Cara Meruqyah Diri Sendiri Menurut Islam Agar Terbebas dari Gangguan Jin dan Penyakit

Rabu, 16 Desember 2020 11:22 Penulis: Dhia Amira
Cara Meruqyah Diri Sendiri Menurut Islam Agar Terbebas dari Gangguan Jin dan Penyakit
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Ruqyah merupakan metode penyembuhan dengan cara membacakan ayat suci Al Quran pada orang yang sakit akibat dari 'ain, sengatan hewan, bisa atau racun, sihir, rasa sakit, gila, kerasukan, dan gangguan jin. Ruqyah sendiri biasanya dilakukan oleh seseorang yang ahli, dan dapat dipercaya dapat meruqyah. Tapi selain dengan seseorang yang ahli, kalian juga bisa loh meruqyah secara sendiri. Dan cara meruqyah diri sendiri memang ada secara islam.

Cara meruqyah diri sendiri menurut islam bisa dilakukan dengan beberapa ketentuan. Caranya dengan membaca ayat-ayat suci Al Quran dan beberapa doa yang diajarkan Nabi Muhammad SAW. Dengan mengikuti ketentuan dan cara-caranya, kalian bisa meruqyah diri sendiri dan terbebas dari penyakit atau gangguan jin yang sedang kalian alami.

Bahkan dalam Kaifa Tu'aliju Maridhaka Bi Ar Ruqyah Asy Syar'iyyah, halaman 41, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah mengatakan, "Sesungguhnya meruqyah termasuk amalan yang utama. Meruqyah termasuk kebiasaan para nabi dan orang-orang soleh."

Sehingga tidak ada larangan bagi kita untuk melakukan ruqyah tersebut secara seorang diri. Namun seperti apa ya cara meruqyah diri sendiri menurut agama islam? Dilansir dari berbagai sumber, yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Adab Sebelum Meruqyah Diri Sendiri

Sebelum mengetahui cara meruqyah diri sendiri menurut Islam, kalian tentunya perlu mengetahui adab dalam meruqyah terlebih dahulu. Pada dasarnya ruqyah berisi ayat ayat suci Al Quran atau doa doa dari hadis. Ruqyah boleh dilakukan secara pribadi untuk diri sendiri atau terhadap orang lain.

Meruqyah diri sendiri dan orang lain harus dengan harapan berlindung kepada Allah SWT untuk menyembuhkan penyakit atau gangguan jin. Kondisi hati sangat menentukan hasil akhir ruqyah kalian, baik itu untuk diri sendiri ataupun untuk orang lain ini.

Karena itu, kalian harus menanamkan tawakkal kepada Allah SWT dalam hati untuk kesembuhan di dalam tubuh. Adapun beberapa adab yang perlu dilakukan sebelum melakukan ruqyah diri sendiri menurut islam yaitu sebagai berikut:

- Suci dari hadas besar atau kecil, serta yakin kesembuhan hanya datang dari Allah.

- Berwudhu terlebih dahulu, karena ketika membaca kalimat thayibah dianjurkan dalam keadaan suci.

2. Proses Meruqyah Diri Sendiri Menurut Islam

Bagi kalian yang muslim tentu sebaiknya mengetahui cara meruqyah diri sendiri menurut Islam agar tidak menyimpang dari syariah. Tentunya hal ini juga berlaku jika kalian ingin meruqyah orang lain. Setelah mengetahui adab dalam meruqyah, kali ini kalian akan melakukan proses meruqyah, dan berikut merupakan prosesnya:

- Mengawali dengan sholat taubat atau sholat hajat, masing-masing 2 rakaat.

- Baca ayat Al Quran dengan niat meruqyah diri sendiri ataupun orang lain dari penyakit atau dari gangguan jin. Ada beberapa ayat suci Al Quran yang sering dibaca saat meruqyah diri sendiri dan orang lain dari gangguan jin. Di antaranya adalah surat al-Fatihah, Ayat Kursi (Surat al-Baqarah 255), surat al-Ikhlas, surat al-Falaq, dan surat an-Naas.

- Mengusapkan tangan ke seluruh tubuh setelah ditiupkan ayat Al Quran di atas.

- Minum atau meminumkan air yang sudah ditiupkan ayat Al Quran di atas.

- Menanamkan sikap tawakkal dengan menjauhi larangan Allah dan menjalankan perintah-Nya dengan sungguh-sungguh.

3. Ruqyah Ketika Anggota Tubuh Sakit

Tak hanya itu saja, kalian juga bisa melakukan ruqyah pada diri sendiri ketika ada anggota tubuh yang merasa sakit. Bahkan cara meruqyah diri sendiri menurut islam ini terdapat dalam hadis Muslim dan Ibnu Hibban yang berbunyi:

Dari Utsman bin Abil Ash radhiyallahu 'anhu, bahwa beliau mengadukan rasa sakit di badannya kepada Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam. Lalu Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam menyuruhnya, "Letakkanlah tanganmu di atas tempat yang sakit dari tubuhmu," lalu beliau ajarkan membaca doa. (HR. Muslim 5867 dan Ibnu Hibban 2964)

Untuk meruqyah anggota tubuh yang sakit, kalian bisa letakkan tangan di atas anggota tubuh yang sakit, lalu baca 'Bismillah' sebanyak tiga kali. Lanjutkan dengan membaca doa yang diajarkan Rasulullah SAW berikut sebanyak tujuh kali:

"A'uudzu bi 'izzatillahi wa qudratihi min syarri maa ajidu wa uhaadziru"

Artinya: Aku berlindung dengan keperkasaan Allah dan kekuasaan-Nya, dari kejelekan yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan.

4. Ruqyah Sebelum Tidur

Kemudian kalian juga bisa meruqyah diri sendiri sebelum tidur malam hari. Cara meruqyah diri sendiri sebelum tidur ini sangat baik dalam melindungi tubuh dari gangguan jin dan menyembuhkan berbagai masalah penyakit. Caranya adalah dengan Menggabungkan dua telapak tangan, lalu dibacakan surat al-Ikhlas, al-Falaq dan an-Naas, lalu tiupkan ke kedua telapak tangan.

Usapkan juga kedua telapak tangan itu ke seluruh tubuh yang bisa dijangkau. Dimulai dari kepala, wajah dan tubuh bagian depan, diulang sampai tiga kali. Cara meruqyah diri sendiri dari penyakit dan gangguan jin ini berdasarkan Aisyah radhiyallahu 'anha, yang menceritakan kebiasaan Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam sebelum tidur. (HR. Bukhari 5017 dan Muslim 2192).

5. Ruqyah Ketika Terluka

Dan cara meruqyah diri sendiri yang terakhir yaitu dengan meruqyah tubuh ketika terluka. Caranya yaitu dengan ambil ludah di ujung jari, kemudian letakkan di tanah, selanjutnya letakkan campuran ludah dan tanah ini di bagian yang luka, sambil membaca doa berikut:

"Bismillah, turbatu ardhinaa bi riiqati ba'dhinaa, yusyfaa saqimuna bi idzni rabbinaa"

Artinya: Dengan nama Allah, debu tanah kami dengan ludah setengah dari kami, semoga disembuhkan orang sakit ini dengan izin Allah. (HR. Bukhari 5745 & Muslim 5848).

Itulah beberapa cara meruqyah diri sendiri menurut islam dan beberapa adab sebelum melakukannya. Lakukan ruqyah dengan niat dalam meminta perlindungan dan kesembuhan dari Allah SWT. Kalian bisa melakukan ruqyah ini setiap saat agar terhindar dari gangguan setan dan dijauhkan dari berbagai macam penyakit.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI