5 Tips Mengatasi Iritasi Setelah Mencukur Bulu Kaki, Aman dan Praktis

Kamis, 13 Agustus 2020 10:33 Penulis: Dhia Amira
5 Tips Mengatasi Iritasi Setelah Mencukur Bulu Kaki, Aman dan Praktis
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Wanita biasanya akan merasa malu dan juga risih dengan bulu kaki mereka bila sudah tumbuh dengan lebat. Tentu saja mereka yang ingin praktis dan juga cepat akan mencukur bulu kaki tersebut menggunakan alat cukur jenggot.

Bila sudah seperti ini biasanya kulit yang dicukur akan terasa kering dan juga iritasi. Hal ini akan sangat mengganggu karena terasa gatal dan mengeluarkan warna merah. Lebih parahnya lagi iritasi ini akan merusak kulit kalian, dan itu akan sangat berbahaya.

Tentu saja ada kok tips untuk mengatasi iritasi yang terjadi di kulit akibat dicukur. Apa saja ya tips tersebut? Dilansir dari berbagai sumber, inilah 5 tips mengatasi iritasi setelah mencukur bulu kaki yang aman dan juga praktis. Yuk langsung saja dicek.

 

1. Lidah Buaya

Tips mengatasi iritasi kulit yang pertama yaitu dengan menggunakan lidah buaya. Cara ini cukup praktis dan juga aman untuk kesehatan kulit kalian yang iritasi akibat kegiatan mencukur. Hal itu karena di dalam lidah buaya terdapat kandungan fatty acid yang bermanfaat untuk menenangkan kulit meradang.

Selain itu gel lidah buaya juga memiliki sensasi rasa dingin, sehingga dapat mengurangi rasa pedih dan juga gatal akibat iritasi. Kalian hanya cukup mengoleskan gel lidah buaya pada kulit bagian kaki, atau tangan yang terkena iritasi secara rutin, sehingga kulit yang terkena iritasi cepat mereda.

2. Batu Es

Tips mengatasi iritasi kulit yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan batu es. Hal ini karena batu es dapat menutup pori-pori yang terbuka, dan menghilangkan warna kemerahan pada kulit yang terkena iritasi. Selain itu batu es juga dapat memberikan sensasi dingin untuk menghilangkan rasa panas serta gatal di kulit.

Cara ini tentu cukup efektif dan juga praktis, karena kalian hanya perlu mengoleskan batu es pada kulit yang terkena iritasi. Kalian hanya perlu mengoleskannya secara rutin agar iritasi pada kulit kalian menghilang dengan cepat.

3. Kantung Teh

Ternyata kantung teh juga dapat menjadi tips mengatasi iritasi pada kulit setelah mencukur bulu kaki loh. Hal ini karena kantung teh mengandung asam tanat yang berfungsi sebagai zat anti radang secara alami.

Kalian bisa kok menjadikan kantung teh yang sudah dipakai untuk mengobati iritasi pada kaki kalian. Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu memasukkan kantung teh tersebut ke dalam kulkas, dan diamkan beberapa menit. Setelah itu tempelkan ke area kulit yang terkena iritasi secara rutin agar iritasi cepat mereda.

4. Krim Hidrokortison

Tips mengatasi iritasi pada kulit yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan krim hidrokortison. diketahui bahwa krim hidrokortison dapat mengatasi iritasi, peradangan, dan juga gatal pada kulit. Tetapi bila iritasi terasa parah, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter.

Selain itu, krim ini juga tidak untuk digunakan pada bagian vital seperti kulit vagina ya KLovers. Kalian bisa berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter bila ingin menggunakannya pada area tersebut.

5. Kompres Air Hangat

Dan tips mengatasi iritasi pada kulit yang terakhir yaitu dengan melakukan kompres air hangat. Hal ini dilakukan untuk langkah awal setelah kalian merasa gatal dan juga pedih ketika mencukur. Kompres air hangat bisa membantu menenangkan kulit yang meradang sehabis mencukur.

Kalian hanya perlu rendam handuk kecil ke dalam air hangat, dan tempelkan ke area kulit yang terasa gatal setelah mencukur. Kalian juga bisa menambahkan sedikit garam ke dalam air hangat untuk mempercepat proses penyembuhannya.

Itulah 5 tips mengatasi iritasi kulit setelah mencukur bulu kaki secara aman dan juga praktis. Cara ini dapat kalian lakukan secara rutin, agar iritasi di kulit dapat cepat mereda. Selamat mencoba.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI