Cara Update Google Chrome di HP dan PC, Ketahui Pula Berbagai Manfaatnya

Diterbitkan:

Cara Update Google Chrome di HP dan PC, Ketahui Pula Berbagai Manfaatnya
Ilustrasi (Credit: Unsplash)

Kapanlagi.com - Mungkin, kalian sedang bertanya-tanya, mengapa harus mengetahui cara update Google Chrome? Ya, karena banyak sekali keuntungan yang bisa kalian dapatkan.

Ketika kalian menerapkan tata cara update Google Chrome, secara otomatis sistem keamanan pun ikut diperbarui. Selain itu, kalian juga bisa segera menikmati fitur baru yang memang sengaja dikembangkan.

Apalagi, performa Google Chrome pun akan mengalami peningkatan. Nah, bagi kalian yang belum mengetahui tata cara update Google Chrome, langsung saja simak penjelasan berikut ini.

 

1. Pengertian Google Chrome

Sebelum masuk ke penjelasan mengenai cara update Google Chrome, alangkah lebih baik kalian memahami pengertiannya terlebih dahulu. Google Chrome merupakan browser yang dirilis pertama kali pada tahun 2008. Awalnya, Google Chrome dirilis untuk Microsoft Windows, lalu diporting ke Linux, macOS, iOS, dan Android yang menjadikannya sebagai peramban bawaan dalam sistem operasi.

Kini, Google Chrome menjadi browser dengan pengguna paling banyak di dunia mencapai 63.38 persen. Mungkin, kalian sendiri sebenarnya sudah menikmati berbagai fasilitas yang diberikan. Namun terkadang, manfaat tersebut tak kalian sadari.

Nah, agar kalian lebih memahami apa itu Google Chrome, silakan sadari berbagai manfaat yang mungkin bisa kalian dapatkan berikut ini.

1. Browsing

Google dikenal sebagai mesin pencari, tak heran jika fungsi untuk browsing atau membuka berbagai situs web ini begitu populer. Kalian bisa memasukkan alamat web atau kata kunci (keyword) dalam kolom pencarian.

2. Sinkronisasi Akun Google

Kalian bisa menghubungkan Google Chrome dengan akun Google kalian. Hal ini memungkinkan kalian untuk menyimpan berbagai bookmark dari situs favorit, menyimpan email dan password, dan pembayaran Google.

Kalian perlu mengetahui bahwa data yang disebutkan di atas akan aman dan mudah diakses di berbagai perangkat karena tersimpan di Cloud Storage Google Drive.

3. Mengunduh Berbagai File

Manfaat Google Chrome yang bisa kalian rasakan adalah kemudahan saat melakukan pengunduhan beragam jenis file, mulai dari foto, audio, video, aplikasi, dan lain sebagainya.

4. Membuka Berbagai Format Dokumen

Google Chrome bisa kalian manfaatkan untuk membuka berbagai file dengan format dokumen, format offline seperti .pdf, .mp3, dan mp4. Tak hanya itu, masih ada juga layanan G Suite, seperti i Google Docs, Google Sheets, Google Slides yang bisa kalian manfaatkan.

5. Pengembangan Web

Bagi pengembang situs web, Google Chrome merupakan salah satu media yang dibutuhkan. Programmer membutuhkan Google Chrome untuk melihat hasil run/compile code. Selain itu, programmer juga bisa memanfaatkan fitur Element untuk melihat kode yang ditulisnya.

6. Ekstensi dari Pihak Ketiga

Penggunaan ekstensi pihak ketiga dimaksudkan untuk mendukung kinerja para pengguna. Sebagai contoh, pemasangan VPN bisa memungkinkan penggunanya mengakses situs yang diblokir.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Cara Update Google Chrome Android

Tentu, kalian sudah tahu jika Google Chrome bisa terpasang di berbagai perangkat dengan sistem operasi, termasuk android. Sebagai pengguna android, kalian juga harus mengetahui tata cara update Google Chrome berikut ini.

- Pertama, buka Play Store di HP kalian.

- Lanjut klik ikon garis tiga di kiri atas atau foto profil kalian jika mengaktifkan Gmail.

- Setelah itu, silakan pilih opsi Aplikasi & Game saya.

- Scroll layar untuk mencari opsi Update.

- Pilih opsi tersebut untuk update Google.

- Jika perangkat kalian menggunakan Chrome versi 76 atau di atasnya, cara update Google Chrome memiliki sedikit perbedaan. Simak penjelasannya berikut ini:

- Buka Google Chrome di HP kalian.

- Klik titik tiga vertikal di kanan atas.

- Lanjut klik opsi Perbarui Browser Chrome.

- Selesai.

 

3. Cara Update Google Chrome di PC

Jika kalian ingin menerapkan tata cara update Google Chrome di PC, tapi belum mengetahui langkah-langkah yang perlu ditempuh, langsung saja ikuti penjelasan berikut ini.

- Silakan buka Google Chrome.

- Klik ikon titik tiga vertikal di pojok kanan atas.

- Setelah itu, temukan opsi Update Google Chrome.

- Klik opsi tersebut dan tunggu beberapa saat hingga proses selesai, klik tombol Relaunch.

- Google Chrome berhasil diupdate.

- Perlu kalian perhatikan, saat mengikuti langkah ini kalian tidak menemukan opsi Update Google Chrome, kemungkinan Google kalian telah diupdate.

- Kalian bisa mengeceknya melalui cara berikut ini:

- Buka Google Chrome dan klik klik titik tiga vertikal di kanan atas.

- Lanjut, klik opsi Bantuan atau Help.

- Lanjut, klik opsi Tentang Google Chrome atau About Google Chrome.

- Setelah beberapa proses di atas selesai melakukan update, kalian akan diminta melakukan Relaunch Chrome.

- Silakan klik opsi tersebut, jika sedang membuka tab, tak perlu khawatir karena tab history yang kalian buka akan kembali seperti sebelumnya.

- Jika tidak muncul, silakan tekan tombol CTRL+SHIFT+T bersamaan.

- Perlu kalian ketahui bahwa Google Chrome yang telah berhasil update biasanya memiliki tanda centang biru. Kalian bisa memeriksanya di menu About Google Chrome.

- Selanjutnya, jendela Chrome samaran atau incognito tidak akan terbuka setelah kalian memilih opsi Relaunch.

KLovers, itulah beberapa cara update Google Chrome yang bisa kalian ikuti dengan mudah. Ada pula penjelasan sekilas mengenai penggunaan Google Chrome yang perlu kalian ketahui.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending