Kandungan dan Manfaat Buah Naga Merah Untuk Kesehatan, Baik Dikonsumsi Tiap Hari

Kamis, 22 Oktober 2020 15:44 Penulis: Dhia Amira
Kandungan dan Manfaat Buah Naga Merah Untuk Kesehatan, Baik Dikonsumsi Tiap Hari
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Buah naga memang menjadi salah satu buah yang baik untuk kesehatan tubuh. Bentuknya yang unik dan rasanya yang segar, membuat buah ini banyak disukai. selain memiliki banyak kandungan, manfaat buah naga merah juga sangat banyak loh untuk kesehatan tubuh.

Tidak hanya anak-anak dan orang dewasa saja yang dapat merasakan manfaat buah naga merah, nyatanya lansia dan juga ibu hamil juga bisa loh merasakan dari manfaat buah naga merah. Memiliki dua jenis, ternyata buah naga merah dan putih memiliki manfaat yang hampir sama, walaupun kandungannya lebih besar buah naga merah.

Kira-kira apa saja ya manfaat buah naga merah yang baik untuk kesehatan bila dikonsumsi setiap hari? Dilansir dari berbagai sumber, yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Kandungan Buah Naga Merah

Memiliki kandungan yang lebih tinggi dari buah naga putih, inilah beberapa kandungan buah naga merah yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

- Buah naga merah tinggi akan vitamin C. Kandungan vitamin C memang sangat dibutuhkan untuk kesehatan tubuh kalian. Kandungan vitamin C pada buah naga berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk melindungi tubuh dari paparan radikal bebas. Selain itu kandungan vitamin C dalam buah naga juga membantu penyerapan zat besi agar tubuh tidak kekurangan darah.

- Kemudian buah naga memiliki kandungan vitamin B2 dan vitamin B3. Kedua vitamin ini berperan penting dalam menjaga kelancaran metabolisme tubuh dan memelihara kesehatan jaringan tubuh. Selain itu Vitamin B juga disebut berperan penting dalam menjaga kesehatan saraf tubuh.

- Magnesium menjadi salah satu kandungan yang paling tinggi di buah naga. Kandungan magnesium ini berperan penting dalam meningkatkan stamina dan performa dalam tubuh.

- Zat besi menjadi salah satu kandungan yang juga terdapat dalam buah naga. Zat besi merupakan jenis mineral yang sangat penting bagi tubuh manusia karena berperan sebagai bahan baku pembuatan sel darah merah. Jika tubuh kekurangan zat besi, produksi sel darah merah dalam tubuh pun akan berkurang.

- Selanjutnya yaitu ada kalsium yang menjadi salah satu kandungan yang terdapat dalam buah naga. Dan kandungan ini diperlukan oleh tubuh dalam memelihara kekuatan tulang.

- Dan kandungan terakhir yaitu ada antioksidan yang sangat berperan baik bagi tubuh. Buah naga merupakan jenis buah yang kaya akan antioksidan dan zat pewarna alami yang disebut antosianin. Kandungan buah naga tersebut diketahui dapat melindungi sel dan jaringan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, bahkan menurunkan risiko kanker.

2. Mengatasi Anemia

Manfaat buah naga merah yang pertama yaitu dapat mengatasi anemia di dalam tubuh. Penyakit anemia bisa terjadi akibat kondisi jumlah sel darah merah lebih rendah dari jumlah normal. Selain itu, penyakit ini juga disebabkan karena hemoglobin di dalam sel darah merah tidak cukup, sehingga hal ini dapat menjadikan tubuh tidak mendapatkan cukup darah.

Namun anemia ini bisa diobati dengan mudah loh KLovers. Yup! Dengan mengonsumsi buah naga, maka anemia dapat teratasi. Pasalnya, buah naga mengandung zat besi yang dapat membuat kadar hemoglobin meningkat, sehingga hal ini sangat baik bagi penderita anemia. Selain itu, buah naga juga memiliki kandungan yang dapat memproduksi darah merah, sehingga dapat membantu oksigenasi.

3. Menutrisi Mata

Kemudian manfaat buah naga merah selanjutnya yaitu dapat menutrisi mata. Yup! Bila kalian ingin memiliki mata yang sehat, maka bisa mengonsumsi buah naga merah secara rutin. Itu karena buah naga dapat membantu menghambat pertumbuhan sitokrom P450 manusia.

Selanjutnya kandungan beta karoten dalam buah naga juga dapat mencegah degenerasi makula, sehingga akan melindungi mata dari berbagai macam gangguan, salah satunya katarak. Jadi bila ingin memiliki mata sehat, kalian bisa mengonsumsi buah naga ya KLovers.

4. Mencegah Kanker

Ternyata manfaat buah naga merah lainnya yaitu dapat mencegah kanker. Penyakit kanker merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia. Dan pencegahan pun bisa dilakukan sejak dini dengan mengonsumsi buah naga merah.

Dalam buah naga merah terdapat kandungan oksidan yang cukup tinggi untuk mencegah radikal bebas masuk ke dalam tubuh. Selain itu kandungan antioksidan ini juga akan melindungi sel dan jaringan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, bahkan menurunkan risiko kanker.

5. Meningkatkan Imunitas

Imunitas atau daya tahan tubuh memang menjadi salah satu hal yang penting, agar tubuh tetap sehat dan jauh dari berbagai macam penyakit. Dan untuk mendapatkan hal tersebut, kalian bisa mendapatkannya dari buah naga.

Hal ini karena buah naga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Kandungan vitamin C pada buah naga berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk melindungi tubuh dari paparan radikal bebas, sehingga menjaga daya tahan tubuh tetap sehat.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Nyatanya buah naga juga sangat baik loh untuk kesehatan jantung kalian. Penyakit jantung juga menjadi salah satu penyakit paling mematikan di dunia, itulah mengapa menjaga kesehatan jantung adalah hal yang utama bagi tubuh kalian. Dan menjaga kesehatan jantung dapat kalian lakukan dengan mengonsumsi makanan sehat, salah satunya buah naga.

Buah naga memiliki kandungan phytochemical captin yang dapat menjaga kesehatan jantung. Dengan mengonsumsi buah naga secara teratur, dan menjalankan pola hidup sehat maka kalian dapat menjaga kesehatan jantung dan terhindar dari penyakit jantung yang mematikan ini.

7. Mengatasi Penyakit Asma

Kemudian manfaat buah naga merah yaitu dapat mengatasi penyakit asma pada tubuh. Hal ini karena buah naga memiliki kandungan berupa vitamin B3 yang sangat baik dalam meredakan asma. Bila kalian memiliki penyakit asma, maka kalian bisa mencegah dan mengatasi penyakit tersebut dengan mengonsumsi buah naga secara rutin.

8. Mengatasi Perut Buncit dan Pencernaan

Siapa bilang mengatasi perut buncit itu susah? Nyatanya kalian bisa loh mengatasi perut buncit dengan mengonsumsi buah naga. Selain mengatasi perut buncit, buah naga juga dapat melancarkan pencernaan. Sehingga kalian memiliki tubuh yang sehat dan terhindar dari obesitas.

Hal ini karena kandungan fiber atau serat yang tinggi dalam buah naga dapat membantu pencernaan dan mengobati konstipasi atau sembelit. Jadi bila kalian ingin perut tidak buncit, maka kalian bisa mengonsumsi buah naga merah.

9. Mencegah Keguguran dan Prematur

Bukan hanya dapat memberikan nutrisi pada anak-anak, orang dewasa, dan lansia saja. Nyatanya buah naga juga dapat memberikan nutrisi pada ibu hamil loh KLovers. Bukan main-main, nutrisi yang diberikan oleh buah naga merah untuk ibu hamil yaitu dapat mencegah keguguran dan bayi yang lahir prematur.

Hal ini karena kandungan zat besi tinggi pada buah naga mampu memberikan kesehatan pada ibu hamil. Bagi ibu hamil, zat besi merupakan kandungan nutrisi yang penting. Sebab, senyawa ini jadi salah satu yang berperan mendukung pertumbuhan janin.

Kebutuhan zat besi ibu hamil setiap harinya bisa mencapai 2,7 mg. Kebutuhan ini bisa dipenuhi dengan baik ketika kalian mengonsumsi buah naga merah. Artinya, dengan mengonsumsi buah naga merah, kesehatan dan pertumbuhan janin akan terjaga. Sehingga, akan terhindar dari risiko keguguran atau bayi lahir prematur.

10. Mencegah Cacat pada Janin

Selain menjaga kandungan pada ibu hamil, buah naga merah juga dapat memberikan kesehatan pada janin yang ada di dalam perut loh KLovers. Dengan mengonsumsi buah naga secara baik, maka akan mengurangi risiko bayi terlahir cacat.

Hal ini karena dalam buah naga merah terkandung nutrisi folat. Nutrisi ini berfungsi untuk membentuk sel darah merah dan menjauhkan bayi dari risiko cacat tabung syaraf. Selain itu kandungan vitamin B dalam buah naga juga disebut berperan penting dalam menjaga kesehatan saraf tubuh hingga janin.

11. Memperkuat Tulang dan Gigi

Dan manfaat buah naga merah yang terakhir yaitu dapat memperkuat tulang dan gigi. Yup! Buah naga memang memiliki kandungan kalsium yang tinggi loh KLovers. Dan kandungan kalsium inilah yang mampu memperkuat tulang dan juga gigi kalian.

Selain itu, organ jantung, otot, dan saraf juga memerlukan kalsium agar dapat berfungsi dengan baik. Kekurangan kalsium dalam tubuh dapat meningkatkan risiko osteoporosis. Jadi selain susu kalian bisa mengganti buah naga sebagai sumber kalsium harian yang baik dan sehat.

itulah kandungan dan manfaat buah naga bila dikonsumsi setiap hari. Bukan hanya memberikan nutrisi pada anak-anak dan orang dewasa saja, nyatanya buah naga juga dapat memberikan nutrisi pada ibu hamil serta lansia.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI