6 Jenis-jenis Senam Beserta Manfaat baik Bagi Kesehatan Tubuh

Selasa, 15 Desember 2020 17:33 Penulis: Dita Tamara
6 Jenis-jenis Senam Beserta Manfaat baik Bagi Kesehatan Tubuh
(credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Senam merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tubuh sehat tentunya dengan diimbangi pola makan yang sehat pula. Senam sendiri merupakan olahraga yang melibatkan fisik atau gerakan-gerakan pada tubuh. Gerakan-gerakan pada senam dapat merangsang perkembangan, kekuatan dan daya tahan otot dalam seluruh bagian tubuh. Tak heran jika olahraga yang satu ini banyak yang mengidolakannya. Senam sendiri juga tidak membutuhkan alat bantu khusus dan bisa dilakukan di mana dan kapan saja. Karena praktis dan kaya akan manfaat, hal tersebutlah yang menjadi kelebihan bagi olahraga senam.

Selain menjadi olahraga yang menyenangkan, senam adalah suatu aktivitas yang sangat baik untuk mengoptimalkan pertumbuhan tubuh. Mungkin selama jenis senam paling umum adalah senam lantai. Padahal, sebenarnya, ada beberapa jenis-jenis senam yang bisa kalian ketahui. Di mana beberapa jenis senam tersebut memiliki ciri khas gerakan dan fungsinya masing-masing. Berikut ini jenis-jenis senam beserta manfaatnya bagi kesehatan yang perlu kalian ketahui.

 

1. Senam Aerobik

Jenis senam pertama yang populer yaitu senam aerobik. Kegiatan ini merupakan jenis olahraga yang memiliki banyak manfaat untuk membugarkan badan. Jenis senam ini biasanya diiringi irama musik saat melakukan berbagai macam gerakan. Adapun gerakan senam aerobik dilakukan untuk melatih otot-otot tubuh hingga denyut jantung.

Senam aerobik dikenal pula dengan istilah kardio. Kebanyakan, senam aerobik dilakukan untuk menurunkan berat badan. Selain itu, aerobik juga bermanfaat untuk kesehatan otak, paru-paru dan pikiran kalian. Olahraga ini dapat dilakukan dalam intensitas ringan hingga sedang.

 

2. Senam Artistik

Senam artistik menjadi salah satu jenis-jenis senam yang paling populer. Senam ini memadukan akrobatik yang apabila tidak dilakukan secara rutin dapat menyebabkan cedera. Senam artistik sendiri dilakukan menggunakan alat bantu seperti gelang-gelang, kuda-kuda pelana dan lainnya. Tujuannya, tentu saja untuk memperindah gerakan.

Seseorang yang memilih menekuni senam artistik tentu saja melatih kelenturan tubuh.  Selain itu, senam ini juga bermanfaat untuk menguatkan otot dan melenturkan sendi.

 

3. Senam Trampolin

Selanjutnya, jenis-jenis senam yang perlu kalian ketahui yaitu senam trampolin. Senam trampolin sendiri merupakan olahraga di mana pesenam melakukan akrobat sambil memantul pada trampolin. Trampolin merupakan sejenis alat pantul yang terbuat dari rajutan kain yang dipasang dari kerangka besi, berbentuk segi empat, sehingga memiliki daya pantul yang sangat besar.

Senam yang dapat dilakukan di dalam cabang senam trampoline ini adalah termasuk melompat sederhana di sebuah tombak, lipatan atau posisi mengangkang. Untuk senam trampoline kombinasi yang lebih kompleks adalah jungkir balik maju atau mundur dan tikungan.

Pada awalnya trampolin hanya digunakan untuk penguasaan senam akrobatik untuk senam artistik atau untuk peloncat indah. Namun karena gerakan senam trampolin yang ternyata menarik, maka akhirnya dikembangkan menjadi nomor senam yang dapat dipertandingkan.

 

4. Senam Kagel

Bagi sebagian orang tentu sudah nggak asing lagi mendengar senam kagel. Senam kagel sendiri merupakan jenis senam untuk melatih otot dasar panggul. Tak heran jika senam ini cukup populer di kalangan wanita. Namun, tak menutup kemungkinan bagi pria melakukan olahraga ini.

Senam kegel sendiri terfokus untuk mengencangkan otot panggul bawah. Sehingga meskipun disebut senam, tapi cara senam kegel ini tidak perlu menggerakkan anggota tubuh loh. Otot panggul sendiri sering digunakan untuk mengendalikan urin. Cara melakukan gerakan senam kagel pun cukup mudah. Kalian hanya perlu berbaring dengan posisi kedua lutut menekuk. Kemudian, tentukan otot panggul kalian dengan melakukan gerakan menahan pada laju urine.

 

5. Senam Irama

Sesuai dengan namanya, senam irama merupakan salah satu senam dengan gerakan yang mengikuti irama lagu. Komposisi gerakan senam ini biasanya mengikuti lantunan irama musik dengan memadukan gerakan tarian dan balet. Senam irama atau disebut juga dengan senam ritmik terdiri dari beberapa bagian yaitu bagian pemanasan, bagian inti, dan bagian pendinginan.

Adapun unsur-unsur yang terdapat dalam senam irama meliputi keluwesan, kesinambungan gerakan, dan ketepatan irama. Senam irama adalah salah satu olahraga yang dapat menjadi solusi menjaga kesehatan dan mengontrol berat badan.

 

6. Senam Umum

Jenis senam umum merupakan senam yang populer di masyarakat. Masyarakat umum mengenalnya dengan sebutan Senam Kesegaran Jasmani (SKJ), dimana peserta senam akan melakukan berbagai macam gerakan dengan irama music. Secara umum. senam ini melibatkan kekuatan fisik, fleksibilitas, kelincahan, keseimbangan, dan kontrol. Adapun manfaat dari senam umum ini yaitu dapat meningkatkan kinerja jantung dan paru-paru. Tak heran jika banyak kita jumpai orang yang melakukan senam ini. Sebaiknya, ketika melakukan senam umum, dilakukan sebelum melakukan aktivitas.

Itulah sederet jenis-jenis senam beserta manfaatnya yang perlu kalian ketahui. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk melakukan senam supaya tubuh semakin bugar. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI