Memahami Arti Crazy Rich yang Sedang Populer di Media Sosial, Ketahui Juga Asal Usul Istilah Ini Muncul

Kamis, 30 Juni 2022 15:11
Memahami Arti Crazy Rich yang Sedang Populer di Media Sosial, Ketahui Juga Asal Usul Istilah Ini Muncul
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Crazy rich jadi satu istilah yang sudah cukup populer belakangan ini. Istilah ini biasa kita jumpai di media sosial hingga dalam percakapan sehari-hari. Meski begitu masih banyak orang yang tidak paham dengan arti crazy rich. Terbukti, hingga kini masih banyak orang yang belum tahu, sehingga mencoba mencari tahu apa artinya di internet.

Di media sosial ada banyak orang yang membangun citra sebagai seorang crazy rich. Secara umum, istilah crazy rich biasa digunakan untuk menyebut orang kaya dan bergaya hidup mewah. Namun tak sekadar jadi sebutan, ada pula yang menganggap bahwa crazy rich sebagai gaya hidup yang boros dan suka pamer kemewahan. Lantas, apa sebenarnya arti crazy rich dan bagaimana istilah baru ini bisa sangat populer?

Untuk mengetahui jawabannya, langsung saja simak ulasan berikut yang telah kapanlagi.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Arti Crazy Rich

Seperti yang telah disinggung di awal, crazy rich merupakan istilah atau sebutan yang biasa digunakan untuk menyebut seseorang yang kaya raya. Jika ditinjau dari asal mulanya, istilah crazy rich berasal dari bahasa Inggris gabungan dua kata, yaitu "crazy" dan "rich". Jika dilihat arti kata satu persatu, crazy berarti 'gila', sedangkan rich berarti 'kaya'. Namun secara umum, crazy rich sering diartikan super kaya atau sangat kaya.

Namun crazy rich sebenarnya sudah jadi istilah yang cukup umum. Arti crazy rich kini merujuk pada orang-orang yang sering menunjukkan kekayaannya dengan pamer kehidupan mewah. Di era media sosial saat ini, crazy rich seolah sudah jadi branding bagi beberapa publik figur, selebriti. pebisnis, dan sebagainya.

2. Asal Mula Kata Crazy Rich Jadi Populer

Crazy rich sebenarnya bukanlah istilah baru. Istilah crazy rich sudah ada sejak lama. Hanya saja istilah crazy rich memang baru populer belakangan ini. Asal mula kepopuleran istilah crazy rich bermula dari sebuah novel berjudul Crazy Rich Asians karya Kevin Kwan yang cukup meledak.

Kemudian novel tersebut diangkat ke layar lebar dengan menggunakan judul yang sama. Film CRAZY RICH ASIANS kembali mengulang kesuksesan novelnya. Hal ini seketika membuat istilah crazy rich menjadi viral dan semakin banyak dikenal.

Di novel dan film CRAZY RICH ASIANS ditampilkan tokoh laki-laki yang kaya raya konglomerat di Singapura. Pria itu menjalin hubungan asmara dengan wanita biasa saja. Bermula dari cerita itulah, muncul gambaran kehidupan seorang crazy rich yang tak biasa karena bergelimang kemewahan. Kehidupan yang tentunya sangat jauh berbeda dengan masyarakat biasa pada umumnya.

Sejak itu, gambaran masyarakat tentang arti crazy rich mulai terbentuk. Crazy rich adalah mereka yang kaya raya dan hidup bergelimang kemewahan. Tak lama setelah film crazy rich viral, di Indonesia bermunculan orang-orang yang menampilkan kekayaan dengan gaya hidup mewah di media sosial.

Sebagai kosa kata populer, istilah crazy rich juga mengalami perkembangan. Tak saja meliputi individu, istilah crazy rich juga kerap diikuti dengan penyebutan sebuah nama wilayah atau daerah. Misalkan saja Crazy Rich Surabaya, Crazy Rich Bali, Crazy Rich Bandung, Crazy Rich Medan, dan sebagainya. Penyebutan tersebut digunakan untuk golongan orang kaya raya di masing-masing daerahnya.

3. Ciri-ciri Crazy Rich

Arti crazy rich sering kali dipandang dengan sebelah mata. Pasalnya, beberapa orang menganggap crazy rich tidak lebih dari orang kaya yang gemar pamer kekayaan dan kemewahan. Bahkan, mulai banyak prasangka bahwa mereka yang crazy rich belum tentu benar-benar kaya.

Pandangan negatif ini didukung dengan fakta terbaru. Di mana belakangan ini, beberapa publik figur yang menjuluki diri sebagai crazy rich akhirnya ditangkap polisi lantaran diduga mendapatkan kekayaannya secara instan dengan cara kriminal. Kendati demikian, tak sedikit pula arti crazy rich atau orang super kaya yang lebih memilih hidup sederhana tanpa memperlihatkan kekayaannya.

Jika ditelisik lebih jauh, sebenarnya ada beberapa ciri yang menunjukkan seseorang merupakan crazy rich sungguhan atau bukan. Berikut beberapa ciri dari crazy rich yang sebenarnya.

1. Mempunyai Sumber Kekayaan yang Jelas

Seorang crazy rich dipastikan mempunyai sumber kekayaan yang jelas. Biasanya, crazy rich mempunyai kerajaan bisnis yang berkembang pesat dan berkelanjutan. Sehingga, sumber kekayaannya terus mengalir.

2. Memilih Hidup Sederhana Tanpa Pamer

Arti crazy rich yang sebenarnya adalah orang kaya yang dari hasil jerih payah sendiri. Itu artinya, seorang crazy rich akan sangat menghargai nilai uang dan kerja kerasnya. Sehingga dia akan lebih memilih hidup terlihat sederhana tanpa pamer.

3. Mempunyai Kehidupan Cenderung Tertutup

Karena tidak suka pamer, kehidupan seorang crazy rich cenderung terlihat tertutup.

4. Mudah Beradaptasi dan Menghargai Sesama

Meskipun kaya raya, seorang crazy rich tetap akan rendah hati. Mereka akan dengan mudahnya beradaptasi dan menghargai orang lain, termasuk mereka yang punya kelas sosial di bawahnya.

5. Tidak Membutuhkan Pengakuan

Seorang crazy rich tidak membutuhkan validasi atau pengakuan publik jika dirinya kaya. Mereka hanya akan fokus pada kehidupan pribadi tanpa peduli penilaian orang lain.

Itulah di antaranya sedikit penjelasan arti crazy rich hingga ciri-cirinya. Semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa penasaran kalian selama ini.

(kpl/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI