Manfaat Jeruk Nipis untuk Diet dan Cara Mengonsumsinya dengan Benar

Jum'at, 20 Maret 2020 11:22 Penulis: Galuh Esti Nugraini
Manfaat Jeruk Nipis untuk Diet dan Cara Mengonsumsinya dengan Benar
(credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Banyak cara yang dilakukan untuk menurunkan berat badan. Namun ada satu cara yang mudah digunakan, yakni dengan mengonsumsi jeruk nipis. Ya, ternyata manfaat jeruk nipis ini bisa juga digunakan untuk diet.

Bahkan dengan metode jeruk nipis ini cukup populer dilakukan. Lalu bagaimana cara mengonsumsinya dengan benar hingga manfaat jeruk nipis untuk diet ini bisa tercapai? Berikut informasi selengkapnya.

 

1. Cara Konsumsi Jeruk Nipis

Banyak yang memanfaatkan jeruk nipis sebagai metode diet mereka. Apalagi dengan menggunakan jeruk nipis ini diyakini bisa membakar lemak dalam tubuh.

Banyak kandungan nilai gizi dan vitamin dalam jeruk nipis. Ada vitamin C, vitamin B1, karbohidrat, protein, lemak, zat besi, fosfor, kalsium, dan air.

Namun sayangnya, sebagian besar mereka tidak mendapatkan manfaat jeruk nipis ini secara keseluruhan. Maka dari itu, penting bagi kalian jika memakai jeruk nipis untuk diet harus tahu cara dalam mengonsumsinya.

2. Pilih Jeruk Nipis yang Matang

Ada alasan tersendiri bagi seseorang memilih jeruk nipis sebagai metode dietnya. Di samping lebih mudah dan gampang dicari, jeruk nipis juga buah yang begitu menyegarkan.

Di samping itu, kandungan yang ada di dalamnya miliki nutrisi yang lengkap dan seimbang. Salah satu nutrisi yang bisa diperoleh dari jeruk nipis yakni citrus aurantifolia, berfungsi untuk meluruhkan lemak dalam tubuh.

3. Pastikan Lambung Sehat

Seperti yang dilansir dari doktersehat, yang pasti harus diketahui pertama kali adalah keadaan lambung kalian. Ya, kalian pastikan dulu lambung kalian dalam keadaan sehat atau tidak.

Hal ini karena keasaman jeruk tinggi begitu tinggi. Jika terus-terus dikonsumsi nantinya akan membuat lambung makin terganggu.

Bahkan jika kalian ada yang memiliki riwayat sakit lambung, juga harus berhati-hati. Apalagi banyak yang merasakan sakit dan nyeri pada perut disaat kalian tetap mengonsumsi jeruk nipis sebagai metode diet.

4. Rutin Dikonsumsi

Hasil diet tidak akan cepat terlihat ketika kalian ogah-ogahan meminumnya. Harus dilakukan dengan rutin agar manfaat jeruk nipis untuk diet ini bisa terlihat.

Idealnya, kalian mengonsumsi air jeruk nipis hangat ini 3 gelas saja dalam satu hari. Tepatnya pada pagi, siang, dan menjelang tidur. Nah yang terpenting, kalian harus rutin meminumnya ya.

5. Cara Menyajikan Jeruk Nipis Untuk Diet

Agar diet kalian dengan jeruk nipis terasa hasilnya, ada pula cara penyajian yang perlu diperhatikan. Dan berikut cara penyajian jeruk nipis dengan tepat seperti yang dilansir dari Honestdocs.

- Gunakan Air Hangat

Jika manfaat jeruk nipis cepat terasa hasilnya, sebaiknya kalian gunakan air hangat. Bukan tanpa alasan lho, karena nantinya air jeruk nipismu ini dapat lebih cepat dicerna oleh tubuh. Tak hanya itu juga, air hangat juga bisa membantu proses metabolisme.

- Sebaiknya Tidak Tambahkan Gula

Satu lagi agar khasiat jeruk nipis bisa optimal. Air jeruk nipis ini sebaiknya jangan kalian tambahkan gula. Tapi buat kalian yang tidak kuat dengan asamnya jeruk nipis, bisa juga tambahkan gula tapi sedikit saja ya.

- Bisa Tambahkan Jahe

Kalian juga bisa membuat variasi minuman jeruk nipis, salah satunya bisa tambahkan jahe. Kombinasi minuman juga cukup sempurna bisa memaksimalkan diet kalian apalagi jahe juga miliki manfaat dapat merangsang metabolisme dan membakar kalori dengan cepat.

Cara membuatnya juga cukup mudah. Kalian blender 2 inci jahe segar dengan segelas air segar. Kemudian saring ampasnya dan tambahkan perasaan 1 jeruk nipis.

- Infused Water

Ada cara lain dalam menyajikan jeruk nipis ini sebagai metode diet kalian. Jeruk nipis bisa juga dijakan infused water. Mengingat infused water sekarang ini tengah menjadi trend.

6. Manfaat Jeruk Nipis

Tak hanya segar, jeruk nipis juga mempunyai segudang manfaat bahkan digunakan untuk program diet. Memang, menurunkan berat badan adalah mengonsumsi makanan yang rendah kalori ditambah lagi bisa yang rendah lemak. Tak heran jika jeruk nipis menjadi pilihan.

Namun ternyata tak hanya untuk diet saja KLovers, karena ada banyak manfaat jeruk nipis lainnya yang mana baik untuk kesehatan.

7. Tingkatkan Sistem Pencernaan

Mengapa jeruk nipis banyak digunakan untuk diet? Hal ini bukan tanpa alasan karena senyawa yang berada di dalam jeruk nipis mengandung senyawa flavonoid, yang mana dapat melancarkan pencernaan.

Jadi, tubuh kalian pun tak perlu menimbun banyak sisa racun dan makanan. Apalagi timbunan zat sisa itu bisa membuat perut dan pinggang melebar.

Namun sayang, tidak semua bisa memakan jeruk nipis dalam menjalankan dietnya. Terlebih yang punya riwayat atau masalah pencernaan, terutama lambung.

8. Optimalkan Pembakaran Lemak

Jeruk nipis juga bisa membakar lemak dalam tubuh. Apalagi jeruk nipis yang miliki kandungan vitamin C, antioksidan, dan asam sitrat ini bisa membakar lemak hingga 30%. Bahkan pembakaran itu lebih banyak ketimbang kita berolahraga, menurut penelitian tahun 2005 pada Journal of the American College of Nutrition.

Dengan begitu jeruk nipis mampu mempercepat metabolisme tubuh. Jadi hal ini baik membantu mencegah penumpukan lemak yang ada dalam tubuh.

9. Bisa Menunda Rasa Lapar

Satu lagi manfaat jeruk nipis untuk diet, yaitu bisa menunda rasa lapar. Memang buah dan sayuran terbukti membuat kenyang lebih lama karena kaya serat.

Jadi dengan begini kalian bisa merasa kenyang lebih lama dan bisa menekan kebiasaan ngemil. Diketahui jika jeruk nipis ini miliki kandungan serat larut air dan serat tak larut. Kedua jenis ini bisa membuat kenyang tanpa kalori berlebihan.

10. Jangan Hanya Andalkan Jeruk Nipis

Meski begitu perlu juga diperhatikan jika tidak ada buah dan makanan lain yang bisa menurunkan berat badan dengan cepat, termasuk juga jeruk nipis. Kalian pun harus lakukan berbagai usaha lainnya seperti menjaga pola makan, gaya hidup sehat, dan tak lupa beraktivitas fisik.

Dengan begitu manfaat jeruk nipis untuk diet akan terlihat hasilnya. Di samping meminum air jeruk nipis 3 gelas sehari, kalian juga makan dengan teratur ya.

(kpl/gen)



MORE STORIES




REKOMENDASI