11 Cara Menghilangkan Gatal di Selangkangan Secara Alami, Bisa Pakai Daun Kemangi

Kamis, 19 November 2020 18:11 Penulis: Dita Tamara
11 Cara Menghilangkan Gatal di Selangkangan Secara Alami, Bisa Pakai Daun Kemangi
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Cara menghilangkan gatal di selangkangan memang kerap dicari bagi sebagian besar pria maupun wanita. Sebab, gatal di selangkangan bisa membuat kalian merasa tidak nyaman, apalagi saat berada di tempat umum. Berbeda dengan gatal di tangan, maupun di kaki mungkin bisa dijangkau untuk menggaruknya. Namun, ketika gatal di area selangkangan, tentu saja akan merasa malu untuk menggaruknya.

Penyebab gatal di selangkangan, bisa disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain karena iritasi, tidak menjaga kebersihan kelamin dengan baik, kutu kemaluan, dermatitis kontak, herpes genital, infrettigo, serta penyakit kelamin yang menular. Jika kondisi ini selalu dibiarkan, tentu saja akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Nah, kalian nggak usah khawatir berlebih ya. Hal ini lantaran sebagian besar kasus selangkangan gatal dapat diobati dengan berbagai cara alami. Selain murah, bahan-bahan alami berikut ini juga sangat mudah ditemukan. Daripada penasaran, yuk langsung saja simak cara menghilangkan gatal di selangkangan berikut ini.

 

1. Bawang Putih

Tak hanya dimanfaatkan sebagai bumbu dapur saja, rupanya bawang putih menjadi bahan alami untuk menghilangkan gatal di selangkangan lho. Cara menghilangkan gatal di selangkangan dengan bawang putih yaitu dengan memotong bawang putih lalu oleskan pada kulit yang terinfeksi. Cara lainnya, kalian bisa menghaluskan bawang putih, lalu campur dengan minyak zaitun atau minyak kelapa. Oles secara rutin di bagian selangkangan.

 

2. Kompres Es

Mengompres es bisa menjadi salah satu alternatif sebagai cara menghilangkan gatal di selangkangan. Cara meredakan gatal di selangkangan menggunakan es juga cukup mudah. Caranya, kalian hanya perlu mengompres es pada kulit selangkangan. Hal ini juga bisa menjadi salah satu perawatan terbaik untuk meringankan iritasi kulit, serta rasa sakit dan gatal.

 

3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa terbukti memiliki zat penyembuh yang dapat menyembuhkan infeksi pada kulit seperti jamur, kurap, ataupun kudis. Cara penggunaannya pun tak sulit yaitu cukup dioleskan pada area selangkangan yang berjamur selama tiga kali sehari. Pastikan penggunaannya dijalani secara rutin selama beberapa minggu. Dengan begitu, cara gatal di selangkangan akan teratasi.

 

4. Lidah Buaya

Lidah buaya juga masuk list sebagai tanaman alami yang bisa menghilangkan gatal di selangkangan lho. Zat-zat alami pada lidah buaya inilah yang membantu membasmi jamur serta kuman yang menempel di area selangkangan. Kalian cukup memotong lidah buaya dan manfaatkan gel lidah buaya untuk di oleskan secara rutin pada selangkangan.

 

5. Oatmeal

Oatmeal rupanya tak hanya nikmat ketika di makan, namun juga memiliki manfaat untuk menghilangkan gatal di selangkangan. Sifat humektan pada oatmeal inilah yang dapat membantu melembabkan kulit. Selain itu, oatmeal juga mengandung senyawa avenanthramide untuk mengurangi peradangan.

Caranya, haluskan 1 cangkir oatmeal yang masih mentah hingga berbentuk bubuk halus. Setelah itu, tuang oatmeal yang berbentuk bubuk tersebut ke bak mandi yang sudah terisi air hangat. Lalu, kalian bisa berendam di dalam bak mandi selama 20 menit.

 

6. Cuka Apel

Khasiat cuka apel untuk kesehatan kulit memang tidak perlu diragukan lagi. Ya, cuka apel ternyata juga ampuh sebagai cara menghilangkan gatal di selangkangan lho. Kandungan cuka sari apel dapat menetralisir pertumbuhan ragi dan menetralisir kadar pH pada kulit sehingga jamur tak tumbuh subur.

Cara menggunakannya, kalian cukup mengoleskan cuka apel di area yang gatal lalu biarkan selama 15 menit dan bilas hingga bersih. Lakukan cara ini secara rutin supaya terbebas dari rasa gatal.

 

7. Lengkuas

Lengkuas merupakan bumbu dapur yang ternyata memiliki manfaat sebagai cara menghilangkan gatal di selangkangan. Cara menggunakan lengkuas sebagai bahan alami meredakan gatal juga sangat mudah. Pertama-tama, potong lengkuas terlebih dahulu dan cuci hingga bersih. Jika sudah, kalian bisa langsung menggosokkan potongan lengkuas ke area selangkangan yang gatal.

 

8. Daun Kemangi

Daun kemangi yang sering digunakan untuk lalapan ini ternyata juga ampuh untuk menghilangkan gatal di selangkangan. Hal ini lantaran kandungan zat anti gatal yang disebut kapur barus dan thymol. Zat-zat tersebutlah yang dimanfaatkan untuk obat anti jamur.

Cara mendapatkan manfaatnya, kalian cukup menumbuk daun kemangi hingga halus. Setelah itu, aplikasikan langsung ke area selangkangan yang terinfeksi gatal.

 

9. Kunyit

Kunyit menjadi salah satu rempah yang dapat membantu menghilangkan gatal di selangkangan. Kandungan kurkumin pada kunyit memang terbukti memiliki sifat anti-mikroba yang dapat mencegah penyebaran dan pertumbuhan kuman serta bakteri.

Cara menggunakannya, pertama-tama haluskan kunyit yang kemudian dicampur dengan sedikit air. Setelah itu, kalian bisa langsung oleskan pada area yang terinfeksi.

 

10. Pastikan Alat Kelamin Kering dan Bersih

Cara menghilangkan gatal di selangkangan yaitu penting untuk selalu memastikan bahwa alat kelamit kalian selalu kering dan bersih. Sebab, apabila alat salami lembab, hal ini bisa menjadi penyebab selangkangan gatal.

Oleh sebab itu, selalu keringkan menggunakan kain atau tisu kering. Selain itu, pilihlah pakaian yang bersih supaya melancarkan sirkulasi di area genital kalian. Bagi wanita, kalian juga harus rutin mengganti pembalut setidaknya 3-4 jam sekali.

 

11. Hindari Menggunakan Pakaian Terlalu Ketat

Selanjutnya, pemilihan pakaian tentu saja akan berdampak pula pada kenyamanan area selangkangan. Ada baiknya untuk tidak menggunakan pakaian yang terlalu ketat seperti celana jeans. Selain sirkulasi udara menjadi terganggu, menggunakan pakaian ketat juga dapat menyebabkan timbulnya gesekan pada selangkangan dan organ genital. Oleh sebab itu, menyebabkan timbulnya gesekan pada selangkangan dan organ genital.

Itulah sederet cara menghilangkan gatal di selangkangan yang mudah dilakukan sendiri di rumah. Kalian bisa memilih cara di atas sesuai keinginan. Semoga bermanfaat.

 

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI