Jangan Anggap Sepele, Kenali Manfaat Tidur Siang untuk Anak

Rabu, 25 November 2020 11:11 Penulis: Dhia Amira
Jangan Anggap Sepele, Kenali Manfaat Tidur Siang untuk Anak
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Tidur siang merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh banyak orang, salah satunya anak-anak. Walaupun sering diabaikan oleh banyak orang tua, namun nyatanya manfaat tidur siang juga sangat baik loh bagi kesehatan anak.

Bahkan manfaat tidur siang ini akan bermanfaat bila dilakukan secara rutin loh. Tidur siang sangat bermanfaat dalam mengatasi berbagai hal yang bisa mempengaruhi kesehatan tubuh. Tidak perlu melakukan tidur siang secara berlebihan, cukup melakukan tidur siang selama 30 hingga 1,5 jam saja sudah memberikan kesegaran dan juga manfaat.

Kira-kira apa saja ya manfaat tidur siang untuk anak bagi tubuh mereka? Dilansir dari berbagai sumber, yuk langsung saja dicek KLovers.

 

 

 

1. Waktu yang Tepat untuk Tidur Siang

Ternyata tidak bisa sembarangan loh KLovers dalam mengatur tidur siang pada anak. Ada waktu yang tepat dalam anak melakukan kegiatan tidur siang mereka secara rutin. Durasi tidur siang yang baik dilakukan adalah 90 menit atau 1,5 jam saja.

Kalian bisa mengatur berapa kali anak akan melaksanakan tidur siang mereka. Semakin bertambahnya usia, maka semakin sedikit pula durasi tidur siang mereka. Bahkan anak yang berusia 6 tahun ke atas biasanya hanya membutuhkan waktu tidur siang sekitar 30 menit saja.

Kalian bisa melakukan kegiatan tersebut secara rutin, dan lakukan aktivitas di pagi hari dengan baik agar anak mudah untuk tidur siang. Buat juga suasana kamar tidur menjadi nyaman, agar anak dapat tidur siang dengan cepat dan lelap.

 

 

 

2. Tanda Anak Kurang Tidur

Bagi orang dewasa yang kurang tidur, maka ada perubahan dari segi emosional dan juga fisik. Dan begitu juga dengan anak-anak, bahkan akan lebih sangat berbahaya. Hal ini tentu akan mengganggu tumbuh kembang mereka. Inilah beberapa tanda ketika anak kurang tidur:

- Anak tidak bersemangat
- Anak menjadi rewel dan mudah tersinggung
- Akan marah bila dibangunkan di pagi hari
- Menjadi lalai, tidak sabaran, hiperaktif, atau agresif
- Bahkan anak akan sulit fokus pada tugas sekolah dan tugas lainnya.

Bila sudah seperti ini, ada baiknya kalian mengatur pola tidur anak dengan baik ya KLovers. Karena hal ini akan mempengaruhi tumbuh kembang serta metabolisme di dalam tubuh mereka.

 

 

 

3. Meningkatkan Kecerdasan

Manfaat tidur siang yang pertama yaitu dapat meningkatkan kecerdasan. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan University of Massachusetts Amherst mengatakan bahwa, tidur siang yang rutin pada anak dapat meningkatkan daya ingat. Dan ini dapat meningkatkan kecerdasan mereka dalam melakukan berbagai hal pada saat ini hingga kedepannya.

Bukan hanya pada anak saja, nyatanya hal tersebut juga berlaku pada orang dewasa. Kalian dapat lebih berkonsentrasi saat bisa melakukan tidur siang walaupun hanya 30 menit saja. Jadi kalian bisa membuat anak melakukan kegiatan tidur siang secara rutin ya KLovers.

 

 

 

4. Memberikan Suasana Hati Dengan Baik

Manfaat tidur siang pada anak yang selanjutnya yaitu, dapat memberikan suasana hati lebih baik. Bahkan dapat menjauhkan anak dari pikiran yang stres. Menurut beberapa penelitian, anak yang sudah tidur siang cenderung memiliki suasana hati yang menyenangkan dibandingkan anak yang belum tidur siang.

Bahkan dalam penelitian lain menyatakan bahwa, anak usia di bawah lima tahun (balita) yang tidak tidur siang lebih sering gelisah dan memberikan reaksi yang lebih buruk terhadap peristiwa kurang menyenangkan. Jadi jangan lewatkan anak pada tidur siang, agar anak dapat menjadi pribadi yang positif dan menyenangkan.

 

 

 

5. Tidur Malam Lebih Lelap

Siapa bila tidur siang akan membuat seseorang sulit tidur? Nyatanya nggak begitu loh. Manfaat tidur siang akan membuat anak jadi lebih muda lelap pada malam hari. Hal ini karena, Tidur siang dapat membantu mengurangi rasa lelah akibat seharian bermain dan beraktivitas.

Dan kelelahan ini adalah salah satu faktor yang dapat memicu anak lebih sulit tidur di malam hari. Itulah sebabnya, tidur siang justru akan membuat anak lebih mudah tidur di malam hari. Bahkan menurut artikel medis yang diterbitkan St. Louis Children's Hospital mengatakan bahwa, melewatkan waktu tidur siang justru membuat anak mudah stres, rewel, marah, dan bingung.

Bahkan, anak berisiko kesulitan tidur saat malam hari. Apabila waktu tidur malam anak tidak tercukupi, maka daya tahan tubuhnya dikhawatirkan menurun, sehingga mudah terserang penyakit.

 

 

 

6. Mengoptimalkan Tinggi dan Berat Badan

Manfaat tidur siang bagi anak yang selanjutnya yaitu, dapat mengoptimalkan tinggi dan berat badan. Ternyata bukan hanya makanan saja yang bisa mengoptimalkan tinggi dan berat badan anak, tetapi juga tidur siang. Anak juga perlu waktu tidur yang cukup selama masa pertumbuhan. Itu karena proses pertumbuhan anak terjadi ketika mereka terlelap dalam tidurnya.

Selain itu penelitian menunjukkan bahwa, anak yang tidak cukup tidur atau memiliki pola tidur yang tidak teratur akan lebih mudah mengalami obesitas. Hal ini dikaitkan dengan munculnya kecenderungan anak untuk makan lebih banyak saat ia lelah. Bahkan kelelahan juga akan membuat anak kurang aktif, sehingga berat badan pun lebih mudah naik.

 

 

 

7. Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

Dan manfaat tidur siang bagi anak juga mampu meningkatkan fokus dan konsentrasi mereka. Sebuah studi menunjukkan bahwa anak-anak memiliki kemampuan belajar serta ingatan yang lebih tinggi jika mereka tidur siang secara teratur.

Manfaat ini bahkan lebih besar jika anak cukup istirahat setelah mendapat materi pembelajaran. Bahkan anak yang tidur siang dapat mengingat apa yang telah mereka pelajari 24 jam kemudian.

Selain itu sebuah jurnal yang diterbitkan oleh National Institutes of Health Study, menyatakan bahwa manfaat anak tidur siang mampu meningkatkan kemampuan menyerap pelajaran dan mengingat saat ia mulai sekolah kelak. Bahkan ketika anak tidur siang, ia akan bangun dalam kondisi segar dan membuatnya lebih mudah berkonsentrasi untuk mempelajari sesuatu.

Dan itulah beberapa manfaat tidur siang bagi anak yang wajib kalian ketahui. Bukan hanya mampu memberikan kesehatan pada tubuh mereka, nyatanya tidur siang juga mampu membuat otak mereka menjadi sehat dan cerdas.

 

 

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI