13 Cara Menghilangkan Minyak di Wajah Secara Alami, Dijamin Ampuh

Senin, 02 November 2020 16:33 Penulis: Dita Tamara
13 Cara Menghilangkan Minyak di Wajah Secara Alami, Dijamin Ampuh
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Mempunyai kulit yang sehat, bersih, dan cerah tentunya menjadi dambaan semua orang baik pria maupun wanita. Namun, seringkali munculnya minyak di wajah memang menjadi masalah besar yang mengganggu penampilan seseorang. Bahkan, kulit seseorang menjadi terlihat kusam dan menurunkan tingkat kepercayaan diri. Biasanya, seseorang yang mengalami minyak berlebih bisa dikarenakan oleh beberapa faktor seperti perubahan hormon, memakai produk kecantikan yang salah, terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak, hingga cuaca ekstrim yang mengakibatkan minyak di wajah.

Sebenarnya, minyak di wajah baik untuk menjaga kelembapan kulit dan mencegah keriput. Namun, apabila kondisi minyak sudah berlebih dan selalu dibiarkan, hal inilah yang menyebabkan timbulnya jerawat. Untuk mengatasinya, banyak cara menghilangkan minyak di wajah secara alami yang bisa kalian lakukan sendiri. Tidak perlu merogoh kocek kantong dalam jumlah besar, berikut ini cara menghilangkan minyak di wajah yang dijamin ampuh.

 

1. Oatmeal

Cara menghilangkan minyak di wajah yang pertama yaitu bisa menggunakan oatmeal. Kandungan zat inflamasi yang ada pada oatmeal dapat meredakan peradangan dan iritasi di wajah, serta dapat menyerap minyak berlebih pada wajah.

Caranya, kalian dapat menjadikan oatmeal sebagai bahan untuk masker wajah. Tumbuk oatmeal sampai halus lalu campurkan dengan air hangat. Aduk oatmeal hingga berbentuk adonan dan oles pada bagian wajah sembari dipijat secara halus selama 3 menit. Bila sudah, kalian basuh dengan air dingin.

 

2. Pisang

Cara menghilangkan minyak di wajah selanjutnya yaitu bisa menggunakan pisang. Buah yang satu ini memang dipercaya dapat digunakan sebagai cara menghilangkan minyak di wajah secara alami. Pisang kaya akan vitamin C yang efektif mengatasi minyak berlebih. Cara menggunakannya yaitu dengan menghaluskan 1 buah pisang lalu tambahkan 1 sdm madu. Campur hingga rata lalu oleskan pada wajah.

 

3. Kacang Almond

Di balik rasa nikmat kacang almond, ternyata kacang almond dapat membantu menghilangkan minyak di wajah. Kacang almond juga memicu terjadinya pengelupasan sel kulit mati dan menyerap minyak berlebih di wajah. Selain itu, kandungan mineral pada kacang almond juga dapat mencegah kanker dan dapat membantu pembentukan elastisitas pada kulit.

Cara menggunakannya, kalian hanya perlu menumbuk kacang almond yang diberi cairan madu mentah, lalu aduk hingga membentuk sebuah pasta. Oleskan pasta tersebut pada wajah dengan memijat secara halus selama 3 menit. Setelah selesai dapat langsung kalian bilas menggunakan air dingin.

 

4. Alpukat

Rupanya, alpukat masuk ke dalam list buah yang dapat menghilangkan minyak nih. Selain itu, kandungan karotenoid antioksidan, vitamin E, dan vitamin C, dapat melindungi kulit dari keriput dan tanda penuaan dini. Sedangkan vitamin E berguna untuk membantu mencegah penuaan dini akibat dari paparan sinar matahari sedangkan vitamin C merupakan zat yang dibutuhkan untuk membuat elastin dan kolagen agar kulit tetap kenyal.

Cara menggunakannya, kalian bisa melembutkan alpukat yang kemudian digunakan sebagai masker sebagai cara menghilangkan minyak di wajah secara alami.

 

5. Susu

Selanjutnya, cara menghilangkan minyak di wajah bisa menggunakan susu. Hal ini lantaran kandungan vitamin pada susu dapat meningkatkan produksi kolagen serta vitamin B6 yang berperan dalam merawat dan menjaga kulit agar tetap sehat dan lembap namun tidak berminyak.

Cara menggunakannya, kalian bisa mengoleskan susu murni langsung ke area wajah seperti menggunakan toner. Setelah itu, diamkan selama 10 menit dan kalian bisa membilas bersih menggunakan air dingin.

 

6. Mentimun

Cara menghilangkan minyak di wajah menggunakan mentimun tentu sudah tidak asing lagi. Ya, banyak orang yang memanfaatkan mentimun sebagai cara alami menghilangkan minyak membandel. Hal ini lantaran kandungan mineral dan vitamin yang tinggi pada mentimun dapat membantu wajah agar terlihat lebih segar dan tidak kusam.

Cara pengaplikasian mentimun juga terbilang sangat mudah. Kalian cukup menggunakan mentimun sebagai masker secara rutin.

 

7. Apel

Buah apel mengandung kalium yang berperan penting dalam mengatur denyut jantung, mengatur metabolisme serta menyeimbangkan sel dan jaringan dalam tubuh. Tentu hal ini dapat menyeimbangkan minyak dalam kulit wajah agar tidak berlebih. 

Caranya, kalian cukup mengonsumsi buah apel secara rutin agar produksi minyak pada kulit menjadi seimbang. Kadar gula jenis fruktosa dalam apel juga baik untuk dikonsumsi bagi pemilik kulit wajah berminyak.

 

8. Es Batu

Es batu ternyata bisa membantu kalian untuk menyegarkan wajah sekaligus mengatasi minyak berlebih pada wajah. Dinginnya es batu yang akan membantu mengecilkan pori-pori kulit sehingga jerawat juga sulit untuk berkembang. Cara menggunakannya, kalian cukup mengoleskan es batu ke seluruh permukaan wajah selama 30 detik. Lakukan cara ini secara rutin agar wajah terbebas dari minyak penyebab kulit kusam.

 

9. Jeruk Nipis dan Putih Telur

Jeruk nipis dan putih telur merupakan bahan yang sangat bagus digunakan sebagai perawatan wajah. Nah, jika kedua bahan ini dicampurkan, maka akan memperoleh manfaat kulit wajah terbebas dari minyak. Hal ini lantaran jeruk nipis kaya akan antioksidan dan vitamin C sehingga membantu kulit agar terhindar dari jerawat, mencerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih.

Sedangkan putih telur dapat mengenyalkan wajah serta untuk mencerahkan kulit wajah karena kaya akan protein dan sumber mikronutrien. Cara menghilangkan minyak di wajah secara alami ini mudah saja. Putih telur digunakan sebagai masker yang sebelumnya dicampur dengan air perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis.

 

10. Baking Soda

Selain biasa digunakan untuk membuat kue dan roti. Baking soda juga berfungsi untuk mengelupas sel kulit mati yang menumpuk pada wajah, mengatur produksi minyak di kulit, dan membantu menjaga kadar pH kulit. Bahkan, cara menggunakan baking soda cukup mudah, pertama, buatlah pasta dengan menggunakan baking soda. Setelah itu, oleskan pada wajah secara merata.

 

11. Tomat

Cara menghilangkan minyak di wajah selanjutnya yaitu dengan menggunakan tomat. Senyawa antioksidan yaitu lycopene ada dalam tomat terbukti dapat menangkal radikal bebas agar wajah cerah, berseri, dan tidak berminyak. Cara penggunaannya adalah dengan menumbuk halus tomat hingga menjadi bubur lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

 

12. Yogurt

Yogurt juga terbukti ampuh dalam hal menghilangkan minyak di wajah lho. Kandungan  kalsium pada produk olahan susu ini berperan penting untuk mencegah kulit kering dan dehidrasi. Selain itu, yogurt juga mengandung zinc yang berperan untuk membantu mengatasi masalah kulit wajah. Begitu pula dengan vitamin B kompleks yang dapat menyehatkan wajah Anda dan membuatnya bersinar alami. kalian bisa menggunakan yogurt sebagai masker.

 

13. Bengkoang

Sudah tidak diragukan lagi, bengkoang yang sering digunakan sebagai bahan perawatan kulit ini juga mampu menghilangkan wajah berminyak. Selain itu, kandungan vitamin B dan C dikenal berperan penting bagi kesegaran wajah. Cara menggunakannya, kalian cukup memakai layaknya masker atau juga mengonsumsi bengkoang secara langsung dan rutin. 

Itulah cara menghilangkan minyak di wajah secara alami dan mudah dilakukan. Selain itu, kalian juga harus mengimbanginya dengan menghindari hal-hal yang dapat menimbulkan minyak berlebih. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI