Jangan Cuma Punya Mimpi, Webinar Pegadaian Ajak Kamu Jadi Anak Muda yang Melek Investasi

Rabu, 25 Januari 2023 14:34 Penulis: Wuri Anggarini
Jangan Cuma Punya Mimpi, Webinar Pegadaian Ajak Kamu Jadi Anak Muda yang Melek Investasi
Webinar Pegadaian


Kapanlagi Plus - Bisa mendapatkan pekerjaan impian dengan gaji besar di usia muda memang jadi hal yang membanggakan. Tapi, kalau nggak dibekali dengan kemampuan mengatur keuangan yang tepat, bisa bikin uang yang dimiliki cuma numpang lewat saja.

Masa muda nggak hanya dihabiskan dengan senang-senang, tapi saatnya juga mulai memikirkan masa depan. Pastinya kamu punya impian yang ingin diwujudkan dong. Jangan hanya jadi mimpi, saatnya jadi anak muda yang melek investasi untuk mewujudkan daftar keinginan yang sudah dibuat. Tema inilah yang jadi bahasan menarik dalam webinar Pegadaian bertajuk Wujudkan Mimpi dengan Cerdas Investasi yang digelar secara live streaming pada Rabu (25/01/2023).

Menghadirkan para speakers yang berpengalaman dalam bidangnya, yaitu Annisa Steviani yang dikenal sebagai Certified Financial Planner dan Muhammad Reza dari Divisi Produk Emas PT Pegadaian, intip rangkuman yang bisa menambah insight baru kamu, yuk!

1. Belajar Merencanakan Investasi bersama Annisa Steviani

Setiap orang pasti memiliki impiannya masing-masing. Ada yang menginginkan rumah, mobil, bisa beribadah dengan tenang, traveling, memiliki passive income, dan masih banyak lagi. Dalam sesi webinar tersebut, Annisa mengajak para audiens untuk nggak hanya memikirkan apa yang jadi impian mereka, tapi juga menulisnya.

“Coba tulis dulu daftar impian, karena kalau nggak ditulis nanti kita bingung maunya apa,” ungkapnya.
Setelah ditulis, apa yang harus dilakukan? Annisa pun menekankan pentingnya financial planning untuk mewujudkan satu per satu daftar impian tersebut, karena kalau tidak dilakukan malah akan membuat impian ini semakin jauh dari kamu.

“Karena banyak impian, kita langsung fokus investasi. Ibarat naik tangga kita lompati begitu saja yang ada jatuh dong. Ketika bicara financial journey, kebanyakan orang mikirnya asset building aja. Padahal financial journey itu sesuatu yang utuh dan ada tahapannya,” jelas Annisa kemudian.

Ia pun meneruskan bahwa ada 5 prinsip dasar dari financial journey yang harus dicapai. “Pertama Basic Needs terpenuhi. Makan udah terpenuhi belum? Bayar listrik, sekolah anak, itu jadi nomor 1. Kemudian Safety Net, kita punya dana darurat atau nggak? Ini yang biasanya orang-orang susah memiliki. Nomor 3 ada Debt Management atau pengaturan utang, kita merasa uang kita banyak, tapi ternyata banyak barang yang dibeli dengan paylater. Baru jika nomor 1-3 terpenuhi, kita baru memikirkan Asset Building. Kalau nggak matang, tentu akan mengganggu financial planning. Misal, kita udah nabung buat beli rumah tapi nggak punya dana darurat. Saat ada kebutuhan mendadak, tabungan buat beli rumah yang kita pakai, akhirnya semakin jauh dari punya rumah. Baru setelah itu semua terpenuhi ada yang terakhir namanya Wealth Preservation & Legacy,” lanjutnya.

Annisa juga menekankan pentingnya bisa membedakan kebutuhan dan keinginan. Jika sudah bisa membagi basic needs, baru akhirnya mulai memikirkan asset dan fokus pada investasi apa yang perlu dilakukan. “Nggak perlu investasi ikut-ikutan orang lain. Nabung aja nggak apa-apa yang penting konsisten dengan tujuan kita”, jelasnya.

Dalam memilih instrument investasi, ada beberapa ha yang perlu diperhatikan menurut Annisa. Mulai dari manajemen risiko hingga profil risiko yang sesuai dengan kemampuan. Annisa pun menyederhanakan konsepnya dengan 3 pertanyaan, “Kamu sukanya apa? Punyakah uangnya? Sanggupkah tanggung risikonya?”. Ketiga pertanyaan ini wajib dipikirkan sebelum memilih instrumen investasi tertentu.
“Zaman sekarang investasi nggak harus punya uang banyak. Emas bisa disesuaikan dengan seberapa banyak uang yang dimiliki karena sekarang banyak produk emas yang bisa dibeli sesuai budget,” ungkap Annisa.

Selain itu, emas masih memiliki berbagai keunggulan yang membuatnya tetap relevan dipilih. Mulai dari sudah familiar dan terbukti secara historis, likuid dan mudah dicairkan, melindungi nilai uang dan tahan inflasi, serta bisa dibeli dari nominal hingga gramasi kecil.

2. Cara Cerdas Berinvestasi Emas di Pegadaian

Agenda webinar berlangsung semakin inspiratif begitu Muhammad Reza menyampaikan tentang cara cerdas berinvestasi emas yang bisa dilakukan di Pegadaian. Reza menjelaskan ada berbagai keunggulan investasi emas di Pegadaian yang tentunya menarik untuk dicoba.

“Investasi emas di Pegadaian cepat, aman, dan murah. Transaksinya bisa dilakukan secara online lewat aplikasi Pegadaian Digital. Pegadaian sendiri merupakan bagian dari BUMN dan BRI Group, di mana jaringannya besar dengan 4.086 outlet di seluruh Indonesia yang terdaftar dan diawasi OJK. Biayanya juga murah karena uang muka mulai dari 10% dan angsuran tetap meskipun harga emas naik,” jelas Reza dalam sesi webinar tersebut.

Reza pun mengungkapkan ada beberapa produk dari Pegadaian yang bisa dimanfaatkan untuk mendukung investasi emas yang kamu lakukan.

1. Pegadaian Cicil Emas

Pembiayaan kepemilikan emas batangan untuk masyarakat dengan fitur pembayaran hingga paket bundling asuransi. Di sini kamu bisa mendapatkan jaminan emas 24K asli bersertifikat, DP ringan mulai 10%, angsuran tetap meski harga emas naik, dan bisa digunakan untuk personal maupun arisan.

2. Pegadaian Tabungan Emas

Layanan yang satu ini fokus pada penitipan sado emas yang memudahkan masyarakat untuk berinvestasi emas. Rupiah yang dimasukkan ke dalam tabungan otomatis akan dikonversi menjadi emas. Produk ini memiliki jaminan emas 24K asli, bahkan 100% dijamin ada fisik emasnya. Saldo emas juga bisa digadaikan, dicetak, dijual, dan ditransfer lewat Pegadaian Digital.

Menariknya lagi, Reza juga menjelaskan Pegadaian memberikan kejutan awal tahun, lho. Jika cicil emas di Pegadaian, ada diskon uang muka yang disesuaikan dengan tenor dan dominasi gram yang dicicil. Promo ini bisa dinikmati di seluruh outlet Pegadaian atau di aplikasi Pegadaian Digital dan berlaku hanya sampai 28 Februari 2023 saja.

Nggak hanya itu saja, Pegadaian juga punya promo Gajian Emas. Bagi yang sudah punya penghasilan tetap dan memiliki pos-pos untuk investasi, bisa langsung manfaatkan promo Gajian Emas. Untuk buka Tabungan Emas, manfaatkan promo Mulai Nabung diskon 20%. Jika ingin top up tabungan emas, ada diskon hingga Rp 50ribu, serta promo Gadai Tabungan Emas hingga Rp 500ribu.

Gimana, sudah semakin yakin untuk mulai investasi emas? Awali bersama Pegadaian sekarang juga!

(kpl/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI