Sering Ganggu Tidur, Ini 7 Tips Menghilangkan Mendengkur

Selasa, 08 September 2020 20:11 Penulis: Dita Tamara
Sering Ganggu Tidur, Ini 7 Tips Menghilangkan Mendengkur
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Mendengkur pada dasarnya kebiasaan buruk yang kerap mengganggu orang lain dan diri sendiri. Bahkan, pada saat mendengkur tentu saja kalian tidak akan menyadari. Kalian baru tahu kalau memiliki kebiasaan tersebut setelah orang lain memberitahu.

Mendengkur atau ngorok merupakan kondisi ketika seseorang mengeluarkan suara kasar ketika tidur. Kondisi ini merupakan dampak dari terhalang atau menyempitnya saluran pernapasan. Selain itu, tidur mendengkur juga bisa menjadi pertanda adanya masalah serius pada kesehatan kalian lho.

Jika dibiarkan, hal buruk ini juga bisa memengaruhi kualitas tidur secara keseluruhan. Namun, sebelum kalian mengetahui tips menghilangkan mendengkur, ada baiknya kalian mengetahui penyebab mendengkur itu sendiri seperti hidung tersumbat, obesitas, pembengkakan amandel, tulang hidung bengkok, posisi tidur terlentang, kurang tidur, hingga mengonsumsi minuman beralkohol. Nah, untuk memudahkan kalian menghilangkan kebiasaan mendengkur, yuk langsung simak ulasan lengkap berikut ini.

 

1. Jangan Tidur Terlentang

Tahukah kalian jika posisi tidur terlentang menjadi salah satu faktor terbesar seseorang tersebut tidur mendengkur. Sebab, posisi terlentang justru menyebabkan lidah dan area sekitar tenggorokan menjadi lebih rileks sehingga menyumbat jalan oksigen yang masuk.

Untuk mengatasi tidur mendengkur, ada baiknya kalian tidur dengan posisi miring. Cara menghilangkan mendengkur saat tidur yang satu ini dianggap lebih efektif, karena tidak menimbulkan masalah pernapasan. Selain itu, kalian juga bisa meninggikan posisi kepala dengan meletakkan dua bantal sekaligus untuk menjaga posisi tidur tetap menyamping sempurna.

2. Cukupi Asupan Cairan Tubuh

Saat menjelang tidur, biasakan supaya tubuh tidak kekurangan cairan dengan meminum air putih secukupnya. Sebab, jika kalian tidur dalam keadaan haus, sekresi dalam hidung dan dinding tenggorokan akan lengket dan menjadi penyebab kalian tidur mendengkur. Meski sederhana hanya meminum air putih, namun cara ini juga dianggap sangat ampuh untuk menghilangkan mendengkur saat tidur.

3. Olahraga Mulut dan Lidah

Selanjutnya, cara mengatasi mendengkur bisa kalian lakukan dengan olahraga mulut dan lidah. Caranya pun terbilang cukup mudah, pertama-tama kalian hanya perlu mendorong ujung lidah hingga ke langit-langit mulut kemudian geser lidah ke arah belakang atau mundur.

Kedua, lakukan teknik menghisap lidah ke bagian atas dan tekan keseluruhannya hingga mengenai langit-langit mulut. Selanjutnya, tekan bagian bawah lidah ke dasar mulut dan sementara itu pastikan ujung lidah menyentuh bagian bawah gigi depan. Terakhir, angkat langit-langit atau uvula sambil mengatakan huruf A.

4. Ubah Pola Hidup

Untuk menghindari diri dari mendengkur ketika tidur, ada baiknya kalian mengubah pola hidup dengan menurunkan berat badan. Sebab, kegemukan atau obesitas menjadi salah satu pemicu seseorang mengalami mendengkur. Menurut sebuah penelitian, lemak yang menggumpal dan berujung pada aliran oksigen ke pernapasan terhambat adalah alasan utama mengapa rata-rata orang gemuk tidur mendengkur dan harus melakukan diet. Kalian bisa mengubah pola hidup dengan mengurangi porsi makan serta melakukan olahraga yang teratur.

5. Hentikan Kebiasaan Mengonsumsi Alkohol

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, alkohol menjadi salah satu pemicu seseorang mengalami mendengkur saat tidur. Karena itu, sebaiknya hindari mengonsumsi alkohol apalagi secara berlebihan sebelum tidur. Selain mengonsumsi alkohol, kebiasaan merokok juga bisa menyebabkan seseorang mendengkur.

Hal ini karena racun yang terdapat dalam asap rokok membuat dinding saluran napas menjadi iritasi, lalu membengkak dan menyumbat aliran udara. Untuk mendapat kualitas tidur yang baik, mulailah untuk menerapkan pola hidup sehat dan meninggalkan kebiasaan mengonsumsi alkohol maupun merokok.

6. Sangga Kepala

Menyangga kepala saat tidur bisa menjadi solusi yang tepat supaya kalian tidak tidur mendengkur. Kalian bisa menyangga kepala sekitar 10 centimeter lebih tinggi untuk menjaga lidah supaya tidak terdorong ke belakang dan menghalangi jalur udara, sehingga dapat membantu membuka saluran pernapasan sedikit lebih lebar.

Perlu kalian ketahui, kalian juga jangan menyangga kepala terlalu tinggi. Sebab, hal ini akan membuat jalur udara kalian mampet sehingga kalian tidur dengan posisi mendengkur. Untuk itu, sesuaikan tinggi sanggahan kepala senyaman mungkin, dan pilih bantal yang menyangga kepala dengan nyaman.

7. Tidur Cukup

Cara mengatasi mendengkur yang paling mudah yaitu ubahlah pola tidur kalian sehingga kalian mendapatkan pola tidur yang berkualitas. Sebab, jika kalian lelah beraktivitas berat dan kekurangan tidur, maka hal tersebut salah satu pemicu kalian mendengkur pada saat tidur. Oleh sebab itu, usahakan untuk tidur setidaknya 7-8 jam dalam sehari.

Itulah sederet tips menghilangkan mendengkur. Untuk itu, cobalah tips di atas supaya mendapatkan kualitas tidur yang maksimal. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI