Tak Hanya Emping, Ini 8 Makanan Penyebab Asam Urat yang Juga Perlu Dihindari

Kamis, 10 September 2020 18:11 Penulis: Puput Saputro
Tak Hanya Emping, Ini 8 Makanan Penyebab Asam Urat yang Juga Perlu Dihindari
Ilustrasi (credit: flickr)


Kapanlagi Plus - Selama ini penderita asam urat identik dengan orang dari golongan usia lanjut. Padahal sebenarnya asam urat bisa menimpa siapa saja tanpa pandang usia. Sehingga, penting untuk tahu penyebab asam urat agar bisa lebih berjaga-jaga. Ada beberapa hal yang disinyalir bisa sebabkan asam urat, salah satunya makanan yang dikonsumsi. Emping melinjo sering disebut sebagai salah satu makanan penyebab asam urat.

Asam urat merupakan sakit di area persendian yang bisa kambuh karena karena kandungan purin yang terlalu tinggi dalam tubuh. Emping melinjo memang jadi salah satu makanan yang dikenal mempunyai cukup tinggi kandungan purin. Namun ternyata, emping melinjo bukanlah satu-satunya makanan mengandung purin yang bisa sebabkan asam urat.

Lantas, apa sajakah yang termasuk makanan penyebab asam urat? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa ulasannya.

1. Jeroan

Bagi sebagian orang, jeroan merupakan bahan makanan yang cukup nikmat untuk disantap. Oleh masyarakat, berbagai macam jeroan seperti usus, hati, limpa, paru, otak, jantung, dan ginjal memang kerap diolah menjadi berbagai jenis masakan. Namun, tak banyak yang tahu ternyata segala jenis jeroan mempunyai kandungan purin yang tinggi. Sehingga, jika dikonsumsi berlebihan juga akan membangkitkan asam urat.

2. Beberapa Jenis Daging

Tak hanya jeroan, beberapa jenis daging yang lebih umum dikonsumsi juga mengandung cukup banyak purin. Daging-daging yang mengandung purin tinggi, antara lain daging merah seperti daging sapi, kambing, kerbau, dan sejenisnya. Selain itu, ternyata daging bebek dan angsa juga diduga mempunyai kandungan purin yang tak kalah tinggi. Artinya, daging kedua jenis unggas ini juga perlu dihindari penderita asam urat.

3. Olahan Seafood

Seafood atau masakan laut memang jadi salah satu sajian yang paling lezat dan nikmat. Sayangnya, seafood juga tergolong sebagai salah satu makanan penyebab asam urat. Kandungan purin yang tinggi ditemukan pada ikan laut, dan hewan laut lainnya, seperti udang, kepiting, remis, tiram, dan cumi. Oleh karena itu, kita perlu membatasi konsumsi seafood demi alasan kesehatan.

4. Alkohol

Sudah jadi rahasia umum kalau minuman beralkohol tidak baik untuk kesehatan tubuh kita. Selain bisa merusak organ dalam tubuh, minuman beralkohol ternyata juga bisa meningkatkan risiko asam urat.

Kandungan purin tertinggi pada minuman beralkohol terdapat pada jenis minuman beragi. Sementara, jenis anggur relatif mempunyai kandungan purin yang lebih rendah. Meski begitu, penderita asam urat tetap disarankan untuk tidak mengonsumsi minuman beralkohol. Terlebih, saat asam urat sedang kambuh karena bisa memperburuk keadaan.

5. Kedelai

Makanan penyebab asam urat berikutnya yaitu kedelai. Kedelai mempunyai kandungan purin yang cukup tinggi sehingga bisa mengakibatkan asam urat. Bahkan, kandungan purin yang cukup tinggi ini juga bisa ditemukan dalam berbagai olahan kedelai, seperti tahu, tempe, susu, dan sebagainya.

Makanan-makanan tersebut begitu populer dan jadi santapan sehari-hari. Sehingga, kita harus lebih berhati-hati, dan tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

6. Bayam

Dikenal sebagai salah satu sayuran yang menyehatkan, siapa sangka bayam juga masuk dalam daftar makanan penyebab asam urat? Bayam memang diketahui mengandung purin yang cukup tinggi. Bahkan, kandungan purin dalam bayam bisa mencapai 57 gram per 100 gram bayam. Jumlah yang cukup untuk memicu kambuhnya asam urat.

7. Bunga Kol

Bayam bukanlah satu-satunya jenis sayuran yang harus dihindari penderita asam urat. Pasalnya, masih ada bunga kol yang punya kandungan purin tidak kalah tinggi. Dalam 100 gram bunga kol diperkirakan mengandung 51 gram purin.

Namun jangan khawatir, bagi kalian penderita asam urat tetap bisa mengonsumsi bunga kol dan bayam dalam jumlah terbatas. Jangan sampai berlebihan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

8. Minuman yang Mengandung Pemanis

Minuman kemasan seperti soda memang selalu nikmat saat diminum di siang hari yang terik. Apalagi jika disajikan dalam keadaan dingin. Namun, meminum minuman kemasan dan minuman bersoda terlalu sering cukup berisiko bagi kesehatan. Salah satunya, bisa menyebabkan kambuhnya asam urat.

Hal ini dikarenakan dalam minuman kemasan biasanya mengandung zat gula bernama fruktosa. Dalam tubuh, fruktosa bisa meningkatkan kadar purin. Itulah mengapa, minuman kemasan dengan pemanis cukup berisiko bagi penderita asam urat.

Itulah beberapa jenis makanan penyebab asam urat yang penting untuk diketahui. Hindari dan kurangi konsumsinya agar asam urat tidak kambuh, sehingga aktivitas bisa berjalan dengan lancar. Semoga bermanfaat!

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI