12 Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan, Herbal Alami Ringankan Nyeri Haid

Kamis, 19 Maret 2020 16:22 Penulis: Galuh Esti Nugraini
12 Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan, Herbal Alami Ringankan Nyeri Haid
(credit: istockphoto)


Kapanlagi Plus - Jangan anggap remeh soal daun kelor, karena ternyata banyak manfaat yang terkandung di dalamnya. Meski ukuran daunnya kecil, tetapi menyimpan manfaat luar biasa. Pantas saja, jika pohon ini disebut sebagai pohon keajaiban.

Ya bagaimana tidak, pasalnya hampir seluruh bagian dari tanaman ini dapat dimanfaatkan. Mulai dari akar, kulit kayu, dan tentu saja daunnya.

Banyak yang belum tahu akan manfaat keseluruhan dari daun kelor ini, mulai dari kesehatan hingga kecantikan. Salah satu manfaat daun kelor untuk kesehatan yakni yang mana bisa meringankan nyeri saat haid. Karena banyaknya manfaat daun kelor ini, berikut adalah beberapa manfaat daun kelor bagi kesehatan yang perlu KLovers tahu.

 

 

 

1. Mengatasi Diabetes

Seseorang yang mengidap penyakit diabetes memang tak bisa sembarangan dalam memilih makanan. Tentu mereka harus mempertimbangkan kadar gula setiap makanan yang ia makan.

Namun kadang, kita tak sadar jika makanan yang kita makan miliki kadar gula yang tinggi. Untuk itu kadar gula dalam tubuh yang tak seimbang ini bisa diatasi dengan mengonsumsi daun kelor.

Karena di dalam daun kelor ini miliki kandungan asam klorogenik yang baik untuk gula darah dalam tubuh. Dengan mengonsumsi setidaknya 150 mg ekstrak daun kelor secara rutin maka gula darahmu akan stabil.

2. Atasi Infeksi Bakteri

Di dalam daun kelor terdapat kandungan bahan yang bersifat antimikrobal yang mana bisa memusnahkan bakteri, apalagi bakteri berjenis gram positif. Bakteri jenis ini merupakan bakteri yang mempertahankan zat warna kristal violet sewaktu proses pewarnaan.

Jadi, ketika kita terdapat infeksi bisa juga diobati dengan daun kelor ini. Caranya pun cukup mudah, bisa dengan ekstrak daun kelor atau menumpuk daun kelor.

3. Jaga Kesehatan Ginjal

Menjaga ginjal juga sama pentingnya dengan menjaga organ dalam tubuh lainya. Pasalnya ginjal juga merupakan organ vital. Banyak beberapa penyakit yang berasal dari permasalahan ginjal ini seperti infeksi ginjal, batu ginjal, gagal ginjal akut, hingga penyakit ginjal kronis. Untuk itu, kita pun menjaga kesehatan ginjal dengan mengonsumsi daun kelor.

 

4. Meringankan Nyeri Haid

Nyeri saat haid pasti pernah dialami oleh setiap wanita. Bahkan tak jarang masalah ini bisa sampai mengganggu aktivitas. Tak heran jika permasalahan satu ini sangat dipahami para wanita.

Jika nyeri begitu sakit dan tak kuat tahan, banyak yang memilih untuk meninum obat pereda nyeri. Obat ini pun banyak dijumpai di pasaran dan bisa tinggal membelinya di apotik terdekat.

Namun ada cara lain agar kalian para wanita tidak ketergantungan obat. Apa itu? Kalian bisa mencobanya dengan daun kelor. Itulah salah satu manfaat daun kelor untuk kesehatan, yang mana bisa meredakan nyeri saat datang bulan.

Menurut penelitian yang dilansir dari Boldsky, daun kelor rupanya mengandung bahan alami yang bisa meredakan nyeri serta inflamasi saat datang bulan. Caranya pun juga terbilang mudah, kalian tinggal meracik daun kelor dan menjadikannya jus.

5. Kebutuhan Gizi Bisa Tercukupi

Manfaat daun kelor untuk kesehatan lainnya yakni sebagai pelengkap kebutuhan gizi seseorang. Miliki nama latin moringa oleifera ini ternyata mengandung protein, vitamin B6, vitamin C, zat besi, vitamin A dan juga magnesium. Dengan mengonsumsi daun kelor secara rutin, kebutuhan gizi dalam tubuh bisa terpenuhi.

 

6. Cegah Penyakit Kuning

Penyakit kuning sebenarnya merupakan tanda dari penyakit lain. Biasanya hal ini terlihat dari kondisi menguningkan kulit dan bagian putih pada mata.

Untuk mengatasi permasalahan ini, daun kelor juga bisa dijadikan solusi. Apalagi jika kamu mengonsumsinya secara teratur, akan memberikan efek tubuh kebal terhadap virus yang menyebabkan penyakit kuning itu tadi.

7. Cegah Kanker

Satu lagi manfaat daun kelor untuk kesehatan yang tak kalah pentingnya, yakni bisa mencegah kanker. Pencegahan pun bisa dilakukan sejak dini dengan mengonsumsi daun kelor sebagai salah satu caranya.

Di daun kelor ini dipercaya dapat membunuh sel mati dan mencegah tumbuhnya sel kanker. Maka dari itu, daun kelor juga dikenal sebagai cara alami mencegah kanker.

8. Atasi Penyakit Kulit

Penyakit kulit banyak sekali macamnya. Biasanya efek yang terjadi ketika kita mengalami penyakit kulit ini, tubuh menjadi gatal, timbul kemerahan, hingga herpes. Salah satu sebab bisa terjadinya penyakit kulit ini karena kurang menjaga kebersihan tubuh.

Untuk itu, kalian pun harus segera menanganinya karena bisa saja mengganggu aktivitas. Mengonsumsi daun kelor juga bisa menjadi salah satu solusinya karena daun kelor ampuh membunuh bakteri penyebab sakit kulit. Tak hanya itu, daun kelor juga bisa mengurangi efek gatal.

9. Jaga Kesehatan Jantung

Ada pula manfaat daun kelor untuk kesehatan lainnya yang mana bisa menjaga kesehatan jantung. Pasalnya ekstrak daun kelor berpotensi mengatasi dislipidemia.

Dislipidemia ini merupakan satu jenis penyakit jantung akibat naiknya kadar koleterol dan tridliserida dalam tubuh. Biasanya tridliserida naik dikarenakan kadar lemak dalam aliran darah terlalu tinggi atau bisa juga terlalu rendah.

10. Baik Bagi Wanita Menopause

Banyak cara yang dilakukan untuk mengolah daun kelor. Bisa kalian masak langsung sebagai sayuran nikmat atau bisa juga kalian ekstrak. Penyajian daun kelor untuk dikonsumsi juga mudah ditambah lagi miliki segudang manfaat.

Manfaat daun kelor lainnya yakni dapat membantu meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh. Untuk wanita menopause hal ini tentu perlu dilakukan, apalagi dengan bertambahnya umur kadar antioksidan akan menurun. Hal ini dikarenakan berkurangnya produksi hormon estrogen.

11. Turunkan Tekanan Darah

Kandungan lain dari daun kelor ini terdapat quercetin. Kandungan tersebut merupakan antioksidan kuat yang bisa membantu menormalkan darah.

12. Untuk Kesehatan Mata

Mata juga sama pentingnya untuk dijaga. Salah satu caranya dengan mengonsumsi daun kelor.

Menghaluskan daun kelor dan menambahkannya kurang lebih 100 ml, kemudian saring. Air daun kelor itu tadi kalian basuhkan ke muka. Dengan rutin melakukannya, mata pun terlihat lebih segar.

(kpl/gen)



MORE STORIES




REKOMENDASI