7 Manfaat Sauna Bagi Tubuh, Jadi Cara Redakan Stres

Jum'at, 20 November 2020 13:11 Penulis: Dhia Amira
7 Manfaat Sauna Bagi Tubuh, Jadi Cara Redakan Stres
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Sauna merupakan kegiatan seseorang yang menggunakan pemanas ruangan untuk memanaskan udara. Suhu dalam ruang sauna bisa mencapai 90,5 derajat celcius, dan dapat meningkatkan suhu kulit sekitar 40 derajat celcius dalam beberapa menit saja. Walaupun membuat tubuh merasakan panas, namun manfaat sauna sangat banyak loh untuk tubuh KLovers.

Dan karena suhu panas yang dapat kita rasakan saat sauna, bisa membuat tubuh berkeringat, melebarkan pembuluh darah, melancarkan sirkulasi darah, dan membuat tubuh menjadi rileks. Sehingga tidak heran bila kegiatan sauna sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Kira-kira apa saja ya manfaat sauna bagi tubuh kalian? Dilansir dari berbagai sumber, yuk langsung saja cek manfaat sauna bagi kesehatan tubuh.

 

1. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat sauna yang pertama yaitu dapat menurunkan tekanan darah. Yup! Bagi kalian yang memiliki penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi, maka sangat baik loh dalam menurunkan berat badan KLovers. Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Human Hypertension menunjukkan bahwa, mandi uap selama 30 menit dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan tekanan darah redah.

Hal ini terjadi karena suhu panas yang dihasilkan ketika mandi uap dapat membantu melebarkan pembuluh darah sehingga memperlancar sirkulasi darah. Sehingga tekanan darah yang terjadi pada tubuh akan berjalan dengan semestinya. Namun ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter ya KLovers.

 

2. Membuang Racun

Manfaat sauna yang selanjutnya yaitu dapat membuang racun di dalam tubuh. Setiap manusia pasti memiliki racun di dalam tubuh mereka, terutama untuk orang-orang yang menjalani pola hidup sehat dan jarang melakukan olahraga. Padahal racun di dalam tubuh harus segera dibuang di dalam tubuh. Karena racun yang menetap di tubuh terlalu lama akan membuat seseorang terserang penyakit yang lebih berbahaya.

Namun kalian bisa kok membuang racun di dalam tubuh dengan menggunakan manfaat sauna. Hal ini karena racun di tubuh akan keluar melalui keringat saat tubuh kita di uap. Tak hanya racun saja KLovers, sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Occupational Medicine dan Environmental Health menemukan bahwa seseorang yang rutin mandi uap selama 20 hari diketahui bahwa kadar kolesterol totalnya mengalami penurunan.

Sehingga dengan melakukan kegiatan sauna, kalian akan mengeluarkan racun-racun yang ada di dalam tubuh. Sekaligus mengeluarkan kadar lemak jahat, atau kolesterol yang bisa menimbulkan penyakit stroke hingga jantung.

 

3. Meredakan Nyeri

Kemudian manfaat sauna yang lainnya yaitu dapat meredakan nyeri pada tubuh. Hal ini ditemukan dalam sebuah studi yang diterbitkan di jurnal Alternative and Complementary Medicine. Berdasarkan penelitian tersebut diketahui bahwa sauna dapat membantu meredakan nyeri dan meringankan gejala sakit kepala tegang yang kronis.

Namun penelitian ini masih harus dilakukan secara lebih lagi. Tapi walaupun begitu banyak peneliti yang percaya bahwa mandi uap adalah salah satu cara sederhana untuk mengurangi berbagai nyeri kronis termasuk nyeri otot dan sendi.

 

4. Meredakan Stres

Tidak hanya meredakan nyeri pada tubuh saja, nyatanya manfaat sauna juga dapat meredakan stres pada tubuh loh KLovers. Memang hal ini bukan menjadi hal yang asing lagi, pasalnya banyak masyarakat Jepang yang akan melakukan kegiatan sauna bila mereka pulang kerja untuk membuat tubuh lebih segar dan menghilangkan stres.

Dan hal ini sudah terbukti loh KLovers, karena menurut terapis dari New York, Kathryn Smerling, Ph.D, meskipun tidak benar-benar menghilangkan stres, mandi uap bisa jadi salah satu tempat menepi untuk menenangkan diri. Hal ini karena suhu ruang yang hangat dan suasana tenang dapat membuat kalian lebih rileks dan nyaman.

Selain itu Kathryn juga menambahkan bahwa, manfaat sauna untuk kesehatan mungkin tidak begitu terlihat pada awalnya. Namun, seiring waktu, mandi uap dapat memengaruhi kesehatan mental secara berarti.

 

5. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Nyatanya paparan panas yang aman dari sauna dan kamar uap dapat memompa jantung dan menyebabkan meningkatnya aliran darah ke seluruh tubuh. Dilansir dari liputan6.com dalam sebuah artikel yang diterbitkan oleh Harvard Medical School menjelaskan, sauna membuat detak jantung meningkat 30 persen atau lebih, menyebabkan jantung memompa darah hampir dua kali lipat setiap menit.

Selain itu ada pula penelitian lain yang melibatkan 19 partisipan untuk melakukan sauna. Dan hasilnya menemukan bahwa, manfaat sauna sama dengan manfaat berolahraga ringan. Sehingga membuat dapat meningkatkan darah di dalam tubuh kalian, sama seperti berolahraga.

 

6. Meredakan Gejala Asma

Manfaat sauna yang selanjutnya yaitu dapat meredakan gejala asma. Bila kalian memiliki penyakit asma, maka kalian bisa mengobati hal tersebut dengan melakukan sauna loh KLovers. Penyakit asma memang menjadi sebuah penyakit yang memiliki berbagai macam penyebab. Ada yang terjadi karena alergi, ada yang juga disebabkan karena keturunan, dan alasan lainnya.

Namun kalian bisa kok mengatasi masalah asma tersebut dengan melakukan kegiatan sauna. Hal ini karena saat masuk ke dalam sauna, udara panasnya dipercaya dapat membuka saluran udara, mengencerkan dahak, dan mengurangi stres. Sehingga hal ini dapat meringankan gejala asma yang terjadi pada kalian.

 

7. Menyehatkan Kulit

Dan manfaat sauna yang terakhir yaitu dapat menyehatkan kulit. Hal ini karena sauna dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit dengan membuka pori-pori yang akhirnya mampu mengatasi jerawat serta mengeluarkan sel-sel kulit mati. Tak hanya itu saja semua kotoran dan kuman dari lingkungan tempat tinggal atau make-up akan dikeluarkan melalui keringat, melalui pori-pori.

Selain itu, manfaat sauna yang lainnya yaitu bisa memperbaiki jaringan kulit dengan cara menstimulasi aliran darah dan melepaskan sel-sel kulit mati. Hasilnya, kulit akan terasa bersih, lembut, dan segar. Jadi bila ingin memiliki kulit yang sehat, kalian bisa menggunakan manfaat sauna untuk kesehatan kulit.

Itulah 7 manfaat sauna bagi tubuh yang wajib kalian ketahui. Bukan hanya dapat membuat segar saja, nyatanya sauna juga bisa menjadi obat asma, hingga memberikan kesehatan pada kulit kalian.

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI