Cara Hapus Akun Tokopedia Sementara - Permanen, Ketahui Pula Apa yang Perlu Diperhatikan Saat Ingin Menonaktifkan

Penulis: Dhia Amira

Diterbitkan:

Cara Hapus Akun Tokopedia Sementara - Permanen, Ketahui Pula Apa yang Perlu Diperhatikan Saat Ingin Menonaktifkan
Ilustrasi (credit: Pexels)

Kapanlagi.com - Tokopedia merupakan salah satu perusahaan perdagangan elektronik atau sering disebut toko daring yang ada di Indonesia. Saat ini Tokopedia menjadi salah satu perdagangan elektronik yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Namun, ada saja hal yang membuat kita merasa harus menghapus akun Tokopedia. Tapi, bagaimana cara hapus akun Tokopedia?

Ya, biasanya menghapus akun terjadi karena berbagai alasan. Namun masalahnya tidak semua orang tahu bagaimana cara hapus akun Tokopedia. Baik itu dihapus untuk sementara ataupun secara permanen. Meski begitu, perlu diingat ya KLovers, tidak semua akun bisa dihapus, perlu beberapa tahapan dan hal yang perlu diperhatikan.

Nah, untuk KLovers yang penasaran bagaimana cara hapus akun Tokopedia. Maka berikut ini beberapa cara hapus akun Tokopedia baik itu sementara ataupun permanen. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Cara Hapus Akun Tokopedia Sementara Lewat PC

Cara hapus akun Tokopedia yang pertama yaitu, ada cara hapus akun Tokopedia secara sementara lewat PC. Ya, cara ini sistemnya hanya menonaktifkan akun Tokopedia kalian ya KLovers. Jadi kalian bisa membuka kembali toko bila ingin membukanya. Dan berikut ini cara hapus akun Tokopedia secara sementara lewat PC:

1. Cara pertama yang harus kalian lakukan yaitu, kunjungi situs Tokopedia (https://www.tokopedia.com/) dan lakukan login akun seperti biasa.

2. Setelah itu kalian bisa klik menu "Pengaturan".

3. Pilih opsi menu "Pengaturan Toko" di bagian "Toko Saya".

4. Setelah itu KLovers bisa atur durasi tanggal penutupan toko dan alasannya.

5. Lalu kalian bisa centang opsi "Tutup Sekarang" dan klik tombol "Atur".

6. Selesai, akun Tokopedia kalian akan di nonaktifkan secara sementara.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Cara Hapus Akun Tokopedia Sementara Lewat Aplikasi

Masih cara hapus akun Tokopedia yang sementara, namun kali ini bisa kalian lakukan lewat aplikasi. Cara ini bisa kalian lakukan di HP yang sudah memiliki aplikasi Tokopedia ya KLovers. Berikut ini beberapa cara hapus akun Tokopedia lewat aplikasi:

1. Cara pertama yaitu dengan membuka aplikasi Tokopedia dan login akun milik kalian.

2. Setelah itu kalian bisa ketuk menu "Akun" dan pilih menu "Pengaturan".

3. Kemudian kalian bisa pilih menu "Toko" dan ketuk pada opsi menu "Informasi".

4. Ketuk opsi "Atur" pada menu "Status Toko", lalu pilih "Tutup Toko Sekarang".

5. Selanjutnya kalian bisa atur jadwal tutup toko sesuai yang kalian inginkan, serta tuliskan alasan kalian pada bagian "Catatan".

6. Setelah semua selesai, kalian bisa klik "Simpan".

7. Selesai, akun Tokopedia kalian akan di nonaktifkan secara sementara.

3. Cara Hapus Akun Tokopedia Permanen

Nah, bagaimana dengan cara hapus akun Tokopedia secara permanen? Sebenarnya tidak mudah untuk menutup toko ataupun akun Tokopedia secara permanen. Ada beberapa prosedur yang harus kalian lakukan, dan bila tidak di acc oleh pihak Tokopedia maka kalian tidak bisa menutup akun Tokopedia secara permanen. Namun, kalian bisa mencoba dengan cara meminta pada Tokopedia Care. Berikut ini beberapa cara hapus akun Tokopedia secara permanen:

1. Cara pertama yaitu dengan mencari tahu informasi mengenai bisa atau tidaknya akun Tokopedia dihapus.

2. Cara mengajukan tutup akun lewat bantuan Tokopedia Care.

3. Jika dilihat dari aplikasi maupun website, tidak ada menu untuk menghapus akun. Karena memang pihak Tokopedia tidak menyediakannya.

4. Tetapi, kalian dapat mengajukan penutupan akun melalui Tokopedia Care. Dengan cara mengisi formulir dan menyertakan beberapa lampiran yang diperlukan.

5. Lampiran tersebut berupa foto terambil dengan jelas dan tidak blur.

6. Kemudian kalian juga harus menampilkan seluruh bagian informasi KTP, format foto bisa .jpg, .jpeg, atau .png

7. Ukuran foto maksimum 10 MB juga ya KLovers.

8. Nantinya, kalian akan diarahkan untuk mengisi bagian detail masalah. Masalah ini sebenarnya bisa apa saja, tidak terbatas pada menghapus akun Tokopedia.

9. Bila sudah kalian bisa buka laman https://www.tokopedia.com/help/form

10. Kemudian kalian bisa menjelaskan detail Masalah (berisi alasan), lalu lampirkan (foto KTP).

11. Isikan kedua bagian ini sesuai dengan data-data yang sudah disiapkan tadi. Jika sudah, ketuk tombol Kirim.

12. Itulah beberapa cara hapus akun Tokopedia secara permanen. Selanjutnya KLovers tinggal menunggu respon dari Tokopedia Care yang akan dikirim lewat email. Sejauh ini, baru itu cara hapus akun Tokopedia secara permanen. Karena pada dasarnya, tidak ada menu untuk menghapus akun.

4. Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Ingin Nonaktifkan Akun

Bila cara hapus akun Tokopedia tidak berhasil untuk menutup akun Tokopedia, mungkin ada hal yang membuatnya gagal. Kalian harus tahu hal yang perlu diperhatikan saat ingin menonaktifkan akun Tokopedia, baik itu secara sementara ataupun permanen. Nah, berikut ini hal yang perlu diperhatikan saat ingin menonaktifkan akun Tokopedia:

1. Penutupan akun hanya dapat diproses apabila pengguna sudah tidak ada transaksi yang berjalan di akun kalian.

2. Kemudian pengguna atau pemilik akun Tokopedia juga tidak memiliki tanggungan cicilan pinjaman online di Tokopedia.

3. Data email atau nomor telepon pada akun yang sudah dinonaktifkan tidak dapat digunakan kembali atau didaftarkan kembali ke akun Tokopedia baru.

4. Pastikan kalian sudah menarik atau menggunakan saldo Tokopedia, Reksadana, dan saldo emas yang kalian miliki di akun.

Itulah beberapa cara hapus akun Tokopedia yang bisa kalian lakukan. Ada cara hapus akun Tokopedia secara sementara maupun permanen, selain itu ada pula hal yang perlu diperhatikan bila ingin menghapus akun di Tokopedia. Selamat mencoba KLovers.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending