8 Makanan Pereda Rasa Mual, Solusi Mudah Tanpa Konsumsi Obat

Selasa, 08 September 2020 18:11 Penulis: Nurul Wahida
8 Makanan Pereda Rasa Mual, Solusi Mudah Tanpa Konsumsi Obat
Ilustrasi makanan pereda rasa mual (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Rasa mual cukup sering dialami oleh setiap orang karena penyebab tertentu. Diantaranya yakni mabuk perjalanan, kehamilan, ataupun konsumsi obat tertentu yang bisa menimbulkan rasa mual. Meski cukup banyak obat yang dijual di pasaran untuk meredakan rasa mual, namun ternyata ada cara mengobati rasa mual secara alami. Sebab ada sejumlah makanan pereda rasa mual yang dapat dikonsumsi aman serta terjangkau.

Mual merupakan kondisi yang dialami tubuh saat perut terasa tak nyaman dan berkeinginan untuk mengeluarkan isi perut melalui muntah. Sensasi ingin muntah tersebutlah yang sering disebut sebagai mual karena penyebab tertentu. Hampir sebagian besar orang pernah merasakan keadaan tersebut yang dapat timbul secara mendadak.

Sejumlah penyebab mual mulai dari efek mabuk perjalanan, stress, penyakit tertentu, efek samping obat-obatan, kehamilan, hingga keracunan makanan ataupun minuman cukup sering dijumpai jadi penyebab mual. Tak hanya dianggap remeh, rasa mual bisa menimbulkan sejumlah gangguan kesehatan seperti pusing, lemas, tidak nafsu makan, hingga rasa tak nyaman di perut.

Meski mual akan hilang dalam beberapa waktu, namun kondisi tersebut bisa diatasi segera dengan konsumsi sejumlah makanan pereda rasa mual. Cara mengatasi mual secara alami tersebut bisa menjadi solusi mudah tanpa konsumsi obat.

Lalu apa saja makanan pereda rasa mual?

Adapun makanan pereda rasa mual terdapat dalam beberapa poin di bawah ini. Makanan ini dapat dikonsumsi dengan aman dan cukup efektif mencegah rasa mual yang timbul karena penyebab tertentu. Berikut 8 makanan pereda rasa mual dirangkum dari berbagai sumber.

 

 

1. Jahe

Makanan pereda rasa mual yang dapat dikonsumsi saat tubuh mengalami kondisi tersebut salah satunya adalah jahe. Jahe menjadi bahan alami yang cukup sering dan efektif meredakan rasa mual yang timbul pada tubuh. Selain itu jahe digunakan sebagai obat tradisional mengatasi sejumlah penyakit karena kandungan nutrisi di dalamnya yang bermanfaat bagi kesehatan.

Di dalam jahe diketahui mengandung senyawa bioaktif seperti gingerol, paradol, dan shogaol yang bisa mencegah gejala mual. Mengutip dari healthline.com, jahe efektif sebagai bahan mengatasi mual karena penyebab tertentu seperti mabuk perjalanan hingga awal kehamilan. Para peneliti menyebut konsumsi jahe seberat 0,5 - 1,5 gram jahe kering setiap hari dapat menimbulkan efek terapeutik bagi tubuh. Jahe tersebut bisa dikonsumsi dalam bentuk minuman hangat seperti teh agar meredakan rasa mual.

2. Pisang

Makanan pereda rasa mual selanjutnya adalah pisang. Buah pisang sendiri juga menawarkan cukup banyak manfaat bagi kesehatan tubuh karena kandungan nutrisi di dalamnya. Selain kaya vitamin dan karbohidrat, buah pisang juga dapat menjadi salah satu rekomendasi makanan pereda rasa mual tubuh.

Mengutip dari healhtline.com, salah satu alasan buah pisang jadi makanan yang tepat dikonsumsi saat mual adalah karena kandungan potasium pisang dapat memberi manfaat tubuh. Dimana saat mual hingga mengalami muntah, tubuh akan kehilangan cukup banyak kalium dan elektrolit. Untuk itu dengan konsumsi buah pisang ini bisa membantu mempertahankan energi tubuh sekaligus mengganti nutrisi yang hilang selama muntah ataupun diare.

3. Apel

Selain pisang, ternyata buah apel juga termasuk makanan pereda rasa mual. Kandungan nutrisi dalam buah apel menjadi salah satu alasan buah satu ini cocok dikonsumsi saat tubuh merasakan mual. Mengutip dari healthline.com bersumber sebuah penelitian mengungkap bahwa saus apel dapat menghasilkan peningkatan asupan makanan serta mengurangi mual dan muntah.

Sedangkan mengutip dari everydayhealth.com, apel dapat membantu meredakan gejala mual karena memiliki serat yang menyehatkan kondisi pencernaan tubuh. Konsumsi jus apel ataupun membuatnya seperti saus apel saat mengalami rasa mual dan diare bisa menjadi pilihan tepat.

4. Biskuit

Makanan pereda rasa mual selanjutnya dapat diperoleh dari biskuit. Makanan ini cukup banyak menjadi favorit sebagian orang sebagai camilan sebelum waktu makan berat tiba. Selain enak saat dikonsumsi, siapa sangka biskuit dapat bermanfaat untuk meredakan rasa mual pada tubuh.

Sebab biskuit tergolong makanan yang mengandung tepung tinggi diketahui dapat meminimalisir gejala mual. Terlebih aroma biskuit tak terlalu menyengat bahkan tanpa aroma dalam sejumlah produk tertentu. Namun perlu diperhatikan untuk konsumsi biskuit secara perlahan saat tubuh merasakan mual serta tidak berlebihan.

5. Makanan Dingin

Makanan dingin menjadi jenis makanan pereda rasa mual yang juga menawarkan manfaat serupa. Sejumlah makanan dingin diketahui memiliki aroma yang tidak terlalu menyengat sebut saja seperti puding, es lilin, buah dingin, es krim dan lain sebagainya.

Mengutip dari healhtline.com, sebuah penelitian mengungkap sekitar 41 persen perempuan hamil mengalami mual karena sensitif terhadap bau menyengat makanan. Sehingga makanan dingin dapat menjadi pilihan tepat saat tubuh mengalami mual yang sebagian besar tidak memiliki bau tajam.

6. Kacang

Makanan pereda rasa mual yang lainnya adalah aneka jenis kacang-kacangan. Sebab kacang mengandung protein cukup tinggi yang membuat tubuh mudah mencerna makanan. Selama mual bahkan mengalami muntah, energi tubuh otomatis akan terkuras yang bisa sebabkan rasa lemas, lemah, hingga tak nafsu makan.

Keadaan ini bisa diatasi dengan konsumsi kacang yang bisa mengembalikan energi sekaligus meredakan gejala mual. Selain kandungan protein, kacang juga memiliki kandungan lemak baik bagi tubuh. Namun perlu diperhatikan agar konsumsi kacang dalam batas wajar dan tidak berlebihan.

7. Kaldu Hangat

Kaldu hangat yang terbuat dari rebusan daging ayam bahkan sup ayam juga menjadi makanan pereda rasa mual selanjutnya. Dimana saat tubuh mengalami kondisi tidak sehat karena mual, makanan hangat seperti sup kaldu ini dapat mengembalikan elektrolit sekaligus menghidrasi tubuh.

Mengutip dalam sumber yang sama sebanyak 240 ml kaldu ayam mengandung 16 persen asupan harian. Termasuk garam dan kalium yang penting bagi tubuh. Terlebih kaldu hangat juga cocok dikonsumsi saat sedang mengalami flu ataupun sakit kepala.

8. Daun Mint

Aroma menyegarkan daun mint bisa memberi efek pada tubuh untuk mencegah rasa mual. Daun mint juga kerap digunakan dalam sejumlah produk pengobatan tertentu untuk mengatasi gejala mual dan pusing. Daun mint tersebut dapat ditambahkan dalam secangkir teh hangat yang dapat mencegah rasa mual pada tubuh.

Nah itulah 8 makanan pereda rasa mual, solusi mudah tanpa konsumsi obat. Namun perlu diperhatikan apabila mengalami kondisi mual yang tak kunjung sembuh selama beberapa waktu, konsultasi dengan dokter perlu dilakukan untuk mengetahui penyebab secara pasti.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI