Kenali Sedini Mungkin! 7 Gejala Osteoporosis yang Perlu Kalian Tahu Agar Bisa Segera Diatasi

Senin, 07 September 2020 18:11 Penulis: Puput Saputro
Kenali Sedini Mungkin! 7 Gejala Osteoporosis yang Perlu Kalian Tahu Agar Bisa Segera Diatasi
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Kesehatan tulang menjadi salah satu hal penting untuk selalu dijaga. Tulang yang sehat dan kuat sangat dibutuhkan untuk tetap bisa beraktivitas di hari tua. Agar tetap sehat, tulang membutuhkan sejumlah asupan nutrisi. Jika, asupan nutrisi tidak terpenuhi, tulang bisa menjadi keropos atau mengalami osteoporosis. Sayangnya, tak banyak yang tahu apa saja gejala dari osteoporosis.

Walaupun tergolong penyakit yang identik dengan orang yang berusia lanjut, nyatanya osteoporosis bisa diderita siapa saja. Bahkan, bagi setiap orang usia muda yang masih aktif berkegiatan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui gejala-gejala osteoporosis sedini mungkin, agar bisa lebih cepat mengambil tindakan.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa gejala osteoporosis yang perlu kalian tahu.

 

1. Genggaman Melemah

Salah satu gejala osteoporosis yang kerap dialami banyak orang adalah kekuatan genggaman yang melemah. Gejala yang satu ini juga sudah dibuktikan melalui sebuah penelitian.

Dilansir dari healthline.com, sebuah studi dilakukan terhadap wanita yang sudah mengalami menopause. Peneliti mengamati kepadatan mineral pada tulang wanita tersebut secara keseluruhan. Hasilnya, diketahui bahwa kekuatan genggam wanita menopouse tersebut terbilang lemah. Setelah diteliti, ternyata hal ini disebabkan kepadatan mineral tulang yang rendah.

2. Kuku Menjadi Rapuh

Selain genggaman yang melemah, kondisi kuku seseorang ternyata juga bisa menunjukkan gejala osteoporosis. Ya, osteoporosis ternyata tak hanya membuat tulang menjadi rapuh. Pasalnya, osteoporosis juga bisa membuat kuku rapuh.

Namun, kondisi kuku yang rapuh tidak bisa dipandang sebagai ciri-ciri utama. Sebab, kuku rapuh tidak hanya disebabkan oleh osteoporosis saja. Melainkan, ada pula sejumlah kegiatan seperti berenang, berkebun, dan olahraga lain yang dapat memengaruhi kondisi kekuatan kuku. Akan tetapi, kalian tetap patut waspada, terlebih apabila mempunyai garis keturunan osteoporosis.

3. Berkurangnya Tinggi Badan

Normalnya, tinggi badan seseorang akan terus tumbuh atau bertambah seiring pertambahan usia dari anak-anak hingga dewasa. Namun, setelah mencapai usia tertentu pertumbuhan tinggi badan bisa terhenti. Bahkan, malah bisa juga berkurang. Nah, berkurangnya tinggi badan inilah yang bisa jadi salah satu gejala dari osteoporosis.

Penderita osteoporosis memang akan mengalami pengurangan tinggi badan secara signifikan. Hal ini dikarenakan adanya fraktur kompresi pada tulang belakang. Ini adalah salah satu gejala yang paling terlihat dan mudah diidentifikasi.

4. Mudah Mengalami Patah Tulang

Saat mengalami osteoporosis, tulang akan kehilangan kepadatan dan kekuatannya, sehingga menjadi lebih rapuh. Akibatnya, seseorang akan lebih rentan mengalami patah tulang atau fraktur saat mengalami benturan. Walaupun benturan yang terjadi sangat pelan.

Bahkan, dilansir dari healthline.com, osteoporosis yang sudah masuk kategori parah, patah tulang bisa dipicu bersin atau batuk yang terlalu kuat.

5. Sakit Punggung dan Leher

Tulang belakang patah atau retak akibat osteoporosis dapat menimbulkan rasa nyeri di bagian punggung dan leher belakang. Jadi, jika kalian kerap merasakan sakit punggung dan leher bagian belakang yang tidak diketahui sebabnya, bisa jadi ini merupakan salah satu gejala dari osteoporosis. Jangan remehkan sakit punggung atau leher belakang, segera lakukan pemeriksaan.

6. Postur Tubuh Membungkuk

Kalian pasti sering menjumpai orang tua dengan postur tubuh yang membungkuk. Postur tubuh yang membungkuk sering kali disebut dengan kifosis. Kifosis dapat menyebabkan nyeri punggung dan leher. Pada beberapa kasus, kifosis juga bisa memengaruhi pernapasan. Hal ini disebabkan adanya tekanan ekstra pada saluran napas dan terbatasnya ekspansi paru-paru

Tak banyak yang tahu, kifosis ternyata juga termasuk salah satu gejala osteoporosis. Oleh karena itu, kifosis sebenarnya tidak hanya bisa dialami oleh orang lanjut usia saja, melainkan juga bisa diderita mereka yang masih muda.

7. Sering Alami Nyeri Otot dan Sendi

Bagi sebagian orang, nyeri otot dan sendi mungkin adalah hal yang sudah biasa. Sehingga, banyak yang mengabaikannya dan menahan rasa sakitnya begitu saja. Padahal, nyeri otot dan sendi bisa jadi salah satu gejala awal dari osteoporosis.

Apalagi, jika nyeri otot dan sendi yang dialami dibarengi dengan gejala-gejala osteoporosis lainnya. Jadi, jangan lagi anggap nyeri otot dan sendi, sebagai masalah sepele. Segera lakukan pemeriksaan, agar bisa diatasi secepatnya.

Itulah di antaranya beberapa gejala osteoporosis yang perlu kalian tahu. Segera lakukan pemeriksaan jika mengalami gejala-gejala tersebut. Selain itu, jaga kesehatan tulang dengan memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan, serta rajin berolahraga.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI