5 Bahan Alami Ini Bisa Jadi Bahan Pengganti Pasta Gigi, Sehat dan Efektif

Kamis, 22 Oktober 2020 09:33 Penulis: Dhia Amira
5 Bahan Alami Ini Bisa Jadi Bahan Pengganti Pasta Gigi, Sehat dan Efektif
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Pasta gigi memang menjadi salah satu hal yang penting bagi gigi, karena mampu membuat gigi terlihat lebih bersih dari kotoran. Namun ternyata selain pasta gigi, kalian juga bisa loh mengenakan bahan alami pengganti pasta gigi. Bahkan bahan alami pengganti pasta gigi ini pun juga cukup efektif untuk menjaga kekuatan dan kesehatan gigi.

Selain aman, bahan-bahan ini juga sangat baik untuk kesehatan gigi kalian loh. Selain itu untuk mendapatkan bahan alami pengganti pasta gigi ini juga tidak sulit, karena sangat mudah ditemukan di toko atau minimarket. Dan beberapa bahan tersebut nyatanya telah digunakan sejak lama, sebelum pasta gigi ditemukan seperti saat ini.

Kira-kira apa saja ya bahan alami yang menjadi pengganti dari pasta gigi? Dilansir dari berbagai sumber, yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Siwak

Pertama ada siwak yang menjadi salah satu bahan alami pengganti pasta gigi. Bagi umat muslim siwak merupakan salah satu bahan yang tidak asing lagi, karena salah satu sunnah yang disukai Nabi Muhammad SAW adalah dengan bersiwak.

Siwak memang menjadi salah satu jenis tanaman yang banyak dikenal di wilayah timur untuk membersihkan gigi. Siwak berasal dari ranting pohon arak yang diolah menyerupai serabut. Dan serabut inilah yang bisa kalian sikatkan pada gigi seperti mengenakan sikat gigi pada umumnya.

Siwak memiliki kandungan alami berupa alkaloid, silika, sodium bikarbonat, chloride, dan fluoride yang baik untuk gigi. Selain itu siwak juga mengandung bahan alami lain, seperti vitamin C, kalsium, sulfur, essential oil, dan tannin.

2. Daun Sirih

Kemudian ada daun sirih dan juga jeruk nipis, yang menjadi salah satu bahan alami yang dapat kalian gunakan sebagai pengganti pasta gigi. Daun sirih memang miliki berjuta manfaat, salah satunya yaitu untuk kesehatan gigi dan juga mulut. Hal ini karena daun sirih memiliki kandungan anti bakteri, tidak heran bila daun ini sangat populer sebagai salah satu bahan utama untuk pasta gigi.

Untuk mendapatkan manfaat daun sirih tersebut kalian bisa dengan merebus dahulu daun sirih, dan kemudian di kumur-kumurkan pada mulut kalian. Selain itu daun sirih juga bisa kalian gosokkan pada gigi kalian secara perlahan.

3. Garam dan Jeruk Nipis

Garam dan jeruk nipis juga menjadi salah satu bahan alami yang dapat membersihkan gigi kalian loh KLovers. Dan nyatanya bahan yang satu ini cukup efektif dalam membersihkan dan merawat gigi.

Hal ini karena garam memiliki mineral yang sangat tinggi, dan jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang tinggi pula. Itulah mengapa bila kedua kandungan tersebut disatukan akan membuat gigi kalian bersih dan terhindar dari karang gigi.

Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu memeras jeruk nipis, lalu air perasan tersebut diberi taburan garam. Setelah itu, campuran tersebut diaduk rata dan kemudian digosokkan ke area gigi secara perlahan.

4. Minyak Kelapa

Siapa bilang minyak kelapa tidak bisa digunakan untuk membuat gigi menjadi lebih bersih? Bukan hanya dapat membuat rambut menjadi lebih kuat, nyatanya minyak kelapa juga mampu menjadi pembersih gigi secara alami loh KLovers.

Hal ini karena minyak kelapa memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya yaitu anti jamur dan anti bakteri yang baik bagi kondisi gigi dan mulut kalian. Tetapi gunakan minyak kelapa murni ya KLovers, minyak dengan warna yang bening. Saat ini sudah banyak sekali produk minyak kelapa yang bisa kalian gunakan untuk membersihkan gigi.

5. Arang

Dan bahan alami pengganti pasta gigi yang terakhir yaitu ada arang. Yup! Bukan hal yang asing lagi bila arang menjadi salah satu bahan yang sering dijadikan pengganti pasta gigi, bahkan bahan ini sudah digunakan oleh orang-orang sejak lama dalam membersihkan dan membuat gigi terlihat lebih putih.

Hal ini karena arang dapat membantu mengeluarkan racun dan juga bakteri di dalam mulut. Selain itu arang bekerja secara efektif untuk membantu membersihkan dan memutihkan gigi. Kalian bisa menggunakan arang bubuk yang aman untuk digunakan.

Namun bila kalian berniat untuk mengenakan arang, maka ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter ya KLovers. Hal ini karena, ditakutkan zat kasar pada arang dapat berdampak di gusi dan enamel gigi.

Itulah 5 bahan alami yang dapat menggantikan pasta gigi kalian sehari-hari. Bahan-bahan tersebut sangat alami, dan akan sangat aman bila digunakan, bahkan dapat memberikan nutrisi pada gigi kalian. Selamat mencoba.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI