Jarang Orang Tahu, Ini 6 Penyebab Gagal Diet yang Sering Tidak Disadari

Jum'at, 16 Oktober 2020 16:33 Penulis: Puput Saputro
Jarang Orang Tahu, Ini 6 Penyebab Gagal Diet yang Sering Tidak Disadari
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Banyak orang menginginkan punya berat badan yang ideal. Untuk mendapatkannya, tak sedikit yang melakukan berbagai cara, salah satunya dengan melakukan diet. Sayangnya, melakukan diet tak menjamin berat ideal bisa diraih. Pasalnya, tak jarang diet yang dilakukan gagal. Meski sering dialami banyak orang, tapi banyak yang tahu apa saja penyebab gagal diet.

Padahal sangat penting untuk tahu penyebab dari gagal diet. Sebab, bisa jadi hal yang menyebabkan diet adalah kebiasaan sehari-hari. Dengan tahu penyebabnya, diet yang kita lakukan susah payah tidak akan berakhir sia-sia. Tujuan mendapat berat badan ideal juga lebih besar kemungkinannya untuk bisa diraih. Lantas, apa sajakah yang bisa menyebabkan diet menjadi gagal?

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa penyebab gagal diet yang tidak banyak orang tahu.

 

1. Tidak Mengonsumsi Karbohidrat Sama Sekali

Karbohidrat jadi salah satu asupan yang paling dihindari banyak orang saat melakukan diet. Padahal, setiap orang memerlukan asupan karbohidrat yang cukup sebagai cadangan energi. Sayangnya, saat melakukan diet beberapa orang memilih benar-benar tidak mengonsumsi karbohidrat. Itulah sebabnya, sering kali orang merasa lemas saat melakukan diet.

Jangka panjang, saat merasa lemas orang akan lebih banyak mengonsumsi makanan. Akibatnya, diet yang dilakukan hanya akan memberikan hasil yang sementara. Berat badan akan kembali naik setelahnya. Jadi, saat melakukan diet tetap perhatikan asupan nutrisi kalian, khususnya karbohidrat. Tetap kurangi, tapi jangan sampai kekurangan.

2. Tidak Sarapan

Saat melakukan diet, kebanyakan orang cenderung mengurangi jam makan daripada mengurangi porsi makanan. Bahkan, tak sedikit pula orang yang sengaja melewatkan makan pagi atau sarapan. Padahal makan pagi atau sarapan sangat penting dilakukan. Sebab, sarapan menjadi momentum mengumpulkan energi untuk beraktivitas seharian.

Selain itu, dilansir dari klikdokter.com sebuah studi mengungkap melewatkan sarapan bisa memicu gagal diet. Pasalnya, orang yang tidak sarapan akan cenderung menginginkan makanan berlemak di siang dan sore hari. Jika dibiarkan hal ini tentu akan membuat jumlah kalori yang masuk ke tubuh jadi tidak terkontrol.

3. Kurang Tidur

Penyebab gagal diet selanjutnya yaitu kurang tidur. Bagaimana bisa kurang tidur mempengaruhi keberhasilan diet? Tak sekadar istirahat, tidur ternyata juga punya peranan penting dalam menjaga hormon yang berperan dalam mengatur rasa lapar, hormon ghrelin.

Ketika kita kurang tidur, produksi hormon ghrelin akan meningkat, sehingga akan cepat merasa lapar. Dampaknya, kita juga akan lebih kesulitan dalam mengendalikan nafsu makan kita. Oleh karena itu, selain pola makan saat diet kalian juga harus memperhatikan pola tidur. Cukupi kebutuhan tidur sebagaimana yang dianjurkan, yaitu 7-8 jam per hari.

4. Olahraga Berlebihan

Diet dan olahraga memang jadi kombinasi yang tepat untuk hasil yang maksimal. Namun, akan beda cerita jika olahraga dilakukan secara berlebihan. Olahraga yang berlebihan justru bisa jadi penyebab gagal diet. Apalagi jika jenis olahraga yang dilakukan merupakan olahraga berat dan hanya ditujukan membakar kalori dalam tubuh.

Saat melakukan diet, sebaiknya kalian memilih olahraga yang ringan. Sebab, bagaimana pun saat diet tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi sebanyak biasanya. Sehingga, cadangan energi juga lebih terbatas. Tips lain, sebaiknya kalian juga memilih yang memang kalian gemari. Dengan begitu, kalian bisa melakukannya lebih santai dan tanpa beban.

5. Diet Terlalu Ketat

Diet yang dilakukan terlalu ketat ternyata cenderung tidak akan memberikan hasil yang maksimal. Bahkan, diet ketat juga bisa berujung gagal. Ketika melakukan diet ketat, kita cenderung membuat pantangan untuk sejumlah makanan favorit yang biasa kita konsumsi. Akibatnya, diet akan terasa lebih berat dan tidak menyenangkan. 

6. Pola Makan yang Tidak Terjaga

Pola makan jadi salah satu kunci penting keberhasilan melakukan diet. Pola makan yang tidak terjaga bisa jadi penyebab gagal diet. Saat diet, sebaiknya terapkan pola makan yang terjadwal. Sesuaikan jadwal makan tersebut dengan aktivitas dan kebutuhan. Kalian juga bisa memasukkan camilan sehat sebagai selingan.

Pola makan yang tidak terjaga saat diet tidak saja bisa sebabkan kegagalan. Lebih dari itu, hal ini juga bisa memicu berbagai masalah kesehatan serius, seperti obesitas, diabetes, dan hipertensi.

Itulah di antaranya sederet penyebab gagal diet. Jadi, hindari hal-hal di atas agar diet kalian tidak sia-sia. Semoga bermanfaat!

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI