Jadi Menu Sarapan yang Praktis dan Bergizi, Ini 7 Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan

Selasa, 04 Agustus 2020 17:22 Penulis: Puput Saputro
Jadi Menu Sarapan yang Praktis dan Bergizi, Ini 7 Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan
Manfaat oatmeal (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Sarapan atau makan pagi jadi kegiatan penting yang sebaiknya tidak dilewatkan. Sarapan jadi momen untuk mengisi energi sebelum mulai beraktivitas seharian. Sarapan memang baik untuk kesehatan, tapi akan lebih bermanfaat jika menu makanan yang dipilih mengandung banyak nutrisi. Oatmeal jadi salah pilihan menu sarapan banyak orang. Terbuat dari oats yang bebas lemak jenuh, ada banyak manfaat oatmeal untuk kesehatan.

Selain menyehatkan, oatmeal juga banyak difavoritkan karena praktis, tinggal diseduh dengan air panas. Oatmeal yang rasanya hambar juga mudah dicampurkan dengan bahan lainnya, seperti madu, potongan buah, hingga jus. Dengan begitu, sarapan dengan oatmeal selalu memberikan sensasi yang berbeda. Itulah mengapa oatmeal begitu banyak digemari.

Di balik kepraktisannya, berikut beberapa manfaat oatmeal untuk kesehatan, dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Kaya Antioksidan

Sebagai salah satu pilihan menu sarapan sehat, oatmeal yang berasal dari oats mengandung banyak antioksidan polifenol dan avenanthramides. Sebagaimana yang kita tahu, antioksidan dalam tubuh berfungsi sebagai penghalau radikal bebas yang bisa menyebabkan penyakit, seperti kanker dan penyakit berbahaya lainnya. Dengan begitu, secara tidak langsung mengonsumsi oatmeal yang kaya akan antioksidan juga akan meningkatkan daya tahan tubuh.

Sementara senyawa avenanthramides merupakan kandungan yang khas dan umumnya hanya terdapat pada gandum. Senyawa ini bermanfaat dalam meningkatkan produksi asam nitrat, sehingga secara tidak langsung akan melebarkan pembuluh darah, menjaga kelancaran aliran darah, menurunkan tekanan darah yang tinggi, bahkan mengurangi peradangan.

2. Mengandung Banyak Serat

Selain antioksidan, oatmeal juga kaya akan serat. Dilansir dari healthline.com, serat dalam oatmeal mengandung beta glucan. Kandungan ini membuat serat pada oatmeal sangat ramah dan baik untuk kesehatan karena mudah terlarut dalam air. Selain itu, serat pada oatmeal juga masih punya keistimewaan lainnya. Dalam usus, beta glucan akan berfungsi seperti gel yang dipercaya akan melancarkan sekaligus menyehatkan sistem pencernaan.

3. Turunkan Berat Badan

Banyak orang menggunakan oatmeal sebagai menu diet andalan. Ternyata hal tersebut bukanlah sebatas tren semata. Sebab, oatmeal memang tergolong jenis makanan yang rendah akan kalori, sehingga manfaat oatmeal untuk menurunkan berat badan bukanlah isapan jempol belaka. Selain itu, serat pada oatmeal yang mengandung betaglukan juga dipercaya bakal membuat seseorang jadi lebih awet merasa kenyang.

Oatmeal tak hanya baik dikonsumsi saat diet. Makanan sehat ini bisa jadi salah satu cara menurunkan berat badan secara konstan agar terhindar dari obesitas.

4. Mengontrol Kolesterol

Kolesterol jadi salah satu ancaman bagi kesehatan, terutama untuk organ jantung. Pasalnya, kolesterol merupakan salah satu pemicu dari serangan jantung. Sementara, serangan jantung menjadi salah satu penyakit yang paling mematikan. Artinya, untuk menjaga kesehatan jantung salah satunya bisa dilakukan dengan mengontrol kolesterol dalam tubuh.

Untungnya, oatmeal merupakan salah satu jenis makanan yang mempunyai khasiat tersebut. Serat yang mengandung beta glucan dalam oatmeal dipercaya bakal efektif mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, serat dengan beta glucan juga diyakini akan ekskresi empedu yang kaya kolesterol. Dengan begitu, kadar kolesterol dalam darah akan lebih berkurang.

5. Turunkan Kadar Gula Darah

Selain kolesterol, diabetes juga jadi momok penyakit yang banyak ditakuti. Diabetes bisa terjadi karena penumpukan kadar gula darah dalam tubuh yang terlalu tinggi. sementara, sensitivitas pada hormon insulin justru menurun. Jangan khawatir, jadi salah satu jenis makanan yang bisa cegah diabetes, khususnya diabetes tipe 2.

Dengan kandungan serat beta glucan, oat dipercaya punya kemampuan untuk menurunkan kolesterol tubuh. Selain itu, kandungan dalam oat juga diyakini bisa meningkatkan situasi hormon isulin.

6. Baik untuk Pencernaan

Kandungan serat yang cukup banyak pada oatmeal juga berfungsi baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Sudah jadi rahasia umum bahwa serat berguna untuk melancarkan pencernaan. Mengonsumsi oatmeal secara rutin dipercaya bisa menjauhkan seseorang dari gangguan pencernaan seperti sembelit. Bahkan, dilansir dari healthline.com, oatmeal diyakini sangat baik dan cocok untuk dikonsumsi oleh lansia, karena akan menyehatkan pencernaan dan lebih menjauhkan mereka dari sembelit.

7. Mencegah Asma

Asma jadi salah satu penyakit bawaan yang kerap diderita oleh cukup banyak orang. Penyakit ini biasa dialami sejak masih kecil dan bisa kambuh walaupun sudah beranjak dewasa. Secara umum asma merupakan gangguan peradangan pada saluran udara ke paru-paru. Oleh karena itu, penderita asma mengalami gangguan sulit bernapas atau sesak.

Sebuah penelitian mengungkap jenis makanan yang diberikan pada anak akan berpengaruh pada kelangsungan penyakit asma yang dia derita. Makanan padat yang berasal dari gandum dan oats dipercaya bersifat protektif terhadap penyakit asma. Bahkan, disebutkan pula bahwa memberikan gandum pada bayi 6 bulan dipercaya bakal menurunkan risiko asma.

Itulah di antaranya beberapa manfaat oatmeal untuk kesehatan. Bagaimana apakah kalian juga termasuk penggemar oatmeal?

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI