Tak Hanya Buahnya Saja, Ini 7 Manfaat Biji Alpukat Bagi Kesehatan

Penulis: Dhia Amira

Diterbitkan:

Tak Hanya Buahnya Saja, Ini 7 Manfaat Biji Alpukat Bagi Kesehatan
Manfaat biji alpukat (credit: Freepik)

Kapanlagi.com - Alpukat menjadi salah satu buah yang populer untuk seseorang yang sedang diet. Memiliki tekstur yang lembut dan tidak memiliki rasa, membuat alpukat sering diolah dengan berbagai jenis makanan. Namun tak hanya buahnya saja, nyatanya manfaat biji alpukat juga sangat baik loh untuk kesehatan tubuh kalian.

Hal ini karena di dalam biji alpukat juga terdapat banyak sekali kandungan yang baik bagi kesehatan. Biji alpukat memiliki kandungan asam lemak, serat, karbohidrat, dan protein loh KLovers. Tentu saja semua kandungan ini sangat baik dalam kesehatan tubuh kalian.

Kira-kira apa saja ya manfaat biji alpukat? Dilansir dari berbagai sumber, ini 7 manfaat biji alpukat bagi kesehatan tubuh kalian. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Mengatasi Hipertensi

Manfaat biji alpukat yang pertama yaitu dapat mengatasi hipertensi di dalam tubuh. Hipertensi memang menjadi salah satu hal yang sangat berbahaya bagi tubuh. Bila tekanan darah naik, maka seseorang akan mengalami stroke hingga jantung. Bagi penderita hipertensi sendiri, mereka harus memperhatikan makanan apa saja yang harus dikonsumsi agar tekanan darah tidak naik secara drastis.

Bahkan bagi mereka yang sudah mengalami tekanan darah tinggi yang luar biasa, maka mereka harus mengonsumsi obat-obatan secara rutin dan tidak boleh putus. Namun selain obat dari dokter, kalian juga bisa kok mengatasi masalah hipertensi dengan mengonsumsi biji alpukat. Hal ini karena ekstrak biji alpukat dapat membantu mengendurkan pembuluh darah, yang selanjutnya membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Kalian bisa mengonsumsi rebusan air biji alpukat secara rutin sebelum tidur untuk mendapatkan manfaatnya. Namun bila kalian memiliki riwayat penyakit darah tinggi yang cukup serius, maka kalian bisa berkonsultasi terlebih dahulu pada ahlinya.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Menurunkan Kolesterol

Tidak hanya mampu menurunkan darah tinggi saja, nyatanya manfaat biji alpukat yang selanjutnya yaitu dapat menurunkan kolesterol di dalam tubuh. Hal ini karena kandungan serat dalam biji alpukat mampu meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL).

Kolesterol tinggi merupakan faktor penyebab penyakit jantung koroner, stroke, tekanan darah tinggi dan diabetes tipe 2. Selain itu, aktivitas antioksidan dari senyawa fenolik dalam tepung biji alpukat memiliki efek hipolipidemik dalam menurunkan kolesterol. Jadi kalian bisa mengonsumsi tepung biji alpukat untuk mendapatkan manfaat dari biji alpukat tersebut.

 

3. Mengatasi Masalah Usus

Usus yang sehat akan membuat tubuh sehat, serta pencernaan pun lancar. Meskipun terbilang sepele, namun usus yang bermasalah mampu menjadi salah satu penyakit yang berbahaya bagi tubuh loh KLovers. Sehingga kalian juga wajib menjaga usus kalian untuk tetap selalu sehat. Dan tentu saja kalian bisa melakukan hal tersebut dengan menggunakan manfaat biji alpukat.

Yup! Biji alpukat memiliki kandungan serat alami yang sangat tinggi. Maka dari itu, jika kalian sedang mengalami kondisi susah buang air besar atau sembelit, maka dapat mengonsumsi ekstrak biji alpukat untuk melancarkan pencernaan. Selain itu dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa, biji alpukat berhasil menghambat pertumbuhan jamur. Terutama jamur Candida albicans, yang sering menyebabkan masalah pada usus.

 

4. Baik untuk Penyakit Alzheimer

Ternyata manfaat biji alpukat yang selanjutnya yaitu dapat menjadi obat yang baik untuk penderita alzheimer loh KLovers. Penyakit alzheimer merupakan salah satu penyakit kepikunan yang di derita oleh banyak lansia. Penyakit ini menghancurkan memori dan fungsi mental penting lainnya, sehingga tak jarang penderita akan lupa makan, mandi, hingga nama mereka sendiri.

Namun menurut sebuah penelitian yang dilansir dari liputan6,com mengungkapkan bahwa, biji alpukat digunakan dalam pengobatan tradisional untuk penyakit Alzheimer. Hal ini disebabkan oleh adanya aktivitas antioksidan dan kemampuan pembersihan radikal dalam biji yang terkait dengan pengobatan penyakit Alzheimer. Bahkan di dalam biji alpukat juga ditemukan mengandung sifat fungsidal, insektisida dan anti-mikroba.

 

5. Mengurangi Risiko Diabetes

Diabetes memang menjadi salah penyakit yang sangat berbahaya bagi tubuh. Bagi penderita diabetes, mereka harus memilih makanan yang akan dikonsumsi agar tidak menaikkan kadar gula dalam darah dan mengakibatkan hal fatal. Saat ini sudah banyak sekali makanan yang dapat mengurangi risiko diabetes, salah satunya yaitu biji alpukat.

Ternyata manfaat biji alpukat juga dapat mengurangi risiko seseorang terkena penyakit diabetes loh KLovers. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Ilmu Kedokteran Malaysia, menunjukkan bahwa biji alpukat mengandung phytochemical bioaktif yang memiliki kemampuan untuk menurunkan risiko diabetes pada seseorang.

 

6. Mengatasi Penyakit Maag

Manfaat biji alpukat yang lainnya yaitu dapat mengatasi penyakit maag. Yup! Maag atau asam lambung bisa terjadi pada siapa saja, bila sudah seperti ini maka akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kalian. Asam lambung sendiri terjadi karena seseorang telat makan atau salah mengonsumsi sesuatu yang membuat asam pada lambung mereka naik.

Bila sudah begini maka tubuh akan mengalami gejala seperti nyeri di dada, perut terasa mual, hingga merasa sakit kepala dan migrain. Bila sudah seperti ini, maka kalian bisa kok menggunakan manfaat biji alpukat. Ini karena Biji alpukat merupakan sumber antioksidan baik yang membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas.

Sehingga kalian bisa mengatasi masalah maag atau asam lambung dengan mengonsumsi air rebusan biji pepaya, atau tepung biji alpukat secara rutin. Sehingga masalah asam lambung ataupun maag dapat teratasi dengan efektif.

 

7. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Dan manfaat biji alpukat yang terakhir yaitu dapat menjaga daya tahan tubuh. Untuk tetap sehat, memang sangat penting dalam menjaga daya tahan tubuh. Karena daya tahan tubuh yang lemah akan membuat kita gampang terserang penyakit. Selain mengonsumsi vitamin, kalian juga bisa kok mengonsumsi biji alpukat KLovers.

Khasiat biji alpukat bisa menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit, karena tingginya kandungan antioksidan yang dapat menguatkan sistem imun. Kandungan antioksidan dalam biji alpukat sekitar 70%. Karena itu, khasiat biji alpukat juga bisa menangkal radikal bebas sehingga tubuh tidak rentan terkena penyakit.

Itulah 7 manfaat biji alpukat bagi kesehatan tubuh kalian, yang wajib diketahui. Bukan hanya buahnya saja yang memiliki manfaat baik untuk tubuh, nyatanya manfaat biji alpukat juga sangat baik dalam kesehatan tubuh kalian.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending