Doa Turun Hujan Beserta Artinya, Perlindungan Diri dari Mara Bahaya

Selasa, 14 September 2021 11:44 Penulis: Dhia Amira
Doa Turun Hujan Beserta Artinya, Perlindungan Diri dari Mara Bahaya
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Doa memang menjadi salah satu permohonan yang dilakukan oleh seorang pada Tuhannya. Banyak sekali macam doa untuk kehidupan, seperti untuk perlindungan, meminta rezeki, hingga memohon ampunan. Salah satunya yaitu doa turun hujan yang menjadi bentuk rasa syukur pada keberkahan yang diturunkan oleh Allah SWT. Selain itu bacaan doa turun hujan juga agar mendapatkan perlindungan dari-NYA.

Apalagi di saat ini, musim hujan sedang melanda berbagai daerah di Indonesia. Banyak hal terjadi saat hujan turun deras, baik disertai dengan angin kencang ataupun petir. Dan untuk menjauhkan diri dari mara bahaya yang sewaktu-waktu akan datang, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya yaitu dengan melakukan kegiatan doa.

Bahkan dalam agama Islam sendiri, doa saat hujan turun bisa menjadi bentuk perlindungan diri dari mara bahaya atau bentuk rasa syukur pada Allah SWT. Karena Allah SWT selalu melindungi hamba-Nya yang selalu memohon perlindungan dengan hati yang tulus. Allah SWT juga selalu memberikan rezeki yang semakin berlimpah ketikan seseorang bersyukur atas rezeki yang Ia berikan, salah satunya dalam bentuk hujan.

Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa doa turun hujan yang bisa menjadi doa perlindungan hingga bentuk rasa syukur kita pada Allah SWT beserta dengan artinya. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Doa Turun Hujan

Dalam agama Islam, ada banyak sekali bentuk doa yang bisa dipanjatkan oleh seorang muslim. Baik doa menatap cermin, masuk kamar mandi, dan doa turun hujan. Diriwayatkan dalam hadis Bukhari nomor 1032, dari Ummul Mukminin, Aisyah radhiyallahu 'anha mengatakan:

"Allahumma shoyyiban nafi'an."

Artinya: Ya Allah, turunkan lah pada kami hujan yang bermanfaat.

2. Doa Turun Hujan Lebat

Lalu yang kedua yaitu doa turun hujan lebat. Ya, ada pula doa ketika kita dihadapkan dengan hujan lebat. Ada sebuah kisah yang diriwayatkan dalam Hadis Al-Bukhari di Kitab Awal Penciptaan. Berdasarkan hadis riwayat Bukhari, inilah doa ketika turun hujan lebat yang pernah dibaca Rasulullah SAW:

"Allahumma haawalaina wa laa 'alaina. Allahumma 'alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari."

Artinya: Ya Allah, turunkan lah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turunkan lah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan.

3. Doa Ketika Hujan dan Petir

Hujan tidak hanya datang bersama dengan angin saja, namun hujan juga biasanya turun disertai dengan petir yang mungkin bisa berbahaya bagi kita. Bahkan dalam mengatasi hal ini, ada beberapa doa baik yang bisa kalian lakukan. Diriwayatkan di dalam hadis Imam Malik, Nabi Muhammad SAW membaca doa turun hujan diawali atau disertai petir seperti berikut ini:

"Subhaanalladzii yusabbihur ro'du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih."

Artinya: Maha suci Allah yang dengan memuji-Nya bertasbih lah halilintar dan juga para malaikat karena takut kepada-Nya.

Sama seperti angin, petir juga menjadi sebuah rahmat dari Allah SWT dan juga kebesaran Allah SWT. Namun petir juga menjadi azab bagi manusia di muka bumi ini. Dan untuk itu, kalian bisa berdoa dengan Allah SWT untuk meminta perlindungan serta kebaikan atas petir yang datang bersama hujan.

4. Doa Ketika Hujan dengan Angin Kencang

Selain itu ada pula doa turun hujan yang disertai dengan angin kencang. Doa ini bisa menjadi bentuk sebuah perlindungan yang kita minta pada Allah SWT. Dalam salah satu hadis Imam Muslim meriwayatkan bahwa, saat hujan disertai angin kencang Rasulullah SAW membaca sebuah doa angin kencang berikut ini:

"Alloohumma innii as-aluka khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih. Wa-a'uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih."

Artinya: "Ya Allah, saya memohon kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan yang Engkau kirim bersamanya. Dan saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, dan kejahatan yang Engkau kirim bersamanya."

Selain itu ada pula hadis lainnya, yaitu dari Sayyidina Abu Hurairah ra. Rasulullah berkata: "Aku mendengar Nabi SAW bersabda: "Angin adalah bagian dari pemberian Allah, bisa membawa rahmat dan juga bisa membawa azab. Jika kalian melihatnya, jangan mencelanya, mohonlah kepada Allah kebaikannya dan berlindunglah kepada Allah dari keburukannya."

5. Doa Saat Hujan Reda

Dan yang terakhir yaitu doa saat hujan reda. Ya, bukan hanya doa saat turun hujan saja, namun doa saat hujan reda pun ada. Dan ini menjadi bentuk tanda syukur manusia karena Allah SWT telah memberikan rahmat-Nya melalui tetesan air hujan yang membasahi Bumi. Doa setelah hujan reda ini diriwayatkan dalam hadis riwayat Al Bukhari nomor 1038 dan Muslim nomor 240, Rasulullah bersabda:

"Muthirnaa bi Fadh-Lillaahi Wa Rohmatihi."

Artinya: Kita diberi hujan karena karunia dan Rahmat Allah.

Itulah beberapa doa saat turun hujan yang bisa menjadi sebuah doa perlindungan ataupun bentuk rasa syukur kita pada Allah SWT. Apapun yang turun di dunia ini semua kehendak dari Allah, dan itu menjadi sebuah hal yang terbaik bagi manusia.

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI