Jangan Panik, Ini 6 Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air

Sabtu, 19 September 2020 12:22 Penulis: Dita Tamara
Jangan Panik, Ini 6 Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Secara tidak sengaja sewaktu mandi maupun berenang tiba-tiba telinga kemasukan air. Akibatnya, telinga terasa penuh tersumbat sehingga pendengaran seperti terpendam. Meski tak selalu berbahaya, namun kemasukan air sangat membuat tidak nyaman dan menyakitkan. Bahkan, jika telinga kemasukan air dalam jangka waktu yang lama dan terjadi secara berulang-ulang, hal ini akan meningkatkan risiko peradangan dan infeksi saluran telinga.

Peradangan yang dimaksud yakni berupa kemerahan dan pembengkakan pada saluran telinga bagian luar. Bagian ini merupakan saluran yang terletak di antara telinga bagian luar dan gendang telinga.

Namun, kalian tidak perlu khawatir dan panik, supaya air yang terperangkap di dalam telinga bisa segera keluar. Ada banyak cara mengatasi telinga yang kemasukan air yang bisa kalian lakukan sendiri. Lakukan cara berikut ini dengan hati-hati supaya tidak menyebabkan luka pada gendang telinga atau bagian telinga lainnya.

Kalian bisa memilih salah satu di antara cara berikut ini. Daripada penasaran, yuk langsung saja simak ulasan lengkap berikut ini.

 

 

1. Miringkan Kepala

Saat kalian mengalami kemasukan air, cara yang paling mudah dan simpel untuk dilakukan yaitu memiringkan kepala. Biasanya, secara tidak langsung kalian akan melakukan hal ini ketika pertama kali merasa telinga kemasukan air. Bahkan, cara ini selalu digunakan mulai dari anak kecil hingga dewasa.

Caranya, miringkan kepala ke arah telinga yang kemasukan air, kemudian tarik perlahan daun telinga dan goncangkan kepala untuk membantu air keluar. Selain mudah dilakukan, cara yang ini juga tidak menimbulkan efek samping apapun.

2. Mengunyah Makanan

Selanjutnya, cara mengatasi telinga kemasukan air kalian juga bisa melakukan cara dengan mengunyah makanan. Mengapa? Sebab, biasanya air yang masuk ke telinga akan terjebak di bagian tabung eustachius. Bagian tersebut merupakan salah satu bagian telinga dalam. Nah, mengunyah bisa menjadi alternatif kalian mengeluarkan air di dalam telinga sembari memiringkan kepala.

3. Kompres Air Hangat

Jika memiringkan kepala tak cukup membuat air keluar dari telinga, kalian bisa mencoba cara lainnya dengan mengkompres menggunakan air hangat. Sebab, biasanya air yang masuk ke telinga akan terperangkap di tabung yang menghubungkan telinga tengah ke saluran pernapasan.

Cara mengatasinya, pertama-tama masukkan handuk kecil ke dalam air hangat, kemudian kompres bagian telinga selama kira-kira 30 detik dan tunggu satu menit. Kalian bisa mengulangi cara di atas sebanyak empat hingga lima kali hingga air keluar dari telinga.

4. Gunakan Hairdryer

Selanjutnya, kalian bisa memanfaatkan hairdryer atau pengering rambut untuk mengatasi telinga kemasukan air. caranya, pertama-tama kalian atur kecepatan udara dan suhu hairdryer yang paling rendah. Setelah itu, beri jarak sekitar 30 cm dan keringkan dengan gerakan mendekati dan menjauhi telinga yang kemasukan air. Saat melakukan cara ini, kalian juga bisa sambil menggoyang-goyangkan cuping telinga. Sebab, udara panas dari hairdryer akan membantu air menguap lebih cepat.

5. Ramuan Cuka dan Alkohol

Cara mengatasi telinga kemasukan air bisa dilakukan dengan membuat ramuan sendiri untuk membantu mengeluarkan air yang terjebak di dalam telinga. Pertama-tama kalian hanya menyiapkan cuka putih dan alkohol. Selanjutnya, campurkan cuka putih dan alkohol, setelah itu masukkan ke dalam wadah seperti obat tetes mata. Lalu, kalian aplikasikan dengan meneteskan ramuan tersebut sebanyak tiga tetes ke dalam telinga yang kemasukan air.

6. Teteskan dengan Air

Meski terdengar aneh ketika mengatasi telinga kemasukan air menggunakan tetesan air, namun cara ini salah satu cara yang cukup efektif untuk mengeluarkan air di dalam telinga. Caranya, siapkan air hangat dan teteskan pada telinga kalian hingga telinga yang kemasukan air menghadap ke atas. Diamkan selama kira-kira tiga detik dan langsung miringkan kepala ke sisi yang berlawanan. Tunggu beberapa saat. Hingga air di dalam telinga bisa keluar.

Itulah sederet cara mengatasi telinga yang kemasukan air. Meski caranya terbilang mudah, namun kalian juga harus berhati-hati melakukannya. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI