Contoh Kata Pengantar Laporan PKL, Beserta dengan Tahapan dan Unsur dalam Pembuatannya

Kamis, 09 September 2021 15:22 Penulis: Dhia Amira
Contoh Kata Pengantar Laporan PKL, Beserta dengan Tahapan dan Unsur dalam Pembuatannya
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Dalam membuat laporan ataupun makalah, memang dibutuhkan sebuah kata pengantar. Ya, kata pengantar ini menjadi salah satu bagian dalam laporan atau makalah tersebut. Ada banyak sekali contoh kata pengantar yang bisa kalian gunakan dalam pembuatan makalah atau laporan, terutama contoh kata pengantar laporan PKL.

Kata pengantar biasanya berisi ucapan terima kasih perihal terselesaikannya laporan atau karya tulis tersebut. Dalam kata pengantar laporan juga dijabarkan secara singkat mengenai tujuan dan manfaat penelitian, dengan harapan bahwa nantinya laporan dan karya tulis tersebut dapat berguna secara berkesinambungan.

Biasanya, kata pengantar laporan terbagi menjadi 3 bagian yaitu pembuka, isi, dan penutup. Dan untuk itu telah dilansir dari berbagai sumber, inilah contoh kata pengantar laporan PKL beserta dengan tahapan serta untuk dalam pembuatan laporan tersebut.

 

1. Pengertian Kata Pengantar

Pengertian kata pengantar pada laporan adalah bagian pembuka sebelum menuju pembahasan atau isi naskah. Pada kata pengantar terdapat ucapan dari penulis apabila laporan tersebut sudah selesai dibuat.

Pada bagian tersebut berisi ucapan syukur, ucapan terima kasih, tujuan, manfaat penulisan laporan, ataupun kritik dan saran. Pada bagian kata pengantar pun terdapat penjelasan kalimat serta harapan-harapan berkaitan dengan tema serta isi laporan.

Tanpa adanya kata pengantar, pembaca bisa kebingungan ketika membaca alasan penulis membuat laporan tersebut. Itulah mengapa pentingnya sebuah kata pengantar tersebut.

 

2. Tahapan pada Kata Pengantar

Kemudian sebelum membuat kata pengantar, kalian harus mengetahui terlebih dahulu apa saja tahapan dalam pembuatan kata pengantar laporan PKL. Dan berikut ini beberapa tahapan dalam pembuatan kata pengantar tersebut:

1. Bagian pembuka

Pada bagian ini terdapat salam serta ucapan terima kasih karena laporan telah selesai. Ucapan terima kasih pada kata pengantar dapat diberikan untuk Tuhan. Bisa pula ucapan tersebut diberikan pada pihak yang ikut membantu proses penyusunan. Idealnya, bagian kata pengantar terdiri dari satu atau dua paragraf saja.

2. Bagian isi

Pada bagian ini kita bisa mengisi dengan tujuan singkat penulisan laporan. Jika yang ditulis adalah laporan PKL, tujuan yang dicantumkan tentu spesifik pada kegiatan PKL tersebut. Cantumkan pula latar belakang dibuatnya laporan agar pembaca mengetahui alasanmu menuliskannya.

3. Bagian penutup

Pada bagian ini kalian bisa sampaikan ucapan terima kasih pada pembaca laporan. Berikan kritik serta saran yang diberikan agar laporan kalian menjadi lebih baik. Ucapan terima kasih yang akan diberikan secara khusus dapat disampaikan pada tambahan halaman.

4. Keterangan waktu

Dan yang terakhir yaitu ada pada keterangan waktu. Waktu pembuatan laporan penting untuk dicantumkan agar pembaca mengetahui perkiraan validitas data.

 

3. Unsur Pada Kata Pengantar

Dalam kata pengantar laporan PKL ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Dan berikut ini ada beberapa unsur pada kata pengantar laporan PKL tersebut:

1. Ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2. Menjelaskan mengenai adanya tugas penulisan laporan/karya ilmiah.

3. Menjelaskan tentang pelaksanaan penulisan laporan/karya ilmiah.

4. Menjelaskan adanya bantuan, bimbingan, dan arahan dari pihak-pihak yang berjasa dan dianggap telah membantu dalam proses penulisan laporan PKL tersebut. Seperti seseorang, sekelompok, atau organisasi dan lembaga.

5. Ucapan terima kasih kepada seseorang atau lembaga yang membantu, penyebutan nama kota, tanggal, bulan, tahun dan nama lengkap penulis (tidak perlu ditanda tangani).

6. Harapan penulis atas penulisan laporan PKL tersebut kepada masyarakat luas atau pembaca.

7. Kesediaan penulis dalam menerima kritik dan saran.

4. Contoh Kata Pengantar Pertama

Berikut ini contoh kata pengantar pertama yang bisa menjadi sebuah referensi kalian. Berikut inilah contoh kata pengantar PKL yang pertama tersebut:

Alhamdulillah kami panjatkan puji syukur kami ke hadirat Allah SWT. Sehingga penulis telah menyelesaikan laporan kunjungan Industri ke PT. Sosro ini dengan tepat waktu.

Salah satu tujuan penulis dalam menulis laporan kunjungan industri ini adalah sebagai dokumentasi dan juga bentuk evaluasi kegiatan kunjungan industri. Laporan yang penulis buat ini berdasarkan data-data yang valid yang telah dikumpulkan dalam berbagai metode.

Penulis menyampaikan terima kasih pada beberapa pihak yang ikut mendukung proses pembuatan laporan ini hingga selesai. Yaitu:

1. Bapak Jatmiko S. Pd, M. Pd, selaku Kepala Sekolah SMKN 13 Jakarta yang sudah mengizinkan penulis melakukan kunjungan industri.

2. Bapak Ibu Guru SMKN 10 yang telah membimbing penulis selama kegiatan kunjungan berlangsung.

3. Orang tua penulis sebagai pendukung utama segala kegiatan yang penulis lakukan.

Penulis menyadari atas ketidaksempurnaan penyusunan laporan kegiatan kunjungan industri ini. namun penulis tetap berharap laporan ini akan memberikan manfaat bagi para pembaca. Demi kemajuan penulis, penulis juga mengharapkan adanya masukan berupa kritik atau saran yang berguna. Terima kasih.

Jakarta, 5 Maret 2021

Penulis

5. Contoh Kata Pengantar Kedua

Selanjutnya yaitu contoh kata pengantar yang kedua bisa menjadi sebuah referensi kalian. Berikut inilah contoh kata pengantar PKL yang kedua tersebut:

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Puji syukur senantiasa kita panjatkan kepada Allah Swt. Atas limpahan rahmat, ridha, dan karunia-Nya laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) dapat diselesaikan tepat waktu. Shalawat serta salam tak lupa dihaturkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai suri teladan bagi umat.

Sehubungan dengan adanya mata kuliah wajib "Kewirausahaan", mahasiswa diharapkan dapat terjun langsung untuk melihat fenomena di lapangan. Praktik PKL yang dilaksanakan di Lembaga Keuangan meliputi kegiatan pengamatan manajemen keuangan dan praktik langsung pengelolaan keuangan. Kegiatan PKL diharapkan mampu membuat mahasiswa terjun ke dunia finansial secara langsung dan memperoleh pengalaman. Harapannya, dalam jangka panjang mahasiswa bisa terjun dalam dunia ekonomi secara profesional.

Laporan kegiatan PKL ini disusun sebagai bentuk pertanggungjawaban tertulis atas terlaksananya kegiatan. Durasi kegiatan PKL kurang lebih 8 minggu mulai hari Senin, 8 Juni 2020 sampai dengan hari Sabtu, 25 Juli 2020. Selama periode PKL, aktivitas yang dilakukan mahasiswa adalah terjun langsung di lapangan di bawah pengawasan pihak lembaga. Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan tahapan yang harus dijalani mahasiswa program pendidikan sebelum benar-benar menjadi ahli ekonomi.

Kelancaran kegiatan PKL ini tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak, baik secara langsung maupun tidak. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu:

1. Panitia Program Praktik Kerja Lapangan (PKL) Fakultas Ilmu Ekonomi
Ibu Mundijah selaku ketua program studi Ekonomi.

2. Bapak Dr. Ahmad, M.E. selaku dosen pembimbing Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang telah memberikan bimbingan.

3. Bapak Drs. Iwan, M.M. selaku Direktur Lembaga Keuangan Sukses Makmur yang telah memberikan kesempatan, kepercayaan, dan fasilitas kepada kami untuk melaksanakan PKL.

4. Bapak Drs. Iman, M.E.I. selaku penanggung jawab divisi finansial yang membimbing dan memberikan nasihat, bantuan, serta arahan kepada kami.

5. Segenap jajaran struktur organisasi Lembaga Keuangan Sukses Makmur yang telah banyak bekerja sama dengan kami, baik karyawan maupun pimpinan lembaga.

6. Teman-teman prodi Ekonomi angkatan 2018.

Laporan ini menjelaskan aktivitas PKL yang telah dilaksanakan. Selama berada di Lembaga Keuangan Sukses Makmur. Semoga laporan PKL ini dapat memberikan manfaat, baik berupa inspirasi maupun motivasi bagi pembaca. Dalam proses pembuatan laporan tentu masih terdapat banyak kesalahan. Oleh karena itu, kritik dan saran sangat kami harapkan demi perbaikan.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb

Yogyakarta, 10 Juli 2021

Penulis

 

6. Contoh Kata Pengantar Ketiga

Dan yang terakhir yaitu ada contoh kata pengantar ketiga yang bisa menjadi sebuah referensi kalian. Berikut inilah contoh kata pengantar PKL yang ketiga tersebut:

Kami ucapkan puji syukur serta nikmat pada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat-Nya yang melimpah, atas terselesaikannya kegiatan magang di PT. Tunas Jaya cabang Bandung.

Laporan ini dibuat untuk memenuhi persyaratan tugas mata kuliah praktik kerja bisnis di fakultas ekonomi jurusan akuntansi universitas X Bandung. Tujuan dibuatnya laporan magang ini yaitu untuk melaporkan segala sesuatu yang ada kaitannya dengan dunia kerja di PT. Tunas Jaya cabang Bandung.

Dalam penyusunan laporan magang ini, tentu tak lepas dari pengarahan dan bimbingan dari berbagai pihak. Maka penulis ucapkan rasa hormat dan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu. Pihak-pihak yang terkait itu di antaranya sebagai berikut:

1. Seluruh dosen penulis di Fakultas Ekonomi yang sudah memberikan banyak informasi.

2. Bapak Hasan Sudrajat selaku ketua PT. Tunas Jaya.

3. Karyawan dan karyawati PT. Tunas Jaya yang dengan tulus memberi pengarahan pada penulis selama penulis magang di perusahaan tersebut.

4. Orang tua dan teman-teman penulis, terima kasih banyak atas dukungannya.

Karena kebaikan semua pihak yang telah penulis sebutkan tadi maka penulis bisa menyelesaikan laporan magang ini dengan sebaik-baiknya. Laporan magang ini memang masih jauh dari kesempurnaan, tapi penulis sudah berusaha sebaik mungkin. Sekali lagi terima kasih. Semoga laporan ini bermanfaat bagi kita semua.

Bandung, 22 Oktober 2021

Penulis


Itulah beberapa contoh kata pengantar laporan PKL beserta dengan tahapan serta untuk dalam pembuatan laporan tersebut. Semoga bisa menjadi sebuah referensi bagi KLovers yang akan membuat laporan PKL.

(kpl/gen/dhm)



MORE STORIES




REKOMENDASI