7 Manfaat Saffron untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Atasi Stres - Mengontrol Nafsu Makan

Selasa, 04 Agustus 2020 09:33 Penulis: Nurul Wahida
7 Manfaat Saffron untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Atasi Stres - Mengontrol Nafsu Makan
Manfaat saffron (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Saffron menjadi salah satu tanaman herbal yang cukup banyak digunakan untuk mengatasi sejumlah masalah kesehatan. Sederet manfaat saffron untuk kesehatan tubuh dapat diperoleh dari berbagai kandungan nutrisi di dalamnya yang cukup banyak atasi masalah tubuh. Nggak heran apabila saffron juga tak kalah populer dari tanaman herbal lainnya seperti kunyit dan jahe.

Saffron merupakan sejenis tanaman herbal atau rempah yang berasal dari putih bunga Crocus sativus. Dimana putik bunga tersebut telah mengalami pengeringan hingga hasilkan rempah saffron yang kerap digunakan untuk berbagai hidangan makanan di daerah Eropa. Saffron sendiri memiliki warna merah dan orange yang sangat khas hingga sering juga digunakan sebagai bahan pewarna.

Di Indonesia sendiri saffron mulai banyak dikenal publik dan kerap menjadi salah satu tanaman herbal populer untuk mengatasi sejumlah masalah kesehatan. tak hanya kesehatan tubuh, manfaat saffron juga menawarkan cukup banyak khasiat bagi kecantikan kulit.

Namun memang biasanya saffron ini dibanderol dengan harga cukup tinggi hingga banyak menyebut tanaman rempah saffron rempah mahal. Sebab yang terbaru satu gram saffron ditaksir mulai dari Rp 100.000 bahkan ada pula yang lebih tinggi dari itu. Namun harga tersebut juga tergantung dari kualitas saffron serta asal putik bunga tersebut diimpor.

Lalu apa saja manfaat saffron untuk kesehatan tubuh?

Adapun manfaat saffron untuk kesehatan tubuh terangkum dalam beberapa poin di bawah ini. Tentunya dengan mengetahui manfaat saffron untuk kesehatan tubuh dapat menjadi referensi mengatasi masalah tubuh yang bisa diperoleh dari putih bunga saffron. Berikut 7 manfaat saffron untuk kesehatan tubuh bersumber dari healthline.com dan food.ndtv.com.

 

1. Atasi Stres

Manfaat saffron untuk kesehatan tubuh salah satunya dapat mengatasi stres. Dimana stres ini merupakan salah satu kondisi kesehatan yang tak bisa dianggap sepele. Sebab ada sejumlah dampak serius yang bisa ditimbulkan akibat berkepanjangan mengalami stres.

Namun rupanya saffron dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut hingga menurunkan tingkat stress termasuk depresi. Mengutip dari healthline, sebuah penelitian menemukan bahwa konsumsi 30 mg saffron setiap hari sama efektif dengan fluoxetine, imipramine dan citalopram. Dimana beberapa jenis obat-obatan tersebut kerap digunakan untuk mengatasi depresi dan stres.

Bukan hanya itu saja kandungan antioksidan dan neuroproteksi dalam saffron juga disinyalir memberikan efek serupa. Meski begitu diperlukan konsultasi dahulu dengan tenaga kesehatan apabila ingin menggunakan saffron sebagai obat atasi depresi dan stres.

2. Tinggi Antioksidan

Antioksidan memang sangat diperlukan tubuh terutama untuk melawan berbagai penyakit dan virus yang menyerang tubuh. Selain banyak ditemukan dalam sejumlah sayur serta buah, rupanya saffron juga terdapat kandungan antioksidan tinggi hingga mampu atasi beberapa masalah tubuh.

Mengutip dari healthline.com, beberapa antioksidan dalam saffron diantaranya crocin dan crocetin yang merupakan pigmen karotenoid serta dapat menjadi senyawa antidepresan, melindungi otak, mengurangi nafsu makan dan menurunkan berat badan. Sedangkan antioksidan safranal bisa membantu memperkuat memori dan melindungi otak dari stres oksidatif. Begitu pula dengan senyawa kaempferol yang terdapat di kelopak bunganya diyakini dapat mengurangi peradangan dan miliki sifat anti kanker.

3. Mengontrol Nafsu Makan

Manfaat saffron untuk kesehatan tubuh yang lainnya juga dapat digunakan sebagai pengontrol nafsu makan. Nafsu makan sendiri sangat berhubungan erat dengan berat badan yang cukup banyak diperhatikan sebagian orang.

Kandungan nutrisi dalam saffron rupanya dapat membantu mengontrol nafsu makan termasuk menurunkan badan. Sebab sebuah penelitian mengungkapkan konsumsi ekstrak saffron selama 8 minggu dapat membantu mengurangi rasa lapar dan kenyang lebih lama. Sehingga dapat membantu mengurangi berat badan tubuh. Tentunya saffron sangat cocok dikonsumsi untuk kalian yang tengah menjalankan program diet. Namun manfaat tersebut perlu ditinjau lebih jauh.

4. Mengurangi Gejala PMS

Bagi perempuan tentunya pernah mengalami PMS yang cukup banyak mengganggu aktivitas tubuh. Mulai dari munculnya rasa nyeri perut, sakit kepala, pinggang dan lain sebagainya tak bisa terpisahkan dari masa sebelum haid. Namun rupanya manfaat saffron bagi kesehatan tubuh dapat mengatasi gejala PMS tersebut dan redakan rasa nyerinya.

Mengutip dari healthline, sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi 30 mg saffron setiap hari pada wanita berusia 20 hingga 45 tahun dapat mengobati gejala PMS seperti nyeri, sakit kepala, mengidam serta emosi. Penelitian lain juga mengungkapkan bahwa saffron dapat membantu menurunkan hormon stress kortisol.

5. Mencegah Kanker

Manfaat saffron untuk kesehatan tubuh juga bisa mencegah kankerĀ  karena kandungan antioksidan tinggi di dalamnya. Sebab saffron diketahui miliki sifat antikanker yang bisa menekan pertumbuhan sel-sel kanker. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa saffron dapat bermanfaat membunuh sel-sel kanker pada usus besar dan menekan pertumbuhannya namun tidak memengaruhi sel normal lainnya.

Hasil yang sama juga menghasilkan data serupa bahwa sifat anti kanker dalam saffron juga berlaku untuk kulit, sumsum tulang, prostat, paru-paru, payudara, leher rahim dan lain sebagainya. Namun manfaat tersebut juga masih perlu dikembangkan oleh para peneliti untuk diuji coba pada manusia.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Tentunya kesehatan kulit tubuh cukup banyak diperhatikan setiap orang agar penampilan tetap menawan dan memesona. Salah satu cara menjaga kesehatan kulit tubuh rupanya dapat diperoleh dari manfaat saffron bagi kesehatan. Sebab kandungan senyawa dalam saffron bisa membuat kulit tubuh tetap sehat dan cantik hingga kerap jadi bahan utama beberapa produk kecantikan. Mulai dari mencerahkan kulit, mengatasi jerawat serta hilangkan lingkaran hitam mata bisa diatasi dengan penggunaan saffron sebagai produk perawatan alami kulit.

7. Meningkatkan Memori

Kandungan antioksidan dalam saffron juga bisa membantu meningkatkan sistem kerja otak. Termasuk meningkatkan daya ingat atau memori yang bisa jadi menurun seiring bertambahnya usia. Manfaat saffron untuk kesehatan tersebut juga bisa meringankan penyakit Alzheimer pada orang dewasa agar dapat meningkatkan kinerja otak salah satunya perkuat memori.

Nah itulah 7 manfaat saffron untuk kesehatan tubuh yang bisa diperoleh karena kandungan nutrisi di dalamnya. Mulai dari atasi stres hingga mengontrol nafsu makan. Namun tentunya untuk mendapat manfaat tersebut harus disertai dengan berbagai asupan serta gaya hidup sehat yang bisa menjaga kesehatan tubuh.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI