10 Cara Melancarkan Haid yang Sering Terlambat Secara Alami, Praktis dan Aman

Selasa, 19 Mei 2020 14:22 Penulis: Nurul Wahida
10 Cara Melancarkan Haid yang Sering Terlambat Secara Alami, Praktis dan Aman
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Haid yang sering terlambat sering membuat khawatir setiap perempuan. Terutama jika kerap mengalami haid yang tidak lancar. Rasa was was apabila memiliki risiko penyakit tertentu terkadang muncul di pikiran. Namun ada cara melancarkan haid yang sering terlambat secara alami.

Haid merupakan kondisi yang normal dialami setiap wanita. Dimana setiap wanita mengalami siklus haid setiap bulannya dengan kurun waktu normal antara 3 hingga 7 hari. namun siklus tersebut tidak sama dialami setiap wanita. Seperti ada yang mengalami siklus di awal bulan, di pertengahan bulan, ataupun akhir bulan.

Biasanya seorang wanita mengalami haid pertama pada usia antara 12 tahun. Meski memang ada juga seorang wanita yang mengalami haid pertama di bawah usia tersebut atau bahkan di atasnya. Namun terkadang banyak wanita yang mengalami siklus haid yang tidak lancar dengan kata lain datang lebih lambat.

Normalnya siklus haid yang normal terjadi selama 24 hingga 38 hari. Apabila terlambat atau terlalu cepat dari waktu tersebut dapat dikatakan haid mengalami ketidaklancaran. Haid yang sering terlambat dan terlalu cepat tersebut dapat disebabkan oleh berbagai faktor mulai dari psikologis hingga adanya penyakit tertentu.

Lalu bagaimana cara melancarkan haid yang sering terlambat?

Tentunya hal ini menimbulkan rasa khawatir pada setiap wanita jika mengalami haid yang tidak lancar. Adapun cara melancarkan haid yang sering terlambat dapat dilakukan secara alami. Mulai dari asupan sehat hingga mengganti pola hidup yang lebih baik. Berikut cara melancarkan haid yang sering terlambat dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Kendalikan Stres

Cara melancarkan haid yang sering terlambat salah satu caranya dapat dilakukan dengan mengendalikan stres. Sebab stres memiliki peran besar membuat haid yang tidak lancar. Di mana stres sangat berhubungan erat dengan hormon tubuh. Sehingga untuk melancarkan haid agar dapat teratur sebisa mungkin untuk mengendalikan stres.

2. Lakukan Meditasi

Meditasi merupakan proses relaksasi yang melibatkan pelepasan pikiran yang membebani atau mencemaskan. Dengan kata lain meditasi dilakukan untuk mencegah stress muncul dalam pikiran yang bisa mengganggu siklus haid.

Sehingga cara melancarkan haid yang sering terlambat secara alami dan aman diantaranya dapat melakukan meditasi. Meditasi ini bisa kalian lakukan dengan memilih tempat paling nyaman dan tenang sehingga kalian dapat merasa rileks. Kemudian posisikan tubuh seperti saat yoga dengan menarik dan menghembuskan napas secara dalam-dalam.

3. Hindari Begadang

Cara melancarkan haid yang sering terlambat secara alami selanjutnya adalah dengan menghindari begadang. Seperti yang diketahui begadang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan termasuk dapat mengacaukan siklus haid.

Setidaknya kalian harus memiliki waktu istirahat cukup agar tubuh dan pikiran tetap stabil. Usahakan untuk istirahat selama 7 hingga 8 jam sehari dengan tidur. Selain itu kalian juga harus menghindari aktivitas yang terlalu berat atau yang cepat membuat tubuh Lelah.

4. Konsumsi Wortel

Wortel selain dipercaya sangat baik untuk mata dengan kandungan vitamin A, ternyata juga bisa digunakan sebagai cara melancarkan haid yang sering terlambat secara alami. Kalian dapat mengonsumsi wortel dalam bentuk jus ataupun untuk sayur.

Konsumsilah wortel tersebut secara rutin hingga siklus haid Kembali normal. Serta hindari penambahan gula agar kandungan nutrisi wortel tetap terjaga.

5. Kunyit

Kunyit memang sering dipercaya untuk melancarkan haid yang sering terlambat begitu pula sebaliknya. Bahkan kunyit juga bermanfaat untuk mengatasi rasa sakit yang biasanya muncul saat sedang haid.

Sebab kandungan anti oksidan dan anti inflamasi dalam kunyit mampu melancarkan haid. Sehingga kunyit bisa dijadikan cara melancarkan haid yang sering terlambat secara alami. Kalian dapat membuatnya sendiri ataupun membelinya di pasaran.

6. Minum Jahe

Cara melancarkan haid yang sering terlambat secara alami juga bisa diatasi dengan minuman jahe. Sebab kandungan nutrisi dalam jahe diyakini dapat mengembalikan siklus normal haid. Kalian dapat membuat minuman jahe yang dicampur dengan madu secara rutin.

7. Air Kelapa Hijau

Air kelapa hijau rupanya juga dapat melancarkan haid yang sering terlambat agar Kembali normal. Tentunya selain segar air kelapa hijau juga bisa mengatasi masalah kesehatan lainnya. Kalian dapat mengonsumsi air kelapa hijau yang segar secara rutin hingga siklus haid Kembali normal.

8. Air Daun Pepaya

Air rebusan daun pepaya yang biasanya dibuat sebagai jamu juga bisa digunakan untuk melancarkan haid yang sering terlambat. Sebab kandungan nutrisi seperti vitamin A, B, C, D, serta kalsium dapat secara alami dan aman melancarkan haid yang tidak normal.

Kalian dapat merebus air daun pepaya yang kemudian dicampurkan dengan asam jawa. Rutinlah konsumsi air rebusan daun pepaya sampai haid berjalan normal.

9. Terapkan Asupan Makanan Sehat

Cara melancarkan haid yang sering terlambat juga bisa diatasi dengan menerapkan asupan makanan sehat. Makanan sehat tersebut seperti sayur, buah, serta kacang-kacangan. Di mana kandungan nutrisi dalam makanan sehat tersebut sangat baik untuk melancarkan haid serta baik untuk kesehatan tubuh.

Cobalah untuk menerapkan hidup yang sehat dengan konsumsi asupan tersebut. Sehingga siklus haid dapat kembali normal. Tentunya lebih aman sebab dilakukan secara alami dengan penerapan hidup yang sehat.

10. Banyak Minum Air Putih

Air putih selain dapat melancarkan haid yang terganggu juga sangat baik untuk tubuh. sehingga kalian yang mengalami haid terlambat atau terlalu cepat perbanyak minum air putih bisa membantu memperlancar siklus haid kembali normal.

Nah itulah 10 cara melancarkan haid yang sering terlambat secara alami dan aman. Apabila masalah haid tidak dapat teratasi dengan cara alami tersebut segera untuk menghubungi fasilitas kesehatan agar mendapatkan penanganan yang tepat.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI