6 Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Melahirkan, Kembalikan Energi - Nutrisi ASI

Minggu, 06 September 2020 12:44 Penulis: Dhia Amira
6 Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Melahirkan, Kembalikan Energi - Nutrisi ASI
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Bukan hanya saat proses kehamilan saja, nyatanya saat melahirkan pun ibu juga harus memperhatikan pola makan mereka loh. Tentu saja ada banyak sekali makanan yang baik dikonsumsi setelah ibu melahirkan.

Makanan ini dapat mempengaruhi kesehatan seorang ibu yang baru saja selesai melahirkan. Sehingga kalian wajib mengetahui apa saja makan yang baik dikonsumsi setelah melahirkan.

Kira-kira makanan apa saja ya itu? Dilansir dari berbagai sumber, inilah 6 makanan yang baik dikonsumsi setelah melahirkan. Yuk langsung saja dicek.

 

1. Telur

Telur menjadi salah satu makanan pertama yang baik dikonsumsi untuk ibu pasca melahirkan. Yup! ternyata telur sangat baik loh bagi pemulihan kesehatan ibu setelah melahirkan.

Selain itu sumber protein dan lemak sehat omega 3 dari telur juga dapat melancarkan produksi ASI, dan menurunkan risiko depresi pasca melahirkan.

2. Ikan Salmon

Makanan yang baik dikonsumsi bagi ibu setelah melahirkan selanjutnya yaitu ada ikan salmon. Yup! bukan hanya dapat menjadi makanan yang sehat saja, nyatanya ikan salmon juga dapat menjadi makanan penambah ASI loh KLovers.

Hal ini karena ikan salmon memiliki banyak sekali kandungan DHA yang baik untuk tubuh. DHA sangat penting untuk perkembangan sistem saraf bayi, semua ASI memiliki kandungan DHA. Sehingga ikan salmon dapat menambah asupan DHA pada ASI kalian.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan menjadi makanan selanjutnya yang sangat baik dikonsumsi untuk ibu setelah melahirkan. Hal ini karena kacang-kacangan menjadi salah satu makanan yang baik untuk menambah produksi ASI.

Selain itu kandungan zat besi yang tinggi pada kacang, dapat membantu memulihkan kekuatan tulang setelah melahirkan. Karena saat ibu mengandung zat besi yang ada pada ibu diberikan pada anak untuk pertumbuhan tulang anak.

4. Blueberry

Selain makanan, ada pula buah yang baik dikonsumsi setelah ibu selesai melahirkan loh KLovers. Dan buah tersebut adalah blueberry, mengapa blueberry? karena buah blueberry memiliki kandungan vitamin, mineral, dan karbohidrat yang tinggi.

Sehingga bila ibu mengonsumsi buah blueberry, maka energi akan kembali pulih. Kalian bisa mengonsumsi buah blueberry secara langsung, atau bisa juga dibuat jus, dan smoothies.

5. Apel

Selain blueberry, ada juga loh buah lainnya yang baik dikonsumsi setelah prosesi melahirkan. Yup! apel menjadi salah satu makanan yang sangat baik dikonsumsi setelah ibu melahirkan. Hal ini karena apel membantu meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah dan mencegah anemia.

Risiko anemia memang lebih tinggi terjadi selama kehamilan dan melahirkan. Selain itu kandungan vitamin C pada apel juga membangun resistensi dan menangkal infeksi pasca kelahiran.

6. Sup Ayam

Dan makanan terakhir yang baik dikonsumsi pasca melahirkan yaitu ada sup ayam. Ternyata makanan yang digemari oleh banyak orang ini memiliki manfaat baik untuk kesehatan ibu setelah melahirkan loh KLovers.

Hal ini karena kaldu pada sup ayam akan menghidrasi, dan rasa asin akan memenuhi elektrolit secara alami. Sehingga cairan dan energi pada tubuh kalian akan kembali dengan normal.

Itulah 6 makanan yang baik dikonsumsi setelah proses melahirkan. Bukan hanya dapat mengembalikan energi saja, nyatanya makanan di atas juga mampu memberikan nutrisi pada ASI.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI