Ketahui 8 Penyebab Terlambat Haid yang Jarang Disadari, Bisa Akibat Stres - Perubahan Berat Badan

Rabu, 05 Agustus 2020 11:33 Penulis: Nurul Wahida
Ketahui 8 Penyebab Terlambat Haid yang Jarang Disadari, Bisa Akibat Stres - Perubahan Berat Badan
Ilustrasi penyebab terlambat haid yang jarang disadari, bisa akibat stres hingga perubahan berat badan (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Bagi seorang perempuan terlambat haid atau datang bulan kerap membuat khawatir. Sebab sebagian dari mereka berpikir apabila terlambat haid bisa menjadi suatu tanda gejala ketidaknormalan dalam organ reproduksi. Namun rupanya ada sejumlah penyebab terlambat haid yang jarang disadari perempuan.

Haid merupakan kondisi normal yang dialami setiap perempuan saat sudah memasuki masa puber. Biasanya masa puber tersebut terjadi antara usia 12 hingga 13 tahun. Namun kondisi tersebut dapat berbeda pada tiap perempuan dimana ada yang sudah mendapat haid pertama di bawah usia 12 tahun atau justru di atas 13 tahun.

Saat sudah memasuki masa haid sejumlah masalah kerap dialami sebagian perempuan. Mulai dari rasa nyeri berlebih hingga keterlambatan haid. Untuk perempuan yang masih lajang, keterlambatan haid kerap membuat khawatir sebab sebagian besar dari mereka menganggap datang bulan terlambat erat kaitannya dengan masa kehamilan.

Namun cukup banyak juga perempuan dibuat khawatir lantaran berpikir menjadi tanda gejala ketidaknormalan organ reproduksi hingga gejala penyakit tertentu. Meski begitu penting untuk mengetahui beberapa penyebab terlambat haid yang jarang disadari sebagian perempuan agar tak keliru serta mendapat penanganan lanjutan.

Lalu apa saja penyebab terlambat haid yang jarang disadari?

Adapun penyebab terlambat haid yang jarang disadari terangkum dalam beberapa poin di bawah ini. Tentunya dengan mengetahui penyebab terlambat haid tersebut dapat menjadi informasi penting dan penanganan tepat terkait keterlambatan datang bulan. Berikut 8 penyebab terlambat haid yang jarang disadari perempuan bersumber dari healthline.com, medicalnewstoday.com, dan verywellhealth.com.

1. Stres

Penyebab terlambat haid yang jarang disadari perempuan serta cukup sering terjadi adalah karena stres. Stres sendiri merupakan salah satu masalah kesehatan yang tak bisa dianggap sepele. Sebab, ada sejumlah masalah kesehatan yang bisa muncul karena stres berlebih. Termasuk memengaruhi jadwal menstruasi tiap bulannya yang bisa terlambat.

Mengutip dari healthline.com, dimana pengaruh tersebut dapat terjadi lantaran saat seorang mengalami stres dapat membuang hormon bahkan dapat memengaruhi bagian otak yang berfungsi untuk mengatur haid yakni bernama hipotalamus. Selain itu dilansir dari sumber lain stres ini juga dapat berpengaruh pada produksi hormon Pelepas gonadotropin yang bisa mengganggu masa menstruasi tiap bulannya.

Tak hanya itu saja, stres ini juga bisa menyebabkan perubahan berat badan mendadak hingga berdampak pada siklus menstruasi. Untuk itu melakukan aktivitas relaksasi agar menenangkan pikiran atau menurunkan tingkat stres perlu dilakukan supaya tak berpengaruh pada siklus haid.

2. Perubahan Berat Badan

Umumnya perubahan berat badan sebagian besar dipengaruhi oleh asupan makanan dalam tubuh. Namun rupanya perubahan berat badan yang terjadi secara tiba-tiba dapat menjadi penyebab terlambat haid yang jarang disadari perempuan.

Sebab saat seorang perempuan mengalami perubahan berat badan tersebut beberapa hormon dalam tubuh diyakini dapat berubah hingga memengaruhi siklus menstruasi. Sebut saja saat mengalami tingkat penurunan berat badan seseorang memilki tubuh kurus dengan berat badan tak normal. Kondisi ini bisa membuat mereka mungkin mengalami keterlambatan haid.

Hal yang sama juga dapat terjadi pada kenaikan berat badan yang menyebabkan perubahan hormon. Untuk itu menjaga berat badan tetap normal dan seimbang perlu dilakukan agar tidak mengalami perubahan hormon yang bisa berpengaruh pada siklus menstruasi. Namun diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk melihat penyebab pasti secara medis terkait keterlambatan haid tersebut.

3. Ketidakseimbangan Hormon

Penyebab terlambat haid yang jarang disadari perempuan selanjutnya adalah ketidakseimbangan hormon. Dimana ketidakseimbangan hormon ini juga berpengaruh besar terhadap siklus menstruasi perempuan. Sejumlah hormon yang memengaruhi masa menstruasi diantaranya seperti prolaktin atau hormon tiroid. Kondisi ini perlu dilakukan pengecekan lebih lanjut untuk mengetahui secara pasti penyebab keterlambatan menstruasi tersebut serta mendapat solusi dari dokter ahli.

4. Perimenopause

Penyebab terlambat haid yang jarang disadari lainnya adalah lantaran seorang perempuan sudah memasuki masa perimenopause. Dimana masa perimenopause ini rata-rata terjadi pada usia 45 hingga 55 tahun.

Sebab saat memasuki perimenopause seorang perempuan mengalami penurunan hormon estrogen hingga mengalami masa haid tak teratur. Sejumlah gejala perimenopause diantaranya seperti terjadi gangguan tidur, mengalami haid tak teratur, vagina kering, serta mudah emosional. Pemeriksaan lebih lanjut perlu dilakukan 

5. Penyakit Kronis

Penyakit kronis juga bisa menjadi penyebab terlambat haid yang jarang disadari perempuan. Sejumlah penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit celiac bisa berpengaruh pada keterlambatan haid. Sebab saat mengalami sejumlah penyakit kronis tersebut dapat memengaruhi perubahan hormon tubuh. Seperti penyakit diabetes yang erat kaitannya dengan perubahan gula darah hingga menyebabkan haid terlambat.

Begitu pula dengan penyakit celiac yang bisa menyebabkan kerusakan pada usus kecil. Sehingga berpengaruh pada siklus menstruasi. Bukan hanya itu saja sejumlah penyakit seperti kista ovarium, disfungsi hati , gagal ginjal, jantung juga bisa pengaruh pada perubahan hormon dan siklus menstruasi.

6. Menyusui

Menyusui juga menjadi penyebab seorang perempuan mengalami keterlambatan haid. Sebab menyusui merupakan kondisi alamiah yang terjadi pada perempuan setelah melahirkan bayi. Gangguan siklus menstruasi ini memang normal terjadi pada perempuan atau disebut sebagai amenore laktasional. Haid akan kembali normal setelah beberapa bulan.

7. Olahraga Berat

Olahraga memang bagus bagi tubuh agar kesehatannya tetap terjaga. Namun jika dilakukan secara berlebihan tentunya dapat berpengaruh pada masalah kesehatan salah satunya adalah gangguan siklus menstruasi. Dimana seorang yang melakukan olahraga atau aktivitas berat ini bisa menyebabkan kadar estrogen menurun dan lebih rendah. Kondisi ini juga biasa disebut dengan amenore sekunder.

8. Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)

Penyebab terlambat haid yang jarang disadari perempuan selanjutnya adalah karena sindrom ovarium polikistik. Dimana kondisi ini menyebabkan ketidakseimbangan hormon tubuh dan berpengaruh pada siklus haid. Salah satu gejala umum yang bisa menandakan adanya PCOS salah satunya adalah periode haid yang tidak teratur, gangguan kesehatan kulit, obesitas, gangguan hamil, serta muncul rambut berlebih pada tubuh. Namun setiap perempuan menunjukkan gejala yang berbeda serta bervariasi. Konsultasi dengan tenaga ahli diperlukan untuk mengatasi masalah kesehatan tersebut.

Nah itulah 8 penyebab terlambat haid yang jarang disadari perempuan bisa akibat stres hingga perubahan berat badan. Apabila mengalami siklus haid tidak teratur secara berkepanjangan, konsultasi dengan dokter diperlukan untuk mengatasi gangguan kesehatan tersebut.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI