Mengenal Pengertian Nabi Ulul Azmi, Ketahui Juga Kisah Hidupnya yang Penuh Hikmah dan Pelajaran Berharga

Senin, 06 September 2021 17:55
Mengenal Pengertian Nabi Ulul Azmi, Ketahui Juga Kisah Hidupnya yang Penuh Hikmah dan Pelajaran Berharga
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Nabi dikenal sebagai orang spesial yang dipilih Allah SWT untuk menerima wahyu dan atau mendapat suatu mujizat untuk kepentingan umat. Dalam Al Quran, Allah SWT menyebut ada banyak nama nabi. Tapi, sebagai muslim kita hanya diwajibkan mengiman pada 25 nabi dan rasul. Di antara nabi dan rasul tersebut, kemudian kita juga mengenal adanya lima nabi ulul azmi. Lantas, apa pengertian nabi ulul azmi?

Secara umum, nabi ulul azmi adalah para nabi dan rasul pilihan Allah SWT yang dikenal memiliki kesabaran luar biasa. Meski mendapatkan cobaan yang sangat berat, nabi ulul azmi tetap bisa beriman dan bertakwa pada Allah SWT. Oleh sebab itu, setiap muslim wajib mengetahui kisah nabi ulul azmi. Pasalnya, dari kisah hidup nabi ulul azmi, seorang muslim dapat belajar arti kesabaran yang sesungguhnya.

Untuk mengetahui lebih dalam pengertian nabi ulul azmi dan kisah hidupnya, berikut ringkasannya yang telah kapanlagi.com rangkum dari berbagai sumber.

 

1. Mengenal Pengertian Nabi Ulul Azmi

Berdasarkan asal mula kata, ulul Azmi terdiri atas dua kata, yaitu ulul dan azmi. Ulul atau uli berarti memiliki. Sementara, azmi berarti tekad atau keteguhan hati atau ketabahan. Sehingga merujuk pada arti kedua kata tersebut, pengertian nabi ulul azmi adalah nabi yang mempunyai ketabahan, kesabaran dan keuletan yang luar biasa.
Terbukti, kelima nabi yang menyandang gelar ulul azmi semuanya mempunyai kisah hidup yang sangat menguji kesabaran. Adapun penyebutan gelar ulul azmi tersebut di antaranya disampaikan Allah SWT langsung, melalui salah satu potongan ayat dalam Al Quran yang berbunyi:

"Dan (ingatlah) ketika Kami mengambil perjanjian dari nabi-nabi dan dari kamu (Muhammad), dari Nuh, Ibrahim, Musa, dan Isa putera Maryam, dan Kami telah mengambil dari mereka perjanjian yang teguh." (Q.S. Al-Ahzab ayat 7).

 

2. Ciri-Ciri Nabi Ulul Azmi

Selain mempunyai kesabaran lebih, ternyata terdapat beberapa ciri-ciri nabi ulul azmi. Sehingga, selain mengerti dan memahami pengertian nabi ulul azmi, penting juga untuk mengetahui ciri-ciri tersebut. Adapun ciri-ciri nabi ulul azmi adalah sebagai berikut.

1) Memiliki kesabaran yang tinggi.

2) Menyampaikan agama Allah beserta syariat-Nya

3) Menerima perjanjian serta "wasiat" dari Allah

4) Menyampaikan ajaran kitab samawi

5) Memiliki seruan dakwah universal untuk umat manusia maupun jin

6) Senantiasa memohon kepada Allah agar kaumnya tidak diberikan azab.

7) Senantiasa berdoa kepada Allah agar kaumnya diberikan hidayah.

 

3. Kisah Nabi Nuh

Nabi Nuh AS menjadi nabi ulul azmi yang pertama. Nabi Nuh AS dikenal keteguhan hati dalam menyebarkan wahyu Allah SWT. Meskipun pada semasa beliau hidup, banyak mendapatkan hinaan dan pertentangan, bahkan termasuk dari keluarganya sendiri.

Keluarga terdekat Nabi Nuh AS sendiri tidak meyakini apa yang disampaikan beliau. Malahan, putra Nabi Nuh AS yang bernama Kan'an dan istrinya justru turut menghina dan menentang. Kaum Nabi Nuh disebut salah satu kaum yang paling dzalim.

Kaum Nabi Nuh AS diadzab oleh Allah SWT lewat musibah air bah yang maha dahsyat. Hanya Nabi Nuh AS dan pengikutnyalah yang bisa selamat. Karena dapat menyelamatkan diri pada bahtera besar buatan Nabi Nuh AS.

 

4. Kisah Nabi Ibrahim

Nabi ulul azmi yang kedua adalah Nabi Ibrahim AS. Nabi Ibrahim juga dikenal sebagai bapak dari para nabi. Ibrahim merupakan nabi yang membangun ka'bah yang menjadi kiblat umat muslim hingga saat ini. Sama seperti Nabi Nuh, Nabi Ibrahim juga sangat ulet dan gigih dalam mengajarkan Islam.

Nabi Ibrahim memerangi kaumnya yang pada saat itu menyembah berhala. Nabi Ibrahim merusak patung-patung berhala yang disembah pada masa itu. Karena perbuatannya itu, Nabi Ibrahim AS dijatuhi hukuman Raja Namrud berupa dibakar hidup-hidup. Namun, dengan seizin Allah SWT, Nabi Ibrahim mampu bertahan dan selamat dari kobaran api.

 

5. Kisah Nabi Musa

Nabi Musa AS juga dikenal punya kesabaran luar biasa. Oleh sebab itu, Nabi Musa AS juga bergelar ulul azmi. Nabi Musa hidup di zaman raja Fira'un yang disembah bak Tuhan. Dengan kegigihan, Nabi Musa AS menyampaikan ajarannya, mengajak kaumnya menyembah Allah SWT.

Dalam perjuangan semasa hidupnya, Nabi Musa AS dikenal punya satu mukjizat besar berupa tongkat yang bisa berubah menjadi ular saat diajak adu tanding oleh penyihir-penyihir Fira'un. Dengan tongkat tersebut pula Nabi Musa AS diberi kekuatan oleh Allah SWT, sehingga mampu membelah laut merah, untuk diseberangi Nabi Musa AS dan pengikutnya.

 

6. Kisah Nabi Isa

Nabi ulul azmi berikutnya yaitu Nabi Isa AS. Nabi Isa AS merupakan satu-satunya Nabi yang dilahirkan tanpa sosok ayah. Ibu Nabi Isa AS, Siti Maryam dengan kuasa Allah SWT mengandung Nabi Isa AS tanpa berhubungan dengan laki-laki manapun. Karenanya, Siti Maryam sempat mendapat fitnah dari kaum Yahudi. Namun berkat mukjizat dari Allah SWT, Nabi Isa AS yang masih dalam kandungan mampu memberikan kesaksian.

Nabi Isa As mendapatkan gelar ulul azmi karena sangat tabah dan sabar selama menyebarkan ajaran agama Islam. Dalam perjuangannya, Nabi Isa AS kemudian mendapatkan tuduhan dari kaum Yahudi. Hingga tiba di mana muridnya berkhianat dan hendak dibunuh oleh bangsa Romawi. Namun, Nabi Isa AS tetap mendoakan mereka supaya diberi petunjuk Allah SWT.

Nabi Isa AS dikenal mempunyai sejumlah mukjizat, selain mampu berbicara sejak dalam kandungan. Nabi Isa AS diketahui dapat menghidupkan orang mati, dapat membentuk burung hidup dari tanah liat, mampu menurunkan makanan dari langit, serta mukjizat yang paling besar yaitu kitab Injil.

 

7. Kisah Nabi Muhammad

Nabi Muhammad SAW merupakan nabi dan rasul yang terakhir. Nabi Muhammad SAW membawa ajaran agama Islam yang paling sempurna. Sebagai Nabi dan Rasul terakhir, Nabi Muhammad SAW menjadi suri tauladan hingga saat ini.

Dakwah yang dilakukan Nabi Muhammad SAW tidak berjalan mulus begitu saja. Dalam hidupnya, Nabi Muhammad SAW menghadapi banyak cobaan, hinaan dan cacian dari kaum Kafir Quraisy. Namun dengan penuh kesabaran Nabi Muhammad terus berjuang menyebarkan agama Islam, sampai tetap ada hingga hari ini.

Nabi Muhammad SAW juga menjadi nabi yang memperoleh perintah sholat pertama kali. Perintah tersebut didapatkan Nabi Muhammad SAW melalui peristiwa Isra Mi'raj, yang membawanya bertemu pada Allah SWT. Al Quran menjadi mukjizat Nabi Muhammad SAW yang luar biasa serta masih ada dan dipergunakan umatnya hingga saat ini.

Itulah di antaranya ulasan pengertian nabi ulul azmi beserta ciri-ciri dan kisah hidupnya. Semoga bermanfaat dan bisa menambah keimanan kita sebagai seorang muslim. Amiin.

 

(kpl/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI