8 Manfaat Kulit Buah Naga untuk Kesehatan, Sumber Antioksidan Tinggi - Cegah Kanker

Penulis: Nurul Wahida

Diterbitkan:

8 Manfaat Kulit Buah Naga untuk Kesehatan, Sumber Antioksidan Tinggi - Cegah Kanker
Manfaat kulit buah naga (credit: freepik.com)

Kapanlagi.com - Segar dan manis menjadi ciri khas dari buah naga yang banyak digemari masyarakat. Selain daging buahnya yang nikmat, manfaat kulit buah naga juga sangat baik bagi kesehatan. Diantaranya kulit buah naga punya sumber antioksidan tinggi yang berguna mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Buah naga merupakan salah satu buah tropis yang cukup banyak dijumpai di berbagai negara termasuk Indonesia. Buah ini memiliki beberapa nama lain berdasarkan jenis warna daging hingga kulitnya. Diantaranya seperti Hylocereus Undatus, Hylocereus Polyrhizus, Selenicereus Megalanthus, dan Hylocereus Costaricensis.

Rasa segar dan nikmat pada buah naga sangat cocok dibuat jus dan minuman untuk mengatasi dahaga. Namun selain daging buahnya yang bisa dimanfaatkan sebagai makanan dan minuman, kulit buah naga diketahui dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Sebagian masyarakat mungkin tidak banyak mengetahui manfaat kulit buah naga bagi kesehatan. Sehingga banyak dari mereka kerap membuang begitu saja kulit buah naga karena tak mengetahui manfaatnya.

Lalu apa saja manfaat kulit buah naga untuk kesehatan tubuh?

Adapun manfaat kulit buah naga untuk kesehatan tubuh dapat diperoleh dari kandungan nutrisinya diantaranya memiliki antioksidan cukup tinggi. Berikut 8 manfaat kulit buah naga untuk kesehatan tubuh bersumber dari merdeka.com, kitchenicious.com.

 

1. Sumber Antioksidan Tinggi

Salah satu manfaat kulit buah naga untuk kesehatan tubuh adalah karena kandungan antioksidan cukup tinggi dalam kulitnya. Seperti diketahui antioksidan bermanfaat untuk menangkal paparan radikal bebas yang menyerang tubuh.

Dalam kulit buah naga mengandung senyawa anthocyanin yang merupakan sumber antioksidan. Anthocyanin sendiri memiliki beberapa manfaat kesehatan seperti membantu mengurangi risiko diabetes, zat antikanker, dan mencegah penyakit kardiovaskular.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Mencegah Risiko Kanker

Selain mengandung sumber antioksidan tinggi, manfaat kulit buah naga juga bisa mencegah risiko penyakit kanker pada kesehatan tubuh. mengutip dari merdeka.com bersumber dari hasil penelitian kulit buah naga diketahui mengandung beberapa kandungan nutrisi seperti vitamin C dan mineral yang bisa membantu terkena risiko kanker.

Sedangkan mengutip dari kitchenicious.com dari sebuah studi menyebutkan bahwa kandungan anthocyanin dalam buah naga dapat membantu mencegah kanker. Namun penelitian ini dilakukan dengan meneliti kandungan anthocyanin dalam buah raspberry dan blueberry.

3. Mengobati Tumor

segera diatasi. Mengutip dari halodoc.com munculnya tumor dapat disebabkan oleh kelainan genetika, gaya hidup tak sehat, paparan radiasi, polusi udara, kelebihan berat badan, dan paparan sinar matahari berlebihan.

Secara medis tumor dibagi dalam dua jenis yakni tumor jinak dan tumor ganas. Pada umumnya tumor jinak dapat diatasi dengan jalan operasi. Sedangkan tumor ganas diketahui cenderung lebih berisiko dibanding tumor jinak hingga memiliki peluang untuk muncul Kembali.

Namun dengan penanganan segara penyakit tumor bisa dikendalikan meski dengan cara alami. Salah satunya bisa diperoleh dari manfaat kulit buah naga untuk kesehatan tubuh diketahui dapat mencegah tumor.

Mengutip dari kitchenicious.com bersumber dari penelitian diterbitkan di US National Library of Medicine mengenai kandungan anthocyanin dalam raspberry menghasilkan data bisa digunakan untuk mencegah tumor. Namun penelitian ini hanya dilakukan dengan subjeknya pada hewan tikus. Meski begitu kandungan anthocyanin pada kulit buah naga perlu dikembangkan lagi untuk dilakukan penelitian pada manusia.

4. Melenturkan Pembuluh Darah

Manfaat kulit buah naga untuk kesehatan dapat juga berguna untuk melenturkan pembuluh darah. Dimana kandungan dalam kulit buah naga diketahui memiliki kandungan taraxast, pentasiklik, dan triyepene. Senyawa tersebut bisa membantu melenturkan pembuluh darah dan menjaga sirkulasinya tetap terjaga.

Adapun apabila seseorang mengalami penyempitan pembuluh darah beberapa masalah kesehatan dapat saja terjadi. Misalnya saja penyakit yang berhubungan dengan daya pacu jantung yakni kardiovaskuler.

Mengutip dari kitchenicious.com kandungan anhocyanin dalam kulit buah naga dapat memberikan perlindungan dari stress oksidatif, menjaga akadar kolesterol, dan meningkatkan metabolisme tubuh.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Bukan saja untuk menjaga kesehatan tubuh bagian luar, manfaat kulit buah naga juga bisa menjaga kesehatan kulit. Adapun manfaat yang diperoleh dari kulit buah naga diantaranya seperti mengatasi kulit kusam, kering, kulit tampak halus, dan mencegah penuaan dini.

Sebab, kandungan dalam kulit buah naga diketahui miliki zat antioksidan tinggi sekaligus terdapat vitamin C dan vitamin E. Beberapa kandungan tersebut tentunya kerap digunakan sebagai perawatan kulit. Untuk mendapatkannya kulit buah naga dapat digunakan sebagai masker untuk wajah.

6. Mengatasi Ketombe

Masalah rambut yang kerap muncul seperti ketombe dapat diatasi dengan memanfaatkan kulit buah naga. Adapun cara menggunakan kulit buah naga ini bisa dilakukan dengan menghaluskan kulit buah naga dan mengoleskannya pada kepala. Selain untuk mengatasi ketombe, kulit buah naga juga bisa mencegah kerusakan rambut.

7. Pewarna Makanan Alami

Di luar dari manfaat kulit buah naga untuk kesehatan tubuh, kulit buah naga juga bisa digunakan sebagai pewarna alami makanan. Seperti diketahui pewarna alami tersebut lebih sehat dikonsumsi. Warna merah pada kulit buah naga sangat cocok untuk ditambahkan dalam kue, minuman, ataupun olahan makanan lainnya.

8. Tinggi Serat

Manfaat kulit buah naga bagi kesehatan selanjutnya adalah memiliki kandungan serat tinggi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Seperti diketahui makanan berserat dapat menjaga kesehatan pencernaan dan juga membuat kenyang lebih lama. Sehingga dapat membantu menjaga berat badan tetap seimbang.

Nah itulah 8 manfaat kulit buah naga untuk kesehatan tubuh miliki sumber antioksidan tinggi hingga cegah kanker. Selain itu kalian juga bisa konsumsi kulit buah naga dengan membuatnya seperti teh kemudian diseduh. Beberapa resep lainnya juga bisa menumis kulit buah naga seperti sayur pada umumnya.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending