lelah

Selain beberapa tanda di atas, tanda tubuh jika kekurangan vitamin C juga dapat memunculkan gejala tubuh mudah lelah. Seperti mengutip dari northportwellnesscenter.com, bersumber dari penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Nutritional Science menyebutkan bahwa kekurangan vitamin C memiliki hubungan erat dengan suasana hati dan perasaan lelah.

Dalam hal ini kekurangan vitamin C tersebut dapat membuat tubuh lebih rentan terkena nyeri sendi yang dapat terjadi karena peradangan pada tubuh. Sehingga mencukupi kebutuhan vitamin C dalam tubuh penting dilakukan, sebab vitamin C memiliki peran penting sebagai antioksidan kuat yang bisa meningkatkan sistem imunitas pada tubuh.

6. Memicu Anemia

Tanda tubuh jika kekurangan vitamin C juga dapat memicu terkena sakit anemia. Seperti diketahui anemia merupakan gangguan kesehatan yang terjadi karena tubuh kekurangan sel darah merah yang lebih rendah dari batas normalnya. Seperti melansir dari ndtv.com vitamin C berperan penting untuk menyerap zat besi dari makanan yang dikonsumsi. Dimana zat besi berhubungan erat dengan risiko sakit anemia. Kedua jenis nutrisi tersebut baik vitamin C dan zat besi sama-sama memiliki peran penting mencegah risiko terkena sakit anemia.

7. Penyembuhan Luka Lama

Tanda tubuh jika kekurangan vitamin C juga bisa ditandai dengan gejala penyembuhan luka yang terjadi cukup lama. Sebab vitamin C memiliki peran penting untuk membentuk kolagen yang juga berkaitan dengan proses penyembuhan luka. Jika kekurangan vitamin C kulit yang terluka dapat mengalami penyembuhan lambat atau lama. Untuk itu konsumsi berbagai asupan kaya vitamin C penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh tetap baik.

Nah itulah 7 tanda tubuh jika kekurangan vitamin C. Namun untuk mengecek tubuh mengalami kekurangan vitamin C, diperlukan konsultasi dengan dokter agar mendapat penanganan segera. Selain itu perlu diperhatikan agar mencukupi vitamin C dalam tubuh dalam batas normal dan tidak berlebihan.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI