Saatnya Merdeka dalam Karya, Putri Tanjung Ungkap Rahasia Creativepreneur di Webinar Generasi Pandai

Jum'at, 12 Agustus 2022 16:02 Penulis: Jeffrey Winanda
Saatnya Merdeka dalam Karya, Putri Tanjung Ungkap Rahasia Creativepreneur di Webinar Generasi Pandai
(c) Pegadaian

Kapanlagi Plus - Sukses di usia muda kenapa nggak? Banyak peluang yang terbentang di depan mata untuk membuka jalan dalam mewujudkan mimpi.

Bagi generasi muda yang sudah melek dengan era digitalisasi seperti sekarang, industri kreatif bisa menjadi jalan ninja untuk meraih kesuksesan di usia muda. Seperti creativepreneur inspiratif yaitu Putri Tanjung yang sudah makan asam garam di industri kreatif sejak berusia belasan tahun.

Kabar baiknya, Putri Tanjung baru saja blak-blakan dalam membongkar kiat sukses menjadi creativepreneur di Webinar Generasi Pandai #PunyaRencana: Merdeka Dalam Karya persembahan dari PT Pegadaian. Pada webinar yang digelar pada 11 Agustus 2022 ini, banyak sekali insight yang diberikan Putri Tanjung selaku CEO of Trans Digital Lifestyle Group terkait industri kreatif.

Nggak sendirian, webinar ini juga menghadirkan tokoh inspiratif lain yaitu Damar Latri Setiawan selaku Direktur Utama PT Pegadaian. Ketinggalan sama webinarnya? Intip kembali keseruannya yuk!

Awal yang Besar Dimulai dari Satu Langkah Kecil

(c) Webinar Pegadaian(c) Webinar Pegadaian

Menjadi seorang CEO of Trans Digital Lifestyle Group di usia 25 tahun bukan didapatkan Putri Tanjung secara kebetulan. Dirinya memulai semua usahanya melalui langkah kecil yang dilakukannya dalam beberapa tahun silam tepatnya ketika dirinya masih remaja.

"Aku sangat mencintai industri kreatif dan baru benar-benar terjun di umur belasan tahun. Saat itu aku mulai dengan bikin event kecil-kecilan yang mana bisa snowballing menjadi sebuah Event Organizer. Dari langkah itu akhirnya bisa semakin berkembang hingga mencapai titik ini," ujar Putri Tanjung.

Ketahui Tantangan para Pengusaha Muda

(c) Webinar Pegadaian(c) Webinar Pegadaian

Webinar ini juga menghadirkan Damar Latri Setiawan selaku Direktur Utama PT Pegadaian. Dalam pemaparannya, pelaku usaha muda dan UMKM tetap saja memiliki tantangan yang harus dihadapi di tengah kemudahan berkat layanan digital dan komputerisasi yang semakin canggih.

"Saat ini pengusaha muda dan UMKM memang sudah dimudahkan teknologi, namun tetap saja ada tantangan yang harus dihadapi yaitu sumber daya manusia, pasar, finansial, dan inovasi. Jika keempat tantangan itu bisa diatasi, kesuksesan sebuah bisnis hanya tinggal menunggu waktu," ujar Direktur Utama PT Pegadaian Damar Latri Setiawan.

Namun di tengah tantangan tersebut, Damar mengatakan jika pemerintah juga memberikan solusi kepada masyarakat terutama pelaku usaha. Melalui Pegadaian, aspek permodalan yang menjadi salah satu tantangan akan bisa diatasi dengan mudah dan sama sekali nggak memberatkan para creativepreneur lho!

"Kabar baiknya, pemerintah menghadirkan solusi untuk para pengusaha melalui lembaga keuangan yang membantu permodalan seperti Pegadaian. Ada banyak sekali layanan di Pegadaian yang bisa membantu masyarakat soal permodalan seperti Gadai Ekspres hingga layanan Pegadaian Digital yang bisa diakses melalui smartphone. Ini menjadikan Pegadaian semakin tua tapi semakin muda," tambah Damar.

Tips agar Self Sustain sebagai Creativepreneur

(c) Webinar Pegadaian(c) Webinar Pegadaian

Mempertahankan jauh lebih sulit daripada mendapatkan. Prinsip ini pun juga diamini oleh Putri Tanjung. Baginya, ada 7 hal yang wajib dimiliki oleh creativepreneur agar bisnis yang dijalankan bisa berkembang, yaitu kemampuan untuk terus belajar, menerima perubahan dan adaptasi, mau bangkit di situasi sulit, inovasi, kreativitas, mindset bisnis, dan kolaborasi.

"Perlu usaha keras untuk bisa bertahan dalam industri kreatif, sebab saingan kita bukan cuma lokal tapi global. Kita perlu menyadari itu karena teknologi bikin kita jadi no boundaries terhadap seluruh dunia. Untuk itulah 7 mindset ini penting," kata cewek berzodiak virgo ini.

Satu hal yang nggak kalah penting, Putri Tanjung juga berpesan agar creativepreneur punya mindset bisnis yang kuat. Hal ini akan menciptakan karakter dan image yang kuat dalam lini bisnis yang dijalankan.

"Namun dari 7 mindset tersebut, yang paling penting dan wajib dimiliki adalah mindset yang dimiliki. Entrepreneur wajib banget punya mindset bisnis yang baik agar bisa semakin memudahkan dalam mengembangkan bisnis serta berinovasi dari waktu ke waktu," tambah Putri Tanjung.

Cuma di webinar ini Putri Tanjung memaparkan prinsip bisnis yang dimilikinya. Prinsip ini bernama 6 I's of Innovation yang terdiri dari Identify, Ignite, Investigate, Implement, Invest, dan Improve.

Harus Jitu Kelola Finansial

Jika mindset bisnis yang tertanam dalam diri sudah optimal, hal lain yang wajib dipelajari adalah tata kelola finansial. Bukan tanpa alasan, finansial adalah hal fundamental yang menjadi alat untuk mengembangkan bisnis serta berinovasi ke depannya.

"Cara kelola finansial sebagai pengusaha adalah yang terpenting harus menyusun budgeting secara detail, kemudian memisahkan keuangan pribadi dan keperluan bisnis, mengawasi cash flow perusahaan, menyiapkan dana darurat, serta bijak berinvestasi untuk masa depan," ujar Putri Tanjung.

Pegadaian Hadirkan Solusi untuk para Pengusaha Muda

(c) Webinar Pegadaian(c) Webinar Pegadaian

Peluang untuk menjadi creativepreneur di usia muda kini semakin mudah. Kabar baiknya, Pegadaian juga menghadirkan Promo Merdeka yang banyak keuntungannya di bulan Agustus 2022 ini.

"Sekarang lagi ada Promo Merdeka di Pegadaian, di mana selama bulan ini masyarakat bisa mendapatkan pinjaman hingga Rp 2,5 juta bebas bunga, bebas sewa modal hingga 45 hari, diskon biaya admin hingga 100%, pencairan pinjaman bisa via transfer, jaminan emas dan elektronik, serta jaminan aman diasuransikan," ujar Damar.

Sebagai bagian dari BUMN dan BRI Group, Pegadaian tentunya memberikan layanan terpercaya kepada masyarakat dan berperan aktif dalam mengembangkan perekonomian masyarakat di lingkup terkecil seperti UMKM. Banyak sekali kemudahan layanan yang bisa didapatkan di Pegadaian.

"Pegadaian sendiri menjadi platform yang menabungnya dapat, investasinya juga dapat. Bisa transaksi online di Pegadaian Digital, ada pula layanan gadai dari rumah, tersedia sistem harian hingga bulanan, bebas biaya admin & provisi, dan yang terpenting sudah diawasi oleh OJK," tambah Direktur Utama Pegadaian tersebut.

Nggak cuma itu, Dirut Pegadaian Damar Latri Setiawan juga mengatakan jika masyarakat bisa berperan aktif dalam menjadi agen pegadaian. Nantinya, agen ini akan dibagi ke beberapa sektor seperti agen gadai, agen pemasaran, agen pembayaran, agen komunitas, serta agen prioritas.

"Masyarakat juga bisa menjadi agen Pegadaian yang memiliki manfaat berupa penghasilan hingga jutaan per bulan, menambah jumlah pelanggan dan kepercayaan masyarakat, mendapatkan branding gratis, dan semua transaksinya praktis lantaran sudah tersedia secara online, jelas Damar.

Pengusaha yang baik adalah yang mampu melihat peluang dan mencari solusi dari permasalahan yang ada. Apakah kamu salah satunya? Yuk mulai langkahmu menjadi seorang creativepreneur sekarang juga karena apa yang kamu lakukan sekarang, akan bisa berbuah manis di masa depan!

(kpl/jef)

Reporter:

Jeffrey Winanda



MORE STORIES




REKOMENDASI