7 Jenis Burung Nuri Paling Cantik Bersuara Merdu yang Dilindungi

Rabu, 10 Februari 2021 10:11 Penulis: Dita Tamara
7 Jenis Burung Nuri Paling Cantik Bersuara Merdu yang Dilindungi
(credit: flicker)


Kapanlagi Plus - Kebanyakan orang, memilih burung sebagai hewan peliharaan. Ada beragam jenis burung yang perlu kalian ketahui, salah satunya burung nuri. Burung yang terkenal memiliki warna bulu yang indah dan kicauan yang merdu ini termasuk salah satu jenis hewan yang dilindungi pemerintah. Burung nuri juga masih satu keluarga dengan burung kakatua dan burung beo. Bisa dikatakan, burung nuri merupakan versi kecilnya saja. Tak hanya itu, burung nuri juga mempunyai kemampuan berbicara seperti burung beo lho. Keramahannya terhadap manusia menjadikan burung nuri banyak diidolakan.

Burung nuri berasal dari ordo Psittaciformes dan terdiri dari 393 spesies yang tersebar di wilayah tropis dan subtropis. Sebagai fauna yang dilindungi, burung nuri tidak boleh sembarangan diburu dan dijadikan hewan peliharaan. Hal tersebut dapat mengancam populasi dan kepunahan burung nuri. Dari sekian banyak spesies burung nuri, sederet burung nuri berikut ini adalah yang paling cantik dan cerdas. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini.

1. Burung Nuri Ternate atau Kepala Merah

Jenis burung nuri pertama yang perlu kalian ketahui yaitu burung nuri Ternate atau kepala merah. Burung ini termasuk burung yang dilindungi keberadaannya karena langka dan terancam punah. Jenis burung nuri yang satu ini memiliki kemampuan dapat berbicara.

Adapun ciri-ciri nuri Ternate yaitu memiliki tubuh sedang, 30 cm. Di bagian tubuh hingga leher dan kepala didominasi warna merah. Kemudian di kedua sayapnya berwarna hijau dengan campuran warna kuning. Sedangkan di bagian lingkaran mata berwarna abu-abu.

2. Burung Nuri Berkepala Hitam

Selanjutnya, jenis burung nuri yang perlu kalian ketahui yaitu burung nuri berkepala hitam. urung nuri yang satu ini termasuk salah satu jenis burung paruh bengkok yang dilindungi karena populasinya yang semakin menurun. Umumnya, burung nuri yang satu ini banyak ditemui di daerah Ternate, Ambon, dan Papua.

Adapun ciri khas dari burung nuri berkepala hitam yaitu memiliki mahkota berwarna hitam di bagian atas. Selain itu, memiliki badan, sayap, dan ekor dengan beragam warna seperti merah, kuning, dan biru tua. Kelebihan dari nuri yang satu ini yaitu mempunyai kecerdasan yang tinggi lantaran dapat berbicara.

3. Burung Nuri Maluku

Burung nuri Maluku menjadi salah satu jenis burung nuri yang tak kalah cantik. Burung yang seringkali ditemui di Kepulauan Banda, Haruku, Ambon, Seram Laut, Saparua, dan Watubela ini tidak bisa sembarangan diburu lantaran dilindungi. Burung Nuri Maluku mempunyai ciri-ciri yaitu mempunyai warna cerah yang mendominasi tubuhnya, dan sedikit mempunyai perpaduan warna merah, hitam, dan biru pada bagian sayapnya.

4. Burung Nuri Sayap Hitam

Jenis burung nuri cantik bersuara merdu selanjutnya yaitu burung nuri sayap hitam. Burung nuri yang mempunyai panjang tubuh sekitar 30 cm ini mempunyai warna merah yang mendominasi tubuhnya, warna hitam di bagian sayap dan punggung, paruh bengkok berwarna merah kekuningan, serta bercak ungu dibagian telinganya.

Burung nuri yang satu ini banyak di temui di sekitar pesisir Pulau Biak, dan pulau lain di teluk Cendrawasih, Papua. Sama halnya dengan jenis nuri lainnya, nuri sayap hitam juga menjadi jenis nuri yang dilindungi.

5. Burung Nuri Talaud

Selanjutnya, jenis burung nuri yang paling cantik yaitu burung nuri talaud. Nuri yang satu ini identik dengan warna biru dan merah yang mencolok. Burung nuri yang satu ini juga mempunyai beragam jenis di beberapa bagian tubuhnya seperti ungu kemerahan di bagian ekor, merah dengan ujung kehitaman di bagian sayap, jingga cerah di bagian paruhnya. Umumnya, burung nuri talaud menyukai hidup yang berkelompok.

6. Burung Nuri Pelangi

Burung nuri pelangi menjadi salah satu jenis nuri cantik dan dilindungi. Sekilas, burung nuri ini mirip dengan nuri kepala hitam. Namun nuri pelangi tidak mempunyai warna hitam pada tubuhnya melainkan mempunyai warna yang bervariasi dari kepala hingga ekornya. Tidak jauh berbeda dengan jenis burung nuri lainnya, nuri pelangi juga memiliki kemampuan untuk menirukan suara manusia yang didengarnya. Burung nuri jenis ini bisa kalian temukan di sekitar Papua.

7. Burung Nuri Tanimbar

Terakhir, jenis burung nuri yang perlu kalian ketahui yaitu nuri tanimbar. Diketahui, burung yang dilindungi ini populasinya semakin punah. Adapun ciri dari burung nuri tanimbar yaitu memiliki warna tubuh merah dan garis-garis biru di sepanjang mata hingga pundak atau bahunya. Kelebihan dari jenis nuri yang satu ini mempunyai kemampuan menari dengan mengepakkan sayapnya saat mendengar burung yang nyaring. 

Itulah sederet jenis burung nuri paling cantik bersuara merdu yang perlu kalian ketahui. Semoga menambah pengetahuan kalian ya.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI