Memahami Arti Kata Anjay yang Sempat Jadi Kontroversi, Pahami Konteks dalam Pemakaiannya

Penulis: Puput Saputro

Diterbitkan:

Memahami Arti Kata Anjay yang Sempat Jadi Kontroversi, Pahami Konteks dalam Pemakaiannya
Ilustrasi (credit: unsplash)

Kapanlagi.com - Dalam percakapan sehari-hari, anak muda seringkali menyelipkan kosakata gaul yang menarik dan unik. Kata anjay adalah salah satunya. Kata gaul anak muda ini telah muncul sejak beberapa tahun lalu, dan masih terus dipergunakan hingga saat ini. Meski sudah dipakai bertahun-tahun lamanya, arti kata anjay sempat menjadi sorotan beberapa waktu yang lalu.

Pemicunya, ada satu pihak yang memandang arti kata anjay sebagai suatu hal yang bermuatan negatif. Sehingga, kata ini dinilai tak pantas untuk diucapkan begitu saja. Padahal sebagai kata gaul populer, kata anjay tak saja dipakai oleh anak muda. Kata anjay juga digunakan secara umum oleh anak-anak hingga orang dewasa. Lantas, apa sebenarnya arti dari kata anjay yang kini sudah biasa dipakai sehari-hari?

Nah, untuk tahu lebih lanjut arti kata anjay yang sebenarnya, langsung saja simak ulasan berikut yang telah kapanlagi.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Asal Mula Kata Anjay

Sebelum mengetahui arti kata anjay, tak ada salahnya untuk mencari bagaimana tahu asal mula kata ini terbentuk. Sama seperti kata atau istilah gaul lainnya, asal mula terbentuknya kata anjay juga merupakan buah kreativitas anak muda. Kata anjay disinyalir muncul sebagai bentuk plesetan dari kata anjing.

Sebelum adanya kata anjay, kata anjing memang sudah biasa dipakai anak muda. Umumnya, nama binatang ini digunakan sebagai salah satu kata umpatan. Kata anjay kemudian dibuat dengan memlesetkan akhiran "njing" menjadi "njay". Sehingga lebih mudah diucapkan dan terdengar keren. Tak saja terkesan keren dan mudah diucapkan, arti kata anjay kemudian juga dirasa lebih halus dan sopan dibanding kata anjing.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Arti Kata Anjay yang Sempat Jadi Kontroversi

Sebagai bentuk kata gaul yang baru-baru ini populer, sampai saat ini arti kata anjay masih belum terdaftar di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Nah, karena berasal dari kata anjing yang dinilai negatif, pemakaian kata anjay akhirnya sempat menimbulkan kontroversi. Bahkan, saat menjadi kontroversi sempat muncul petisi larangan pemakaian kata anjay.

Kontroversi arti kata anjay muncul dari seorang youtuber bernama Lutfi Agizal. Laki-laki tersebut menyebut bahwa pemakaian kata anjay bisa merusak moral bangsa. Tak sekadar bersuara lewat media sosial, Lutfi bahkan membawa opininya tersebut ke Komnas Perlindungan Anak. Alhasil, Komnas Perlindungan Anak mengeluarkan pernyataannya.

Waktu itu, ketua Umum Komnas PA Arist Merdeka Sirait menyebut penggunaan kata tersebut bisa terancam tindak pidana. Hal ini karena termasuk dalam kekerasan verbal yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak.

Meski demikian, bagaimanapun kata anjay telah menjadi bagian dari percakapan sehari-hari. Sehingga, opini dari Lutfi dan pernyataan Komnas Perlindungan Anak tersebut kemudian mendapatkan banyak pertentangan. Banyak yang tak setuju dengan kedua pernyataan kontroversial tersebut. Hingga saat ini, kata anjay masih sering dipakai dalam berbagai konteks dan situasi.

3. Beragam Konteks Pemakaian Kata Anjay

Di tengah perdebatan terkait kontroversi arti kata anjay, muncul berbagai asumsi terkait pemakaian kata gaul tersebut. Banyak yang beranggapan, makna kata anjay tidak semestinya hanya dilihat dari asal mula kata terbentuk. Pasalnya sebagai kata gaul, kata anjay sering kali dipakai dalam berbagai situasi. Bukan saja sebagai umpatan, tapi juga dalam situasi dan konteks lainnya.

Selain sebagai umpatan untuk tunjukkan kekesalan, kata anjay juga kerap dipakai untuk mengungkapkan kekaguman. Dalam konteks ini, arti kata anjay telah bergeser dari yang semula merupakan bentuk umpatan menjadi bentuk pujian. Oleh karena itu, baik buruk pemakaian kata anjay ada baiknya dilihat dari konteks pemakaiannya dalam kalimat atau percakapan.

4. Kata Gaul Lain dan Artinya

Di samping arti kata anjay, masih ada banyak kata gaul lainnya yang perlu kalian ketahui maknanya. Sebab, kata-kata gaul tersebut juga sering dipakai di keseharian dalam percakapan. Sehingga mengetahui setiap arti dan maknanya, akan membuat kalian terhindar dari salah paham. Berikut beberapa kata gaul lain dan artinya yang perlu kalian ketahui.

1) Baper: Merupakan kepanjangan dari Bawa Perasaan. Istilah gaul baper ini lebih merujuk pada seseorang yang segala ucapan dan tindakan orang lain dimasukkan ke hati.

2) Bucin: Kependekan dari istilah budak cinta. Singkatan gaul ini digunakan untuk pada pria atau wanita yang tergila-gila akan cinta. Di mana orang tersebut mau melakukan apapun demi orang yang dia cintai.

3) Gabut: Kata ini lebih menggambarkan pada perasaan yang tidak jelas dan tidak tahu harus berbuat apa. Gabut sudah sering dipakai oleh anak muda zaman sekarang. Biasanya dipakai untuk update status di Instagram story dan terkadang ditampilkan bersama lagu-lagu galau.

4) Gaje: Kata singkatan dari Gak Jelas atau Enggak Jelas. Kata ini digunakan saat seseorang tidak paham atau tidak bisa menangkap maksud dari orang lain.

5) Gercep: Kata singkatan gaul dari gerakan cepat. Singkatan ini adalah anjuran kepada seseorang untuk bisa bergerak lebih cepat saat melakukan sesuatu hal.

6) Halu: Kata ini merupakan kependekan dari halusinasi, yang menggambarkan seseorang dengan khayalan yang tinggi.

7) Mager: Mager adalah singkatan gaul yang juga sering kita dengar. Mager sendiri berasal dari kalimat Malas Gerak. Kata ini lebih sering dipakai untuk mengungkapkan rasa malas.

8) Mantul: Kata singkatan gaul dari kata Mantap Betul. Kata ini juga sering digunakan sebagai apresiasi, seperti ungkapan pujian.

9) Kepo: Akronim dari kalimat Knowing Every Particular Object, yang berarti atau ditujukan kepada orang yang serba ingin tahu.

10) Nolep: Kata ini merupakan plesetan dari kata No Life. Kata ini merujuk pada seseorang yang lebih suka berdiam diri di rumah dan tidak suka bergaul.

Itulah di antaranya penjelasan tentang arti kata anjay yang sempat menjadi kontroversi. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan pencerahan untuk memakainya sesuai situasi dan konteks yang tepat!

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending