8 Manfaat Habbatussauda yang Luar Biasa Bagi Kesehatan - Kecantikan, Wajar Banyak Orang Mengonsumi

Senin, 02 November 2020 20:11 Penulis: Dhia Amira
8 Manfaat Habbatussauda yang Luar Biasa Bagi Kesehatan - Kecantikan, Wajar Banyak Orang Mengonsumi
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Habbatussauda atau yang lebih dikenal dengan jintan hitam memang saat ini menjadi tren untuk gaya hidup sehat. Itu karena habbatussauda punya banyak sekali kandungan sehat, sehingga tidak heran bila manfaat habbatussauda bagi kesehatan dan juga kecantikan begitu banyak.

Habbatussauda sendiri mengandung minyak asiri dan lemak, yang digunakan untuk rempah-rempah serta campuran obat-obatan. Habbatussauda memiliki 15 kandungan asam amino yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, habbatussauda juga mengandung berbagai macam mineral di antaranya kalsium, zat besi, natrium dan kalium.

Dan kira-kira apa saja ya manfaat habbatussauda bagi kesehatan dan kecantikan yang saat ini lagi tren? Dilansir dari berbagai sumber, yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat habbatussauda yang pertama yaitu dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Meskipun dianggap berbahaya dan kerap dihindari, keberadaan kolesterol sebenarnya juga dibutuhkan untuk menunjang proses metabolisme tubuh. Karena kadar kolesterol baik yang normal berguna untuk perlindungan sel, sehingga lebih ideal untuk menjaga keutuhan sel ketimbang jenis lemak lainnya dalam tubuh.

Namun bila terlalu berlebihan juga sangat tidak baik ya KLovers bagi kesehatan, karena dapat menjadi kolesterol jahat. Itulah mengapa kalian bisa kok mengatasi masalah kadar kolesterol tinggi dengan menggunakan manfaat habbatussauda. Menurut studi, habbatussauda menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida, serta meningkatkan kadar kolesterol baik.

Bukan hanya itu saja, minum habbatussauda secara rutin dapat menurunkan risiko penyakit hipertensi, jantung, dan juga stroke. Jadi kalian bisa mengonsumsi habbatussauda secara rutin untuk memberikan efek yang luar biasa pada tubuh.

 

2. Menjaga Kadar Gula Darah

Tidak hanya mampu menurunkan kadar kolesterol saja, nyatanya manfaat habbatussauda juga mampu menjaga kadar gula darah kalian loh KLovers. Gula darah tinggi merupakan salah satu tanda penyakit diabetes. Gejalanya bisa berupa sering haus, mudah lelah, dan kesulitan berkonsentrasi. Diabetes yang tidak diobati dapat mengakibatkan kerusakan saraf, gangguan penglihatan, serta melambatnya penyembuhan luka.

Pada sebuah sudi yang dilansir dari alodokter.com mengungkapkan bahwa, mengonsumsi jintan hitam selama beberapa minggu dapat mengurangi kadar gula darah dan resistensi insulin. Efek habbatussauda ini diduga baik untuk penyakit diabetes, akan tetapi data klinis yang didapatkan sejauh ini belum dapat memastikan hal tersebut.

 

3. Mengatasi Gejala Asma

Kemudian manfaat habbatussauda yang lainnya yaitu dapat mengatasi gejala asma pada seseorang. Penyakit asma bisa ringan, bisa juga berat, dan tentu saja keduanya dapat mengganggu aktivitas seseorang. Asma sendiri merupakan kondisi dimana ketika saluran udara meradang, sempit dan membengkak, hingga menghasilkan lendir berlebih yang menyulitkan bernapas.

Namun tenang KLovers, bagi kalian yang menderita asma maka kalian bisa kok mengatasi hal tersebut dengan menggunakan manfaat habbatussauda. Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi habbatussauda bersama dengan obat asma dapat membantu mengurangi gejala batuk, serta meningkatkan fungsi paru-paru penderita asma.

Namun jangan mengonsumsinya dengan salbutamol dan theophylline ya KLovers, agar khasiatnya tidak menurun. Atau lebih aman kalian bisa berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter bila ingin mengonsumsi obat asma bersamaan dengan habbatussauda.

 

4. Menurunkan Berat Badan

Memiliki batuk badan yang ideal memang menjadi impian setiap orang. Selain itu, berat badan yang ideal juga lebih baik serta lebih sehat bagi tubuh. Tetapi jangan khawatir KLovers, nyatanya kalian bisa loh menurunkan berat badan dengan menggunakan manfaat habbatussauda.

Diketahui bahwa, dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh PubMed Central pada tahun 2018 menunjukkan, mengonsumsi habbatussauda dapat membantu menurunkan berat badan tanpa efek samping. Selain itu dalam sebuah ulasan yang diterbitkan di Journal of Diabetes & Metabolic Disorders pada 2013 menemukan bahwa, jintan hitam atau habbatussauda bisa efektif dalam mengatasi obesitas.

 

5. Mengobati Radang Sendi

Radang sendi memang menjadi salah satu penyakit yang sering dialami oleh para lansia. Dan bila terkena penyakit ini maka akan terasa nyeri yang sangat luar biasa, bahkan lebih parahnya tidak mampu melakukan kegiatan apapun dengan baik.

Namun nyatanya kalian bisa loh mengatasi hal ini dengan menggunakan minyak habbatussauda. Yup! Dalam banyak penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi minyak habbatussauda setiap hari selama satu bulan penuh terbukti dapat mengurangi gejala radang sendi dan jumlah sendi yang bengkak.

Hal ini karena efek anti radang yang dimiliki oleh habbatussauda mampu mengatasi berbagai macam radang di dalam tubuh seperti, sinusitis, alergi, dan radang sendi. Sehingga kalian bisa loh mengatasi hal ini dengan baik hanya dengan mengonsumsi minyak habbatussauda untuk mengatasi radang sendi.

 

6. Bantu Cegah Kanker

Tidak hanya dapat mengobati penyakit ringan saja, nyatanya manfaat habbatussauda juga dapat menjadi anti kanker loh KLovers. Kanker memang menjadi salah satu penyakit yang berbahaya untuk tubuh. National Institute of Health melaporkan bahwa pada tahun 2014, kanker adalah salah satu penyebab utama kematian di dunia yang merenggut lebih dari 8 juta jiwa.

Dan hal tersebut terjadi karena pola hidup tidak sehat yang banyak di jalan oleh orang-orang saat ini. Namun kalian bisa kok menjalani pola hidup sehat dengan menggunakan manfaat habbatussauda. Hal ini karena habbatussauda memiliki manfaat berupa thymoquinone.

Dilansir dalam alodokter.com thymoquinone merupakan senyawa aktif yang terkandung di dalam biji jintan hitam. Senyawa ini dikatakan mempunyai efek anti kanker. Pada beberapa penelitian terhadap hewan, thymoquinone dapat mengurangi ukuran tumor ganas. Selain itu, uji laboratorium menunjukkan bahwa thymoquinone secara efektif dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

 

7. Bantu Lancarkan Menstruasi

Menstruasi memang menjadi masalah tersendiri bagi sebagian wanita. Hal ini karena saat menstruasi wanita bisa mengubah emosi, menimbulkan keram dan rasa nyeri. Namun ada pula beberapa wanita yang ternyata tidak lancar haid loh KLovers.

Tetapi tenang, kalian bisa kok mengatasi hal tersebut dengan menggunakan manfaat habbatussauda. Dengan konsumsi habbatussauda secara rutin dipercaya mampu mengatasi masalah menstruasi tidak lancar. Sebab, kandungan antioksidan yang sangat tinggi bisa membuat sel dalam rahim yang sudah rusak akan keluar bersama dengan darah menstruasi.

Jadi bila kalian mengalami masalah dalam menstruasi, maka kalian bisa mengonsumsi habbatussauda ya KLovers untuk mengatasi masalah menstruasi. Kalian bisa mengonsumsi habbatussauda secara langsung dengan dibuat sebagai olahan minuman herbal.

 

8. Mengatasi Jerawat

Dan manfaat habbatussauda yang terakhir yaitu dapat mengatasi jerawat. Yup! Bukan hal yang asing lagi bila habbatussauda mampu menjadi bahan kecantikan alami. Hal itu karena habbatussauda memiliki sifat antiinflamasi yang dapat mencegah dan mengobati jerawat.

Selain itu, manfaat habbatussauda juga dapat mengurangi kemerahan dan peradangan jerawat. Tak hanya antiinflamasi saja, habbatussauda juga memiliki kandungan berupa asam linoleat, vitamin E, asam amino, dan nutrisi lainnya yang baik untuk mencegah, menghilangkan jerawat yang meradang, hingga menghilangkan bekas jerawat.

Itulah 8 manfaat habbatussauda yang baik untuk kesehatan dan juga kecantikan tubuh. Memiliki banyak sekali kandungan yang baik untuk tubuh, tidak heran bila habbatussauda menjadi salah satu tren hidup sehat yang populer saat ini.

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI