Mudah Dipraktikkan, 4 Cara Mengatasi Nyeri Akibat Infeksi Saluran Kemih Saat Hamil

Selasa, 03 November 2020 11:11 Penulis: Puput Saputro
Mudah Dipraktikkan, 4 Cara Mengatasi Nyeri Akibat Infeksi Saluran Kemih Saat Hamil
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Saat hamil wanita sering kali mengalami sejumlah masalah kesehatan. Salah satu masalah kesehatan yang kerap menimpa wanita hamil yaitu infeksi saluran kemih. Infeksi saluran kemih bisa terjadi ketika bakteri muncul di jalur uretra. Pada wanita hamil, penyakit ini bisa lebih berbahaya. Sehingga, penting untuk tahu cara mengatasi nyeri akibat infeksi saluran kemih saat hamil.

Penyakit infeksi saluran kemih sering kali ditandai dengan munculnya rasa nyeri yang tak tertahankan saat buang air kecil. Tak hanya membahayakan ibu, infeksi saluran kemih saat hamil penyakit ini juga bisa membahayakan keselamatan janin. Oleh karena itu, gangguan kesehatan ini harus segera diatasi.

Disadur dari merdeka.com, berikut beberapa cara mengatasi nyeri akibat infeksi saluran kemih saat hamil.

 

1. Jangan Menahan Kencing

Buang air kecil jadi salah satu cara tubuh mempertahankan keseimbangan cairan. Umumnya, saat hamil wanita cenderung lebih banyak minum air. Sehingga, secara alami intensitas untuk buang air kecil juga akan lebih meningkat. Maka, untuk menghindari infeksi saluran kemih sebaiknya jangan menahan buang air kencing. Pasalnya, buang air kecil termasuk salah satu cara untuk membuang bakteri dalam tubuh.

 

2. Minum Banyak Air Putih

Cara mengatasi nyeri akibat infeksi saluran kemih saat hamil juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi banyak air putih. Seperti yang kita tahu, air putih jadi salah satu minuman yang paling menyehatkan. Selain itu, berkaitan dengan penjelasan sebelumnya, minum air putih juga akan meningkatkan intensitas buang air kecil. Dengan begitu, bakteri di saluran kemih juga akan lebih sering terbuang, sehingga rasa nyeri saat infeksi juga akan berkurang.

 

3. Mengonsumsi Vitamin C

Selain air putih, ternyata mengonsumsi vitamin C juga bisa jadi salah satu cara mengatasi nyeri akibat infeksi saluran kemih saat hamil. Kalian bisa mengonsumsi sumber vitamin C seperti jeruk atau air lemon. Kandungan vitamin C akan membuat air kencing lebih asam. Hal ini diyakini bakal  menghambat pertumbuhan bakteri dalam saluran kemih.

 

4. Campuran Baking Soda dan Air

Baking soda dikenal punya banyak sekali manfaat. Siapa sangka ternyata bahan makanan yang satu ini juga bisa dipakai sebagai cara mengatasi nyeri akibat infeksi saluran kemih saat hamil. Hal ini dikarenakan baking soda mengandung zat alkali yang mampu menetralkan keasaman urin serta meringankan ketidaknyamanan yang muncul saat buang air kecil.

Cara mengatasi nyeri akibat infeksi saluran kemih saat hamil dengan baking soda juga sangat mudah. Cukup campurkan satu sendok teh baking soda dengan segelas air, kemudian meminumnya.

Itulah beberapa cara mengatasi nyeri akibat infeksi saluran kemih saat hamil. Kalian bisa mempraktikkannya secara langsung di rumah. Semoga bermanfaat!

 

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI