Jangan Asal Beli, Ini 6 Tips Memilih Kacamata Berdasarkan Bentuk Wajah Agar Terlihat Lebih Proporsional

Jum'at, 11 September 2020 09:11 Penulis: Puput Saputro
Jangan Asal Beli, Ini 6 Tips Memilih Kacamata Berdasarkan Bentuk Wajah Agar Terlihat Lebih Proporsional
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Bagi sebagian orang yang mempunyai mata mengalami gangguan penglihatan, kacamata sudah menjadi suatu kebutuhan. Sebab, dengan bantuan kacamata mereka bisa kembali melihat dengan normal. Namun kini kacamata tak hanya dipakai sebagai alat bantu penglihatan. Beberapa orang menggunakan kacamata untuk menunjang penampilan. Nah, agar penampilan kalian semakin menarik ternyata ada lho beberapa tips memilih kacamata.

Ada beragam jenis dan model kacamata di pasaran. Namun, untuk menunjang penampilan, sebaiknya sesuaikan model kacamata dengan bentuk wajah. Karena seperti yang kita tahu, setiap orang mempunyai bentuk wajah yang berbeda, seperti bulat, lonjong, persegi, dan sebagainya. Sehingga, dengan memilih kacamata yang tepat wajah akan terlihat lebih proporsional dan menarik.

Dilansir dari allaboutvision.com, berikut beberapa tips memilih kacamata berdasarkan bentuk wajah.

 

1. Wajah Berbentuk Bulat

Bentuk wajah bulat biasa dimiliki orang yang bertubuh gemuk. Orang dengan wajah bulat cenderung mempunyai garis wajah melengkung, sehingga terkesan lebih lebar. Selain itu, tipikal wajah ini juga cenderung mempunyai tulang rahang dan pelipis yang tidak bersudut.

Oleh karena itu, pemilik wajah bulat sebaiknya memilih kacamata berbentuk persegi panjang. Tips memilih kacamata ini akan membuat wajah bulat tampak lebih kecil dan panjang. Dengan kata lain akan memberikan kesan wajah yang lebih proporsional.

2. Wajah Berbentuk Persegi

Lain halnya dengan wajah berbentuk bulat, wajah persegi justru mempunyai tulang rahang dan pelipis yang tegas dan cenderung hampir simetris. Oleh karena itu, jenis wajah ini akan cocok dengan model kacamata berbingkai sempit berbentuk oval. Kacamata oval akan memperhalus tulang rahang dan pelipis yang terlalu tegas.

3. Wajah Berbentuk Oval

Tips memilih kacamata berikutnya khusus untuk pemilik wajah oval. Wajah oval sering kali disebut sebagai salah satu bentuk wajah yang paling proposional. Mulai dari dahi, tulang pipi, dan garis rahang cenderung seimbang. Sehingga, sebenarnya tak terlalu sulit untuk menentukan jenis kacamata yang akan dipakai.

Hampir segala jenis kacamata akan cocok di wajah berbentuk oval. Walau demikian, pemilik wajah oval perlu memperhatikan besaran bingkai kacamata. Bingkai kaca mata yang terlalu besar atau terlalu kecil bisa mengurangi kesan proporsional pada wajah.

4. Wajah Berbentuk Hati

Wajah berbentuk hati memiliki sepertiga bagian atas yang lebar, sedangkan bagian bawah cenderung lebih sempit atau runcing. Tips memilih kacamata untuk tipikal wajah ini adalah cari model kacamata yang bisa mengurangi kesan lebar di wajah bagian atas. Sebaliknya, juga harus bisa memberikan kesan lebih lebar pada bagian bawah.

Jenis kacamata yang cocok untuk jenis wajah ini yaitu kacamata berbingkai tipis dengan warna terang. Atau kalian juga bisa memilih kacamata tanpa bingkai yang memiliki kesan ringan dan tak terbatas.

5. Wajah Berbentuk Segitiga

Berkebalikan dengan wajah berbentuk hati, wajah dengan tipikal segitiga mempunyai bagian bawah mulai (pipi dan dagu) yang cenderung lebar, sedangkan bagian dahi sempit. Sehingga, kacamata yang cocok untuk tipe wajah ini harus bisa mengurangi kesan lebar di bagian bawah, dan menambah kesan lebar di bagian atas.

Tips memilih kacamata untuk wajah segitiga yaitu carilah bentuk bingkai cat-eye. Sesuai dengan namanya, kacamata model cat eye mempunyai sudut yang lancip di bagian ekor mata. Hal ini akan menciptakan kesan sudut di kedua pelipis mata. Dengan begitu, dahi akan terkesan lebih lebar dan proporsional.

6. Bentuk Wajah Lonjong

Tips memilih kacamata berikutnya cocok untuk kalian yang berwajah lonjong. Bentuk wajah lonjong memiliki garis pipi lurus yang panjang, sehingga terkesan lebih panjang dari lebar. Untuk itu, model kacamata yang cocok ialah yang bisa membuat garis pipi di wajah tampak lebih pendek, tapi tetap seimbang.

Cobalah untuk menggunakan kacamata dengan bingkai yang lebar. Selain itu, jika cukup percaya diri kalian juga bisa memilih kacamata dengan bagian pelipis yang dekoratif melebar di bagian pelipis.

Nah, itulah di antaranya beberapa tips memilih kacamata berdasarkan bentuk wajah. Jadi, kira-kira model kacamata mana yang sesuai untuk bentuk wajah kalian?

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI