Lebih Sehat, Ini 8 Bahan Penyedap Rasa Alami Pengganti MSG

Sabtu, 17 Oktober 2020 11:22 Penulis: Puput Saputro
Lebih Sehat, Ini 8 Bahan Penyedap Rasa Alami Pengganti MSG
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Penyedap rasa jadi salah satu bumbu yang sering digunakan saat memasak. Di kalangan masyarakat kita penyedap rasa lebih dikenal dengan istilah MSG (monosodium glutamat). Banyak juga yang menyebutnya micin atau vetsin. Penggunaan penyedap rasa buatan dinilai bisa berpengaruh buruk pada kesehatan. Tapi jangan khawatir, sebab ada penyedap rasa alami yang lebih aman.

Dalam hal melezatkan makanan, penyedap rasa dari bahan alami juga tak kalah dengan yang buatan. Di samping itu, penyedap rasa ini juga cenderung lebih aman untuk dikonsumsi. Sayangnya, sepertinya masih banyak yang belum tahu apa saja bahan alami yang bisa dipakai sebagai penyedap rasa. Terbukti, sampai saat ini masih banyak orang yang memilih menggunakan MSG.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa bahan penyedap rasa alami pengganti MSG.

 

1. Kaldu

Kaldu mungkin jadi salah satu bahan penyedap alami yang sudah cukup populer dan sudah banyak digunakan. Kaldu bisa dibuat sendiri dengan mudah. Caranya cukup dengan merebus tulang ayam atau sapi. Namun, untuk mendapatkan kaldu yang sempurna memang diperlukan waktu perebusan yang lebih lama.

Tak perlu khawatir, jika ingin praktis saat ini sudah banyak dijual kaldu siap pakai dalam bentuk bubuk atau potongan dadu kecil. Bahkan, belakangan tidak hanya sapi dan ayam, muncul pula kaldu jamur yang bisa dijadikan pilihan.

2. Garam dan Gula

Salah satu penyedap rasa alami yang paling mudah ditemukan dan dipraktikkan adalah garam dan jamur. Ya, kombinasi antara gula dan jamur bisa memberikan sensasi lezat dan gurih pada masakan.

Rasa manis pada gula bisa menyeimbangkan rasa asin dari garam, begitu pula sebaliknya. Jadi, kalian bisa mengatur rasio kombinasi antara gula dan garam semau kalian. Tergantung selera lidah yang cenderung menyukai makanan manis atau asin.

3. Bawang Merah dan Bawang Putih

Bawang merah dan bawang putih jadi dua jenis bumbu atau rempah yang sering dipakai untuk berbagai jenis masakan. Tak hanya sebagai bahan bumbu dasar masakan, bawang merah dan putih juga bisa jadi penyedap rasa tambahan.

Penggunaannya cukup mudah, cukup dihaluskan lalu ditambahkan sedikit garam. Campuran bawang merah, bawang putih, dan garam bakal menambah rasa gurih pada masakan.

Selain itu, masih ada cara lain untuk menggunakan bawang merah dan bawang putih sebagai penyedap rasa. Kalian bisa mengiris tipis lalu menggorengnya. Seperti yang kita tahu selama ini, bawang merah dan bawang putih goreng tak pernah gagal jadi pelengkap rasa di berbagai jenis masakan.

4. Udang atau Ebi

Udang berukuran kecil atau ebi juga bisa dimanfaatkan sebagai penyedap rasa alami. Menghaluskan ebi lalu menggabungkannya dengan bumbu-bumbu halus lainnya, akan menambah gurih dan lezat masakan. Tambahan ebi pada bumbu akan sangat cocok untuk berbagai masakan jenis tumis.

5. Terasi

Sama-sama berbahan dasar dari udang, terasi juga bisa dipakai sebagai penyedap rasa yang alami. Meski terasi punya bau yang kuat, sebanding dengan rasa lezat yang diberikan. Terbukti, selama ini terasi juga sudah terbukti bisa menambah lezat pada beberapa jenis masakan, mulai dari sambal, tumis, bahkan nasi goreng. 

6. Keju

Jika masakan yang kalian buat mempunyai cita rasa creamy dengan tekstur kental, seperti pasta atau sup kalian bisa menggunakan keju. Rasa gurih dari keju akan semakin membuat masakan kalian terasa lebih nikmat dan creamy. Rasa asin dari keju juga akan semakin menambah gurih masakan kalian.

7. Rempah-Rempah Daun

Rempah-rempah jenis daun juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Rempah-rempah berbentuk daun seperti daun jeruk, daun kunyit, daun bawang, bawang perai, seledri, dan daun ketumbar juga sangat bermanfaat dalam memasak. Selain menambah lezat, dedaunan rempah ini berfungsi menambah aroma segar, serta bisa menyamarkan bau amis pada daging.

8. Jamur

Jamur selama ini jadi salah satu bahan makanan yang cukup banyak difavoritkan. Mempunyai rasa yang enak dan tekstur kenyal yang khas jamur cocok diolah jadi berbagai jenis masakan. Selain itu, kita juga sering menjumpai potongan jamur jadi bahan tambahan dalam beberapa olahan, seperti sup, tumis, atau saus steak.

Ternyata, bukan tanpa alasan mengapa jamur sering ditambahkan ke berbagai jenis masakan. Pasalnya, jamur memang bisa jadi penyedap rasa alami. Jadi, kalian bisa menggunakan potongan kecil jamur untuk menambah sedap masakan kalian.

Itulah beberapa bahan penyedap rasa alami pengganti MSG. Kalian bisa menggunakannya untuk menambah lezat dan sehat masakan. Semoga bermanfaat!

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI