12 Manfaat Pete Bagi Kesehatan, Ternyata Bagus untuk Diet - Ibu Menyusui

Senin, 02 November 2020 17:55 Penulis: Dhia Amira
12 Manfaat Pete Bagi Kesehatan, Ternyata Bagus untuk Diet - Ibu Menyusui
Manfaat Pete (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Pete merupakan salah satu jenis polong yang sering dikonsumsi sebagai lalapan rebus ataupun goreng. Walaupun memiliki bau yang tidak sedap, namun pete menjadi salah satu tanaman yang menambah selera makan loh KLovers. Bahkan pete juga sering ada pada tumisan, sambal goreng, hingga nasi goreng. Dan tentu saja selain enak untuk dikonsumsi, manfaat pete bagi tubuh juga banyak loh.

Satu bongkol pete terdapat belasan buah, dan satu buah terdapat hingga 20 biji. Walaupun terlihat tak memiliki manfaat apapun, ternyata manfaat pete sangat baik untuk orang dewasa, hingga ibu menyusui loh. Selain itu pete juga memiliki rasa yang hambar dan cenderung pahit.

Kira-kira apa saja ya manfaat pete untuk kesehatan tubuh, hingga ibu menyusui? Dilansir dari berbagai sumber, yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Daya Tahan Tubuh

Manfaat pete yang pertama yaitu dapat memberikan kekebalan pada tubuh. Hal ini karena di dalam pete terdapat kandungan flavonoid, alkaloid, dan saponin. Ketiga kandungan ini dapat memberikan kekebalan tubuh dengan sangat baik, seperti saponin memiliki fungsi sebagai sumber anti bakteri dan anti virus.

Selain itu kandungan protein yang terdapat dalam pete juga dapat menjaga sistem kekebalan tubuh dengan baik. Dan memberikan kekebalan tubuh tambahan, sehingga tubuh terjaga dengan sehat dan terjauh dari penyakit.

 

2. Menutrisi Tulang

Manfaat pete selanjutnya yaitu dapat memberikan nutrisi pada tulang dengan baik. Hal ini karena di dalam pete terdapat kandungan kalsium dan fosfor yang tentunya dapat memberikan nutrisi pada tulang. Kandungan fosfor dan juga kalsium berguna untuk membantu menutrisi pertumbuhan tulang dengan baik.

Selain itu, tubuh juga membutuhkan jumlah kalsium dan fosfor yang tepat untuk kesehatan tulang. Sehingga mengonsumsi sesuatu seperti pete sangat baik untuk memberikan nutrisi pada tulang kalian. Dan tentunya hal ini juga agar kita terjauh dari gangguan nyeri tulang hingga osteoporosis.

 

3. Mencegah Anemia

Bukan hanya untuk orang dewasa dan anak-anak saja, nyatanya manfaat pete juga sangat baik loh untuk ibu menyusui. Pete kaya akan zat besi, yang dipercaya efektif untuk meningkatkan hemoglobin dalam darah sehingga mencegah anemia pada ibu yang menyusui hingga orang dewasa.

Untuk mendapatkan manfaat dari pete dalam mencegah anemia, kalian dapat mengonsumsi pete secara langsung atau menjadikan sebagai lalapan saat makan. Tetapi jika kalian tidak suka rasanya, kalian bisa merebus pete dan meminum air rebusan tersebut ya KLovers. Kalian juga dapat menambahkan perasan jeruk lemon dan madu untuk menghilangkan bau pete serta mendapatkan rasa manis pada madu. Cara ini ampuh dan tidak menghilangkan nutrisi dari pete tersebut.

 

4. Menurunkan Tekanan Darah

Selain mencegah anemia, manfaat pete selanjutnya yaitu dapat mencegah naiknya tekanan darah loh. Hal tersebut karena, pete memiliki kandungan kalium yang sangat tinggi. Kandungan kalium inilah yang dipercaya mampu menurunkan tekanan darah khususnya bagi ibu yang sedang menyusui, hingga penderita darah tinggi.

Tekanan darah yang terlalu tinggi dapat meningkatkan risiko terkena serangan jantung dan stroke. Sehingga, bagi kalian yang memiliki penyakit tekanan darah tinggi bisa rajin mengonsumsi pete setiap harinya, yang dipercaya dapat menurunkan risiko kematian karena stroke sampai 40%.

Jika kalian tidak bisa memakan pete secara langsung, KLovers dapat mengolah pete menjadi makanan dan minuman yang enak untuk dikonsumsi. Bila pecinta pedas, maka kalian wajib mencoba sambal dengan olahan pete.

Seperti sambal ikan teri dengan pete atau sambal cumi asin dengan pete. Untuk minuman KLovers di rumah bisa mengolah pete menjadi jus atau air rebusan, selain itu kalian juga dapat menambahkan madu atau perasan jeruk lemon pada minuman tersebut.

 

5. Mencegah Diabetes

Diabetes memang menjadi salah satu penyakit yang wajib memperhatikan makanan bagi penderitanya. Bila salah makan akan membuat seseorang yang terkena diabetes dapat meningkatkan kadar gula darah mereka. Itulah mengapa, mengetahui makanan yang dapat menurunkan kadar gula darah adalah hal penting bagi penderita diabetes.

Dan salah satu makanan yang mampu mencegah diabetes, bahkan menurunkan kadar gula darah ada pete. Hal ini karena ekstrak dari polong pete dapat menurunkan gula darah. Selain itu kandungan flavonoid yang ditemukan dalam pete juga dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Serta kandungan saponin dalam pete dapat menurunkan lipid darah sehingga merespon glukosa darah untuk turun.

Tidak sampai di situ saja, kandungan alkaloid dalam pete juga dapat menurunkan glukosa darah sehingga bisa mengatasi diabetes dengan baik. Untuk itulah, bagi penderita diabetes dapat menjadikan pete sebagai sayuran untuk dikonsumsi secara rutin. Atau kalian juga bisa mengonsumsi pete cina, yang juga memiliki manfaat sama seperti pete biasa.

6. Basmi Cacingan

Ternyata manfaat petai cina juga bisa loh membasmi cacingan pada anak-anak. Cacingan memang bisa dialami oleh siapapun, termasuk anak kecil. Dan untuk menghilangkan hal ini sudah banyak yang mengetahui bahwa pete bisa membasmi cacingan pada anak. Hal ini karena pete memiliki efek detoksifikasi yang tidak hanya mengeluarkan racun dalam tubuh saja, tapi juga dapat membasmi cacingan.

Selain itu kandungan anti bakteri pada pete juga dapat dengan baik mengeluarkan cacing di dalam tubuh. Bahkan ramuan tradisional cina juga menggunakan pete, khususnya pete cina untuk membasmi cacingan. Seperti membasmi cacing gelang dan cacing cincin bila dikonsumsi secara langsung.

 

7. Detoksifikasi Tubuh

Tubuh memang memiliki banyak sekali kandungan racun yang bisa saja berbahaya, serta menimbulkan penyakit. Hal tersebut terjadi akibat pola hidup tidak sehat yang selama ini kita jalani. Itulah mengapa melakukan detoksifikasi pada tubuh adalah hal penting, untuk mengeluarkan racun di dalam tubuh. Bila tidak dikeluarkan, maka akan menimbulkan penyakit yang serius.

Namun tenang KLovers, nggak perlu mahal kok dalam mendetoks tubuh. Karena kalian bisa melakukan detoks dengan hanya mengonsumsi pete. Hal ini karena di dalam pete terdapat kandungan alkaloid yang bersifat menetralisir racun di dalam tubuh dan membuangnya lewat sekresi tubuh.

Flavonoid dalam pete juga dapat membantu menyingkirkan virus dan bakteri di dalam tubuh yang mengganggu fungsi vital seperti hati, ginjal, dan pencernaan. Sifat detoksifikasi dalam pete juga dapat menyehatkan hati dan mencegah masuknya penyakit hepatitis. Fungsi ini juga berpengaruh pada kesehatan ginjal dan mendukung kinerjanya secara maksimal.

 

8. Meningkatkan Daya Ingat Otak

Terlihat hanya menjadi makanan dengan bau khas yang kurang sedap saja, nyatanya manfaat pete juga sangat baik bagi ibu dan bayi loh KLovers. Bayi yang sedang disusui harus mendapatkan asupan yang cukup, sehingga proses perkembangan pada bayi, terutama sel-sel otak.

Sehingga untuk dapat membuat otak berkembang dengan baik, maka kalian harus memberikan hal itu dengan dorongan asupan yang bergizi dan cukup. Selain diberikan makanan pendamping, bayi harus disusui selama 2 tahun penuh untuk dapat membantu gizi pada bayi.

Bagi kalian para ibu yang sedang menyusui, mengonsumsi pete bukan hanya baik untuk meningkatkan daya ingat ibu tetapi juga pada bayi. Hal ini dikarenakan kandungan kalium pada pete yang cukup tinggi dapat memberikan daya ingat yang baik pada otak. Selain itu tingginya potasium juga dapat membantu anak kembang dan meningkatkan daya ingat. So, mengonsumsi pete dengan jumlah yang cukup dan tidak berlebihan dapat memberikan manfaat yang baik bagi ibu dan si buah hati.

 

9. Mengatasi Depresi

Depresi bisa dialami oleh siapapun, dan hal ini sering sekali terjadi karena menjalani kehidupan yang cukup berat. Hingga kurangnya refreshing. Namun tenang KLovers, kalian bisa kok menggunakan manfaat pete untuk mengatasi depresi. Hal ini karena pete mempunyai kandungan triptofan yang mampu berubah saat di dalam tubuh menjadi serotonin.

Inilah yang akan membuat tubuh menjadi lebih rileks hingga tenang. Dan banyak juga yang mempercayai bahwa aroma dari pete mampu mengembalikan nafsu makan. Kalian dapat mengolah pete menjadi kerupuk yang renyah dan tidak berbau, bila kalian tidak terlalu suka dengan baunya.

Pertama yang harus kalian lakukan adalah menghaluskan pete bersama dengan kunyit dan bawang putih, hal ini dilakukan untuk menghilangkan bau pada pete. Jika ketiga bahan sudah tercampur rata, selanjutnya tambahkan gula, garam dan air secukupnya dan aduk kembali. Selanjutnya tambahkan tepung kanji dan aduk kembali sampai semua tercampur.

Jika sudah, masukkan bahan yang sudah tercampur ke dalam wadah atau plastik lalu kukus hingga matang. Setelah matang, dinginkan adonan dan potong tipis setelahnya. Jemur adonan yang telah dipotong tipis selama seharian, dan goreng dengan minyak panas. Kerupuk pete siap untuk dikonsumsi.

 

10. Ringankan Gejala PMS

PMS memang menjadi masalah tersendiri bagi sebagian wanita. Hal ini karena PMS bisa mengubah emosi, menimbulkan keram dan rasa nyeri. Saat PMS wanita dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen, seperti asam folat, vitamin B-6, kalsium, dan magnesium untuk mengurangi keram dan perubahan suasana hati.

Namun nyatanya kalian bisa loh mengonsumsi pete untuk mendapatkan semua kandungan tersebut. Hal ini karena pete mengandung vitamin B, kalsium, dan magnesium yang berguna untuk meringankan gejala PMS. Efek triptofan yang dihasilkan petai juga membantu menstabilkan suasana hati. Vitamin B1 juga dapat mengatur kadar gula darah, dan membantu meningkatkan mood seseorang.

Vitamin B6, kalsium, dan magnesium pada pete juga dapat mengurangi kembung dan nyeri saat PMS. Mengonsumsi pete saat menstruasi juga mampu mengembalikan zat besi yang hilang saat PMS. Jadi kalian bisa mengonsumsi pete saat sedang menstruasi ya KLovers.

 

11. Bagus Untuk Diet

Selain menambah nafsu makan, ternyata pete juga sangat baik loh untuk kalian yang sedang ingin melakukan diet. Hal ini karena pete tinggi protein, rendah lemak, serta kalori, sehingga pete sangat aman dan cocok dalam proses penurunan berat badan. Selai itu asupan protein tinggi dalam pete juga dapat meningkatkan metabolisme dan membantu membakar lebih banyak kalori sepanjang hari.

Tidak hanya itu saja, pete juga merupakan makanan tinggi protein dapat mengurangi rasa lapar, sehingga kita tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan. Dan tentu saja ketika kita makan lebih banyak protein maka dapat mengurangi rasa lapar saat tengah malam.

 

12. Mengatasi Sembelit

Dan manfaat pete yang terakhir yaitu dapat mengatasi sembelit dan memulihkan kerja usus. Bila seseorang mengalami sembelit, maka hal tersebut akan mengganggu. Karena akan membuat perut terasa begah dan badan tidak enak. Selain itu bila dibiarkan begitu saja, maka sembelit juga akan menjadi penyakit serius seperti wasir, ambeien, hingga kanker perut.

Dan untuk mengatasi sembelit dengan efektif, maka kalian bisa kok mengonsumsi pete. Karena pete merupakan salah satu makanan yang menjadi sumber serat yang baik. Dengan memenuhi kebutuhan serat maka akan mencegah berbagai masalah pencernaan seperti sembelit. Selain itu dengan mengonsumsi makanan kaya akan serat dapat membuat kalian kenyang lebih lama.

Itulah 12 manfaat pete bagi kesehatan tubuh yang jarang diketahui. Selain bentuknya yang unik dengan rasa serta bau yang khas bila dikonsumsi, ternyata pete juga memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh. Tidak hanya manfaat untuk orang dewasa saja, tetapi juga untuk anak-anak dan ibu menyusui.

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI