8 Makanan Pantangan Bagi Penderita Asam Lambung, Ketahui Biar Tak Mudah Kambuh

Kamis, 25 Juni 2020 15:11 Penulis: Nurul Wahida
8 Makanan Pantangan Bagi Penderita Asam Lambung, Ketahui Biar Tak Mudah Kambuh
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Sakit asam lambung cukup banyak dialami oleh setiap orang. Biasanya saat mengalami asam lambung naik perut akan terasa sakit dan nyeri. Sebagian besar naiknya asam lambung dapat berasal dari konsumsi makanan dan minuman. Untuk itu ada sederet makanan pantangan bagi penderita asam lambung yang perlu dihindari.

Asam lambung merupakan salah satu gangguan kesehatan yang terjadi pada sistem pencernaan. Mengutip dari halodoc.com, penyebab naiknya asam lambung tersebut terdapat beberapa faktor diantaranya konsumsi makanan dan minuman tidak sehat, obesitas, dan stres.

Melihat faktor penyebab tersebut, bagi penderita asam lambung disarankan untuk menghindari sejumlah makanan dan minuman yang disinyalir bisa membuat naiknya asam lambung. Sebab, makanan yang dikonsumsi miliki peran lebih besar menyebabkan asam lambung kambuh. Sehingga salah satu cara untuk mengatasi agar asam lambung tak kambuh lagi adalah memerhatikan pola makan.

Lalu apa saja makanan pantangan bagi penderita asam lambung?

Adapun makanan pantangan bagi penderita asam lambung terdapat dalam beberapa poin di bawah ini. Memerhatikan makanan yang dikonsumsi memang sangat dianjurkan bagi penderita asam lambung agar tak mudah kambuh. Berikut makanan pantangan bagi penderita asam lambung yang harus dihindari bersumber dari merdeka.com, hellosehat.com, gastroconsa.com.

 

1. Cokelat

Makanan pantangan bagi penderita asam lambung yang harus dihindari agar tak mudah kambuh salah satunya adalah cokelat. Meski cokelat menjadi makanan paling enak dan digemari banyak orang rupanya bagi penderita asam lambung sebaiknya menghindari makanan manis ini.

Sebab kandungan kafein dan adanya bahan methyxanthine dalam cokelat diketahui bisa memicu asam lambung naik. Sehingga menghindari konsumsi cokelat bagi penderita asam lambung perlu dilakukan agar tak membuat asam lambung kembali kambuh.

2. Susu

Selain cokelat dengan rasanya yang manis, susu juga menjadi makanan selanjutnya pantangan bagi penderita asam lambung. Mengutip dari penelitian yang dilakukan oleh Arikah, Lailatul Muniroh berjudul "Riwayat Makanan Yang Meningkatkan Asam Lambung sebagai Faktor Risiko Gastritis" pada 2015 menghasilkan data bahwa susu yang tinggi lemak miliki risiko lebih besar pada penderita gastritis.

Penelitian ini diuji coba pada responden yang sering konsumsi susu dengan frekuensi mingguan hingga harian. Sedangkan pada uji coba dengan jumlah konsumsi susu lebih rendah tidak menunjukkan peningkatan gastritis dengan catatan susu dikonsumsi tidak bersamaan dengan makanan berat. Sebab hal ini akan membuat lambung bekerja lebih berat dan memicu peningkatan asam lambung.

3. Makanan Pedas

Makanan pantangan bagi penderita asam lambung yang harus dihindari selanjutnya yakni makanan pedas. Makanan pedas sendiri sudah bukan rahasia lagi untuk tidak dikonsumsi bagi individu dengan tingkat asam lambung tinggi.

Kandungan capsaicin dalam cabe diketahui bisa membuat kinerja pencernaan lebih lambat. Selain itu makanan pedas juga dapat memicu sakit perut dan diare. Untuk itulah makanan ini sebaiknya dihindari bagi penderita asam lambung.

4. Makanan Tinggi Lemak

Makanan tinggi lemak bukan saja dapat meningkatkan produksi asam lambung melainkan juga dapat memicu beberapa masalah kesehatan lainnya. Untuk sakit asam lambung diketahui makanan berlemak ini bisa membuat kinerja pencernaan lebih lama sehingga memicu asam lambung naik.

Selain itu makanan berlemak, diketahui bisa merangsang lepasnya hormon cholecystokinin yang bisa menyebabkan asam lambung naik. sederet makanan berlemak diantaranya seperti susu, daging merah, kue, dan es krim.

5. Makanan Asam

Makanan pantangan bagi penderita asam lambung yang lainnya adalah makanan dengan rasa asam. Bukan saja hanya makanan, melainkan minuman asam juga perlu dihindari. Sebab makanan dan minuman asam ini disinyalir bisa memicu peningkatan asam lambung. Sederet makanan dan minuman asam tersebut diantaranya seperti tomat, nanas, saus salad, ataupun lainnya yang miliki rasa asam cukup tinggi.

6. Bawang-Bawangan

Sederet bentuk bahan makanan bawang juga menjadi pantangan bagi penderita asam lambung. Diantaranya termasuk bawang putih, bawang merah, dan bawang Bombay disinyalir bisa memicu peningkatan asam lambung.

Sebab bawang tersebut bisa menyebabkan mulas pada perut hingga memunculkan sakit apabila dikonsumsi secara mentah. Termasuk dapat merangsang produksi asam lambung berlebihan.

7. Soda

Soda juga menjadi makanan pantangan bagi penderita asam lambung. Sebab soda merupakan minuman berkarbonasi yang bisa memicu naiknya asam lambung. Kandungan kafein juga diketahui terdapat dalam minuman soda yang tidak dianjurkan dikonsumsi penderita maag.

8. Alkohol

Selain soda, alkohol juga tergolong minuman penyebab asam lambung naik dan memicu sakit maag. Mengutip dari hellosehat.com bersumber dari sebuah penelitian mengungkapkan bahwa alkohol dapat membuat otot katup kerongkongan melemah. Sehingga memicu rasa terbakar pada dada akibat naiknya asam lambung. Selain itu konsumsi alkohol juga tidak baik bagi kesehatan yang bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Nah itulah 8 makanan pantangan bagi penderita asam lambung biar tak mudah kambuh lagi. Apabila mengalami asam lambung naik dengan waktu yang cukup lama dan frekuensi sering sebaiknya segera konsultasikan kepada dokter untuk diketahui solusi tepatnya.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI