Cara Menyambungkan WiFi ke HP yang Tidak Bisa Terhubung, Pastikan Beberapa Hal Berikut Ini

Selasa, 31 Mei 2022 14:44 Penulis: Dhia Amira
Cara Menyambungkan WiFi ke HP yang Tidak Bisa Terhubung, Pastikan Beberapa Hal Berikut Ini
Ilustrasi (credit: Pexels)


Kapanlagi Plus - Jaringan WiFi memang menjadi sebuah hal penting untuk terhubung ke internet. Namun, bagaimana bila kalian tidak bisa terhubung ke jaringan tersebut? Tentu akan sangat merepotkan ya KLovers, apalagi kalian butuh internet. Ternyata ada loh beberapa cara menyambungkan WiFi ke HP yang tidak bisa terhubung.

Ya, cara menyambungkan WiFi ke HP yang tidak bisa terhubung ini bisa membantu KLovers yang kesulitan saat menghubungkan WiFi ke HP kalian. Selain cara menyambungkan WiFi ke HP yang tidak bisa terhubung, kalian juga bisa memastikan beberapa hal yang mungkin bisa jadi alasan mengapa jaringan WiFi tidak ingin tersambung.

Untuk itu, berikut ini cara menyambungkan WiFi ke HP yang tidak bisa terhubung beserta dengan hal-hal yang harus kalian perhatikan dan pastikan. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Menggunakan Airplane Mode

Cara menyambungkan WiFi ke HP yang tidak bisa terhubung pertama yaitu, kalian bisa menggunakan Airplane Mode. Ya, bila kalian merasa bahwa WiFi HP tidak bisa terhubung, maka kalian bisa menggunakan cara ini. Berikut cara menyambungkan WiFi ke HP yang tidak bisa terhubung dengan menggunakan Airplane Mode.

1. Buka menu Pengaturan > WiFi

2. Nonaktifkan dan mengaktifkan kembali sambungan WiFi.

3. Reset perangkat router. Tunggu dua menit, lalu hidupkan lagi.

4. Aktifkan mode pesawat atau Airplane. Tunggu beberapa saat, nonaktifkan kembali.

5. Restart perangkat dan masuk ke Safe Mode.

 

2. Mengaktifkan Keep WiFi

Kemudian cara menyambungkan WiFi ke HP yang tidak bisa terhubung selanjutnya yaitu, dengan mengaktifkan Keep WiFi. Nah, cara ini mungkin bisa mengatasi masalah kalian yang tidak bisa menyambungkan WiFi. Berikut ini beberapa cara menyambungkan WiFi ke HP yang tidak bisa terhubung dengan mengaktifkan Keep WiFi.

1. Masuk ke menu pengaturan.

2. Pilih WiFi.

3. Tekan tombol hamburger atau tombol titik tiga.

4. Pilih menu Advanced.

5. Pilih menu Keep WiFi on during sleep.

6. Pilih Ya atau Always, untuk menikmati konektivitas tanpa batas.

 

3. Pastikan Hal-Hal Berikut

Nah, sebelum KLovers melakukan beberapa cara menyambungkan WiFi ke HP yang tidak bisa terhubung di atas, kalian bisa memastikan beberapa hal ini ya KLovers. Ya, beberapa hal harus KLovers perhatikan, mungkin saja hanya mengalami kesalahan dalam menyambungkan WiFi. Berikut ini hal-hal yang bisa kalian pastikan.

1. Periksa Koneksi Jaringan

Langkah pertama untuk mengetahui masalah pada koneksi WiFi adalah memastikan fitur tersebut aktif. Sebab, tak jarang pengguna lupa belum menyalakannya atau mematikan fitur ini secara tak sengaja.

2. Pastikan nama router dan password tepat

Kemudian kalian bisa pastikan nama rou' dan password WiFi tepat. Hal lain yang menyebabkan perangkat kalian tak dapat terhubung ke internet kemungkinan karena terkoneksi dengan jaringan yang salah. Untuk itu, selalu pastikan perangkat kalian benar-benar terhubung dengan jaringan yang seharusnya ada di wilayah tersebut.

3. Coba hapus jaringan yang terdeteksi

Jika cara di atas belum juga berhasil, coba untuk menghapus (forget) jaringan yang ingin dihubungkan. Setelah itu, kalian dapat mencoba menghubungkannya kembali. Untuk melakukannya, cukup mengetuk jaringan yang ingin dihapus dan pilih 'Forget'. Apabila akan kembali terhubung melalui jaringan itu, kalian harus memulainya lagi dari awal, termasuk password yang dibutuhkan.

4. Restart perangkat atau router

Selain itu, kalian bisa coba restart perangkat milik kalian. Bagi KLovers yang menggunakan jaringan sendiri, cara ini juga berlaku untuk router. Meski terlihat sederhana, cara ini terbilang cukup ampuh untuk menyelesaikan masalah di beragam perangkat. Setelah perangkat sudah menyala, kalian dapat mencoba menghubungkannya kembali dan lihat hasilnya.

5. Lakukan factory reset

Dan cara yang terakhir yaitu, dengan melakukan factory reset. Langkah ini merupakan pilihan terakhir karena dapat menghapus seluruh data yang ada di dalam perangkat. Di sisi lain, cara ini perlu dicoba karena melakukan factory reset dapat menghapus bug yang mungkin ada di software. Karena itu sebelum melakukannya, pastikan untuk mencadangkan file yang ada dalam di perangkat. Untuk melakukannya, kalian cukup membuka 'Settings', buka menu 'Back up and reset' dan pilih 'Factory Data Reset'.

Itulah beberapa cara menyambungkan WiFi ke HP yang tidak bisa terhubung yang bisa KLovers lakukan. Bukan hanya cara menyambungkan WiFi ke HP yang tidak bisa terhubung saja, tetapi KLovers juga bisa memastikan hal-hal yang mungkin jadi alasan jaringan WiFi tidak terhubung.

 

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI