Cuaca Adalah Kondisi Udara di Atmosfer, Pahami Unsur dan Jenis-Jenisnya

Selasa, 01 Desember 2020 17:44 Penulis: Puput Saputro
Cuaca Adalah Kondisi Udara di Atmosfer, Pahami Unsur dan Jenis-Jenisnya
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Tak sedikit pula yang menganggap iklim dan cuaca adalah sama. Padahal, keduanya jelas-jelas berbeda, terutama dalam hal cakupan wilayah dan waktu berlangsungnya. Iklim mempunyai rentang waktu yang panjang di wilayah luas, sedangkan cuaca hanya berlaku di wilayah tertentu dan bisa berubah-ubah dalam waktu yang relatif lebih singkat.

Perubahan kondisi cuaca memang jadi hal yang lumrah terjadi. Hal ini sebenarnya juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Namun, perubahan cuaca yang tak menentu memang patut menjadi perhatian. Pasalnya, perubahan tersebut bisa disebabkan oleh aktivitas manusia dan bisa berdampak buruk ke depannya.

Secara umum, cuaca adalah perubahan keadaan udara di atmosfer. Agar lebih memahaminya, simak ulasan tentang cuaca yang sudah dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

 

1. Pengertian Cuaca Adalah

Cuaca adalah kondisi yang terjadi di atmosfer di suatu wilayah pada waktu tertentu. Oleh karena itu, cuaca hanya bersifat sementara dan bisa berubah sewaktu-waktu. Perubahan cuaca bisa dipengaruhi oleh berbagai hal seperti suhu udara, sinar matahari, curah hujan, kondisi udara, angin, dan sebagainya. Itulah sebabnya, cuaca satu tempat bisa berbeda dengan tempat lainnya.

Dalam geografi, cuaca juga dipengaruhi oleh posisi bumi terhadap matahari. Sumbu bumi yang tampak miring terhadap matahari, telah menciptakan perbedaan cuaca sepanjang tahun di berbagai belahan bumi. Namun selain itu, belakangan kondisi cuaca yang tak menentu juga banyak dipengaruhi oleh adanya pemanasan global.

 

2. Unsur-Unsur Cuaca

Cuaca adalah salah satu hal yang sangat mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari. Cuaca mempunyai beberapa unsur pembentuk, mulai dari tekanan udara hingga hingga curah hujan. Untuk lebih mengetahui unsur-unsur tersebut.

1. Tekanan Udara
Salah satu unsur cuaca adalah tekanan udara. Secara umum, tekanan udara adalah gaya yang timbul berkat adanya lapisan udara yang berat. Tekanan udara juga kerap disebut sebagai kerapatan massa udara dalam suatu wilayah tertentu dan bisa saja berubah. Tekanan udara bisa diukur dengan menggunakan alat bernama barometer.

2. Kelembapan Udara
Sementara, kelembapan udara adalah kandungan uap air yang ada di udara pada waktu tertentu. Sama halnya tekanan, kelembapan udara juga bisa berubah. Perubahan tersebut tergantung pada suhu udara di suatu tempat. Kelembapan udara bisa diukur dengan memakai higrometer.

3. Suhu Udara
Suhu juga menjadi salah satu unsur dalam cuaca. Terlebih, suhu di setiap tempat juga berbeda-beda disebabkan beberapa hal, seperti di bawah ini:

1) Ketinggian suatu wilayah, sebab tempat atau area yang bersifat datar dapat menerima limpahan sinar matahari lebih besar.

2) Panjangnya durasi dan besarnya sudut antara matahari dan bumi. Hal ini tampak pada letak suatu wilayah di garis lintang.

3) Keberadaan pepohonan, semakin banyak pepohonan, panas matahari akan tertahan. Sehingga suhu udara akan terasa lebih sejuk dan segar.

4) Kondisi awan di langit juga bisa mempengaruhi suhu suatu tempat di bumi. Semakin banyaknya awan, maka panas matahari akan terhalang dan terserap oleh awan.

4. Curah Hujan
Curah hujan merupakan istilah yang biasa dipakai untuk menggambarkan besarnya intensitas hujan di suatu wilayah pada waktu tertentu. Besaran curah hujan di suatu wilayah dipengaruhi oleh letak di garis lintang, ketinggian tempat, arah angin, suhu udara, serta luas daratan. Curah hujan bisa diukur dengan alat bernama Ombrometer.

5. Angin
Unsur cuaca yang kelima yaitu angin. Angin mempunyai sifat bergerak dari tempat bertekanan udara tinggi ke tempat bertekanan udara rendah. Pergerakan ini acapkali mempengaruhi jadinya perubahan cuaca. Alat pengukur angin adalah anemometer.

3. Perbedaan Cuaca dan Iklim

Sudah disinggung sebelumnya, bahwa cuaca dan iklim merupakan dua hal yang berbeda. Cuaca adalah keadaan atmosfer di keseharian atau pada suatu waktu tertentu. Cuaca juga bisa terjadi dalam jangka waktu tertentu, misal dari jam ke hari, hari ke minggu. Kondisi cuaca sangat mempengaruhi kehidupan manusia sehari-hari.

Sementara itu dilansir dari NASA.gov, iklim merupakan kondisi cuaca yang khas di cakupan wilayah yang luas untuk waktu yang relatif sangat lama, kurang lebih 30 tahun. Beberapa ilmuwan juga mendefinisikan iklim sebagai rata-rata cuaca di suatu wilayah dan pada periode masa tertentu.

4. Jenis-Jenis Cuaca

Cuaca bisa berubah sewaktu-waktu. Dalam jangka waktu satu tahun, kita bisa menjumpai berbagai jenis cuaca. Berikut beberapa jenis cuaca tersebut.

1. Cuaca Cerah

Cuaca cerah bisa jadi salah satu hal yang selalu dinanti-nantikan. Cuaca cerah terjadi saat matahari bersinar secara jernih, sehingga sinarnya dapat menembus langit dan awan. Saat cuaca cerah, udara akan terasa tak begitu panas.

2. Cuaca Berawan

Cuaca berawan timbul karena munculnya sejumlah gumpalan awan di langit. Berkat hal tersebut, sinar matahari jadi terhalang, sehingga udara tidak terasa panas.

3. Cuaca Panas

Cuaca panas umum terjadi di tempat dengan udara yang terasa kering akibat banyaknya pancaran sinar matahari. Cuaca panas biasa terjadi ketika posisi matahari tegak lurus dengan bumi.

4. Cuaca Berangin

Cuaca berangin terjadi disebabkan adanya gerakan angin yang cukup kuat. Bahkan saking kuatnya, embusan angin dapat menggerakkan benda-benda ringan yang dilalui. Saat cuaca sedang berangin, biasanya langit akan tampak berawan dan diikuti suhu udara cenderung rendah.

5. Cuaca Sejuk

Cuaca sejuk umumnya terjadi karena humiditas udara cukup tinggi, angin bertiup cepat, dan suhu udara rendah.

6. Cuaca Hujan

Cuaca hujan terjadi ketika titik-titik air di langit yang semula berwujud awan menguap lantas berubah menjadi tetesan air.

Itulah beberapa ulasan mengenai cuaca adalah kondisi udara di atmosfer bumi yang sangat mempengaruhi kehidupan manusia. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan.

 

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI