15 Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh, Kaya Nutrisi dan Vitamin

Jum'at, 27 November 2020 10:21 Penulis: Nurul Wahida
15 Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh, Kaya Nutrisi dan Vitamin
Manfaat tomat (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Populer ditambahkan dalam sejumlah resep makanan, tomat tergolong sebagai jenis sayur dan buah. Namun cukup banyak orang berpendapat bahwa tomat adalah sayur. Di balik rasa nikmatnya tersebut, manfaat tomat bagi kesehatan tubuh sangat beragam dengan kandungan nutrisi dan vitamin.

Tomat menjadi bahan makanan yang sering ditambahkan untuk olahan resep tertentu. Rasanya yang asam sedikit manis namun menyegarkan, membuat tomat digemari banyak orang untuk lalapan. Tomat juga dapat dibuat dengan olahan minuman seperti jus ataupun cocktail. Tak sekedar enak untuk dikonsumsi, kandungan nutrisi dalam tomat begitu beragam dan berkhasiat bagi kesehatan.

Diantara kandungan nutrisi dan vitamin dalam tomat seperti Vitamin C, vitamin K, kalium, mangan, likopen, dan antioksidan. Sebagian besar nutrisi tersebut diperlukan tubuh agar tetap sehat. Manfaat tomat sendiri begitu beragam dari kesehatan bagian dalam hingga kesehatan bagian luar.

Ya, tomat yang khas berwarna merah dengan tekstur lembut dan empuk ini memang menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan. Mulai dari manfaat tomat untuk kulit, manfaatnya untuk rambut, serta manfaat tomat untuk organ tubuh bagian dalam. Selain itu tomat menjadi bahan makanan yang sangat terjangkau serta mudah dijumpai di berbagai wilayah.

Namun jangan salah, meski harganya sangat terjangkau manfaat yang ditawarkan begitu luar biasa bagi tubuh. Bagi kalian penggemar makan tomat alangkah baiknya memahami sejumlah manfaat tomat bagi kesehatan tubuh yang terkenal dengan kandungan nutrisi serta vitamin.

Adapun manfaat tomat bagi kesehatan sebagai berikut telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber. Yuk simak selengkapnya di bawah ini KLlovers.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat tomat bagi kesehatan yang pertama adalah dapat menjaga kesehatan jantung. Seperti diketahui jantung menjadi organ tubuh yang sangat penting untuk dijaga. Sebab fungsi utama jantung sendiri adalah untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Untuk itulah penting mempertahankan sistem kerja jantung agar dapat bekerja maksimal sebagai organ vital tubuh.

Dalam hal ini ternyata tomat dapat memberi manfaat bagi kesehatan jantung karena kandungan nutrisi di dalamnya. Salah satunya tomat diketahui dapat mencegah peradangan dan stres oksidatif pada tubuh seperti melansir dari healhline.com. Sedangkan kandungan vitamin A, vitamin B, dan kalium juga bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi yang erat kaitannya dengan masalah penyakit jantung. Jadi tak ada salahnya untuk kalian mencoba konsumsi tomat agar mencegah masalah kesehatan tini. Tapi pastikan dulu ya KLovers sesuai porsi tepat dan jangan berlebihan.

2. Mencegah Kanker

Manfaat tomat bagi kesehatan tubuh selanjutnya adalah dapat mencegah kanker. Kanker termasuk golongan penyakit serius yang tidak dapat dianggap sepele. Kanker dapat menyerang bagian tubuh manapun apabila terjadi pertumbuhan sel yang tidak normal.

Namun ternyata kandungan nutrisi dalam tomat diketahui mampu membantu mencegah sel kanker berkembang biak. Kandungan likopen dalam tomat inilah yang menjadi faktor untuk mencegah kanker. Melansir dari healhtline.com, sebuah penelitian bahkan mengungkapkan bahwa tingginya jumlah karotenoid dalam tomat mampu melindungi perempuan dari kanker payudara.

Selain itu ada beberapa jenis kanker yang juga bisa mendapatkan manfaat dari tomat seperti kanker prostat, kolorektal serta perut. Jadi tak ada salahnya untuk konsumsi tomat dengan membuat makanan ataupun minuman tertentu.

3. Mengatasi Jerawat

Manfaat tomat bagi kesehatan selanjutnya adalah dapat membantu mengatasi masalah jerawat. Kandungan vitamin A, B, C dan K serta nutrisi lainnya dalam tomat memberikan khasiat tersebut yang baik bagi kesehatan kulit. Dalam hal ini jerawat menjadi masalah kulit cukup umum terjadi serta bikin resah tiap orang. Agar mendapatkan manfaat tersebut kalian cukup menggunakan tomat sebagai masker atau bahkan dapat konsumsi tomat untuk memperoleh manfaatnya dari dalam tubuh.

4. Kaya Antioksidan

Tomat termasuk bahan makanan yang mengandung banyak nutrisi sehat salah satunya tinggi antioksidan. Tingginya antioksidan dalam tomat inilah yang mampu memberi khasiat bagi tubuh. Diantara kandungan dalam tomat seperti vitamin A, vitamin C serta betakaroten yang termasuk jenis antioksidan tinggi. Selain itu kandungan betakaroten membuat tomat memiliki warna merah menyala. Karena kandungan antioksidan tersebut, tomat mampu membantu tubuh menangkal paparan radikal bebas.

Seperti diketahui paparan radikal bebas dapat menyebabkan masalah pada kesehatan seperti kerusakan sel. Membuat satu jenis makanan ataupun minuman bisa dipilih untuk mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan karena kandungan antioksidan dalam tomat yang tinggi.

5. Menguatkan Tulang

Manfaat tomat lainnya bagi kesehatan tubuh juga dapat diperoleh karena kandungan kalsium dan vitamin K. Nutrisi tersebut mampu membuat tulang pada tubuh lebih kuat dan tidak mudah rapuh. Seperti diketahui seiring bertambahnya usia, biasanya beberapa sistem tubuh mengalami penurunan fungsi termasuk pada tulang. Untuk itulah memberi nutrisi sehat bagi tulang sedini mungkin perlu dilakukan agar mencegah masalah kesehatan tulang di usia lanjut.

Dalam hal ini kandungan dalam tomat tersebut bisa berkhasiat bagi tulang dan memperkuatnya. Bahkan jika terjadi kerusakan pada tulang, kedua jenis nutrisi ini dapat segera memperbaiki serta menjaga kesehatan jaringan tulang.

6. Sehat untuk Rambut

Manfaat tomat bagi kesehatan rambut juga menawarkan khasiat yang tak terduga. Dimana tomat ternyata bisa membuat rambut terlihat lebih berkilau, halus, serta kuat. Kandungan vitamin A inilah yang berperan penting untuk kesehatan rambut agar tetap terjaga. Untuk menggunakannya kalian cukup konsumsi tomat ataupun menggunakannya sebagai masker rambut lalu gosok pada kulit, keringkan lalu bilas bersih.

7. Mengontrol Tekanan Darah

Tekanan darah seseorang dapat terjadi naik turun tergantung pada kondisi tubuh masing-masing. Masalah tekanan darah tinggi dan darah rendah termasuk paling umum terjadi dan bisa menyerang siapa saja. Salah satu masalah tekanan darah tersebut dapat terjadi karena faktor konsumsi makanan tertentu.

Namun siapa sangka hal ini tak berlaku untuk tomat karena bisa membantu mengontrol tekanan darah. Ya, manfaat tomat bagi kesehatan tubuh juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi karena kandungan likopen di dalamnya. Selain itu mineral dan potasium dalam tomat juga memberi efek serupa untuk tubuh. Namun pastikan agar konsumsi tomat sesuai batas wajar serta tidak berlebihan. Sebab potasium mungkin juga bisa bermasalah pada kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

8. Mengontrol Berat Badan

Manfaat tomat bagi kesehatan tubuh lainnya adalah dapat mengontrol berat badan. Hal ini dikarenakan tomat diketahui mengandung serat tinggi dan rendah kalori. Karena kandungan tersebutlah tomat dapat membantu menurunkan berat badan sekaligus mengontrol kolesterol. Kedua nutrisi tersebut bahkan bisa membuat tubuh merasa lebih kenyang lama sehingga mampu mencegah berat badan berlebih.

9. Mencegah Paparan Radikal Bebas

Paparan radikal bebas dapat terjadi karena berbagai hal mulai dari polusi udara, asap rokok, atau bahkan bahan kimia. Dalam hal ini kandungan antioksidan tinggi dalam tomat diketahui mampu mencegah paparan radikal bebas yang menyerang tubuh. Salah satunya dapat memperbaiki kerusakan sel akibat paparan asap rokok. Diantara nutrisi yang berperan besar adalah kandungan asam coumaric dan asam klorogenat tomat mampu melindungi tubuh dari dampak buruk asap rokok. Manfaat tomat tersebut juga bisa didapatkan bagi perokok pasif seperti melansir dari food.ndtv.com.

10. Melancarkan Pencernaan

Tomat mengandung serat tinggi yang berperan penting bagi kesehatan sistem pencernaan. Karena kandungan serat inilah dapat membuat tubuh terhindar dari sakit sembelit. Sakit sembelit sendiri dikaitkan dengan masalah pola makan, masalah usus pada tubuh hingga menyebabkan susah untuk buang air besar secara normal. Namun rupanya tomat bisa menyehatkan dan melancarkan pencernaan karena kandungan nutrisi tersebut.

11. Baik Untuk Ginjal

Manfaat tomat bagi kesehatan tubuh juga sangat baik bagi ginjal. Ginjal merupakan organ tubuh yang berfungsi untuk menyeimbangkan tubuh dan menyaring racun dalam tubuh. Untuk itulah pentingnya menjaga kesehatan ginjal agar dapat bekerja secara maksimal. Salah satu asupan nutrisi sehat bagi ginjal juga bisa diperoleh dari tomat yang mengandung nutrisi bermanfaat. Bahkan sejumlah penelitian mengungkapkan jika tomat mampu mengurangi risiko terkena sakit batu ginjal seperti melansir dari floridatomatoes.org.

12. Sehat Buat Mata

Kandungan vitamin A dalam sejumlah buah dan sayur diketahui sebagai nutrisi penting bagi kesehatan mata. Salah satunya dapat diperoleh dari tomat yang mengandung vitamin tersebut hingga bermanfaat bagi mata. Dalam hal ini tomat bisa membantu meningkatkan penglihatan kalian lebih jelas dan mencegah mengalami rabun senja. Membuat satu resep makanan ataupun minuman berbahan dasar tomat bisa kalian pilih agar mendapat manfaat kesehatan ini.

13. Mencegah Peradangan

Sejumlah antioksidan penting dalam tomat seperti zeta karoten phtoene, phytofluene berperan penting untuk meningkatkan sistem imunitas serta mencegah peradangan. Karena kandungan tersebutlah manfaat tomat bisa mencegah peradangan yang terjadi pada tubuh. Melansir dari stylecraze.com, kandungan antioksidan tersebut lebih efektif dibandingkan likopen untuk melawan peradangan. Untuk itu konsumsi tomat dalam makanan tertentu bisa menjadi pilihan agar mendapat manfaat bagi kesehatan termasuk melawan peradangan.

14. Mengurangi Noda Hitam Kulit

Noda hitam pada kulit juga akan mengganggu penampilan individu. Namun kalian tidak perlu khawatir karena kandungan vitamin C dan antioksidan pada tomat bisa mengurangi noda hitam pada kulit. Noda hitam tersebut bisa terjadi karena beberapa faktor seperti bekas jerawat ataupun paparan sinar matahari langsung. Menggunakan masker tomat pada wajah atau kulit bisa menjadi pilihan mudah mengatasi noda hitam.

15. Mengurangi Penyakit Alzheimer

Manfaat tomat juga bisa membantu mengurangi masalah penyakit Alzheimer. Penyakit ini cukup sering terjadi pada usia lanjut yang menyebabkan kemampuan daya ingat menurun drastis. Namun ternyata tomat dapat bermanfaat untuk mengurangi penyakit Alzheimer yang menyerang tubuh karena kandungan likopen, beta karoten, serta nutrisi lainnya. Pilihlah tomat segar untuk dikonsumsi agar mendapat manfaat tomat secara maksimal.

Nah itulah 15 manfaat tomat bagi kesehatan tubuh, kaya nutrisi dan vitamin. Konsultasi dengan dokter perlu dipertimbangkan untuk mengetahui pasti batas jumlah konsumsi tomat sesuai kondisi tubuh. Selain itu hindari konsumsi tomat jika terjadi alergi pada tubuh.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI