6 Cara Mengatasi Bau Petai dan Jengkol di Mulut, Salah Satunya Bisa dengan Minum Susu

Selasa, 01 September 2020 10:22 Penulis: Puput Saputro
6 Cara Mengatasi Bau Petai dan Jengkol di Mulut, Salah Satunya Bisa dengan Minum Susu
Ilustrasi (credit: flickr)


Kapanlagi Plus - Petai dan jengkol jadi salah satu jenis makanan favorit banyak orang. Rasanya yang enak serta teksturnya yang kenyal dan empuk sudah begitu akrab di lidah orang Indonesia. Meski begitu, nyatanya tak sedikit pula yang membenci kedua makanan ini. Pasalnya, petai dan jengkol diketahui mempunyai bau yang menyengat. Padahal, kalian tak perlu khawatir sebab ada beberapa cara mengatasi bau petai dan jengkol di mulut.

Bau tak sedap setelah menyantap petai dan jengkol tentu sangat mengganggu. Masalahnya, menghilangkan bau petai dan jengkol di mulut memang tidaklah mudah. Bau yang menyengat tersebut bisa bertahan cukup lama jika dibiarkan begitu saja. Akibatnya, tak hanya mengganggu kenyamanan lawan bicara bau tak sedap tersebut juga bisa mengurangi rasa percaya diri. Itulah sebabnya, sebaiknya bau petai dan jengkol segera diatasi.

Berikut beberapa cara mengatasi bau petai dan jengkol di mulut, dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Mengonsumsi Makanan Menyegarkan

Bau mulut setelah makan petai dan jengkol disebabkan karena adanya asam amino yang berbentuk sulfur. Salah satu cara untuk melawan sulfur asam amino tersebut adalah dengan mengonsumsi makanan atau minuman menyegarkan.

Beberapa jenis makanan yang berguna untuk menghilangkan bau petai dan jengkol di mulut antaranya, daun mint, selada, dan apel. Beberapa jenis makanan tersebut cocok dijadikan pencuci mulut setelah menyantap olahan petai atau jengkol.

2. Menggosok Gigi

Cara mengatasi bau petai dan jengkol di mulut yang paling umum dilakukan adalah dengan menggosok gigi. Kebanyakan pasta gigi, mengandung mint yang membuat mulut terasa lebih segar. Dengan begitu, bau mulut akibat petai dan jengkol dapat lebih terkendali.

Selain itu, dalam mulut kita juga terdapat beberapa jenis bakteri dan kuman yang bisa memperparah bau jengkol dan petai di mulut. Dengan menggosok gigi secara rutin, mulut akan lebih terjaga kebersihan dan kesegarannya. Agar lebih maksimal, sesekali kalian juga perlu membersihkan sela-sela gigi dengan menggunakan benang. Cara ini efektif untuk mengatasi segala jenis bau mulut, tidak hanya yang diakibatkan petai dan jengkol.

3. Membersihkan Bagian Lidah

Tak hanya bagian gigi dan gusi saja yang perlu kalian bersihkan. Sebab, lidah juga merupakan organ dalam mulut yang rentan jadi sarang bakteri. Oleh karena itu, lidah juga penting untuk dibersihkan. Termasuk, setelah mengonsumsi petai dan jengkol.

Kalian bisa membersihkan lidah dengan sikat gigi atau lebih baik menggunakan pembersih lidah khusus. Membersihkan lidah setelah mengonsumsi petai dan jengkol berguna untuk menghilangkan residu atau partikel yang menempel. Dengan hilangnya residu atau partikel di lidah, bau petai dan jengkol akan hilang secara lebih sempurna.

4. Pakai Obat Kumur

Jika kalian merasa menggosok gigi dan membersihkan lidah kurang maksimal. Kalian bisa mencoba cara mengatasi bau petai dan jengkol di mulut dengan obat kumur. Selama ini, obat kumur terbukti cukup efektif membunuh bakteri dan kuman di mulut. Bahkan, kandungan Klorin dioksida dipercaya dapat membantu mengatasi plak yang timbul akibat bakteri dan partikel makanan.

Dengan begitu, obat kumur diyakini jadi cara mengatasi bau petai dan jengkol di mulut yang ampuh. Tak hanya hilangkan bau, pemakaian obat kumur juga akan membuat nafas menjadi lebih segar dan harum. Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya penggunaan obat kumur dilakukan setelah menggosok gigi dan membersihkan lidah.

5. Susu

Tak banyak yang tahu, ternyata susu bisa jadi salah satu cara mengatasi bau petai dan jengkol di mulut. Padahal, cara ini termasuk efektif dan praktis untuk dilakukan. Bahkan, susu dipercaya tak hanya mengatasi bau petai dan jengkol. Minum susu diyakini bisa mengatasi bau mulut akibat makanan yang berbau menyengat lainnya.

6. Yogurt

Yogurt yang merupakan produk turunan susu ternyata juga punya manfaat yang sama sebagai cara mengatasi bau petai dan jengkol di mulut. Yogurt dikenal sebagai salah satu olahan susu yang menyehatkan. Dalam yogurt terkandung bakteri lactobacillus yang berguna melawan bakteri jahat di usus.

Namun ternyata, probiotik dalam yogurt juga dipercaya dapat meredakan bau mulut. Untuk mengatasi bau mulut akibat petai atau jengkol, kalian bisa mengonsumsi yogurt tawar tanpa lemak.

Itulah di antaranya beberapa cara mengatasi bau petai dan jengkol di mulut. Kalian bisa langsung mencobanya setelah mengonsumsi petai dan jengkol. Jadi tak perlu khawatir lagi, mulai kalian bisa mengonsumsi petai dan jengkol dengan tenang.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI