10 Cara Menghilangkan Bekas Luka yang Menghitam, Secara Alami dan Cepat

Senin, 02 November 2020 19:11 Penulis: Dita Tamara
10 Cara Menghilangkan Bekas Luka yang Menghitam, Secara Alami dan Cepat
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Bekas luka akibat cidera maupun kecelakaan tentu saja membuat kulit tidak mulus lagi. Hal ini juga menurunkan penampilan dan tingkat kepercayaan diri seseorang. Apalagi jika bekas luka yang dimiliki tidak sedikit dan terletak pada bagian tubuh yang tidak tertutup oleh pakaian, tentu hal ini membuat sebagian orang merasa minder. Umumnya bekas luka yang tidak menghilang ini terjadi karena sering menggaruk bekas luka mengering dan terasa gatal. Tak heran jika banyak yang mencari cara menghilangkan bekas luka supaya kulit nampak bersih kembali.

Sebenarnya bekas luka sendiri dapat dihilangkan secara cepat dengan mengunjungi dokter spesialis kulit dengan cara laser, suntik steroid hingga prosedur bedah. Namun tentu saja cara ini akan merogoh kocek yang tidak sedikit. Akan tetapi, tahukah kalian jika ada sederet cara alami menghilangkan bekas luka? Ya, bekas luka bisa dihilangkan dengan cara alami dan tentu saja menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan. Selain hemat, cara ini juga tanpa menimbulkan efek samping lho.

Penasaran, bagaimana cara menghilangkan bekas luka yang menghitam? Yuk simak ulasan berikut ini.

 

1. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi bekas luka dan membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada kulit. Selain itu, lidah buaya juga dapat mengurangi pembengkakan, membantu memperbaiki kerusakan kulit, serta meregenerasi kulit. 

Kalian cukup mengoleskan lidah buaya pada kulit yang terdapat bekas luka secara merata, lalu diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kalian dapat melakukan cara ini pada saat pagi dan malam hari.

 

2. Kunyit

Kunyit menjadi salah satu rempah yang mempunyai manfaat bisa menghilangkan bekas luka menghitam. Kunyit mengandung zat anti radang dan zat antiseptik yang sangat bermanfaat untuk menyamarkan bekas luka. Caranya, tumbuk kunyit hingga halus dan balurkan pada luka bekas knalpot. Untuk hasil yang maksimal, lakukan hal tersebut secara rutin.

 

3. Kencur

Selain kunyit, kencur juga terbukti ampuh sebagai cara menghilangkan bekas luka yang menghitam di tubuh. Caranya, kalian siapkan 1 genggam beras yang telah di rendam selama 7 menit. Lalu, tambahkan 4 kencur dan tumbuh kedua bahan tersebut hingga halus. Selanjutnya, tambahkan sedikit air dan oleskan pada bekas luka.

 

4. Bawang Merah

Siapa sangka bahwa bawang merah yang biasanya digunakan untuk bumbu dapur ini memiliki fungsi menghilangkan bekas luka. Hal tersebut karena bawang merah memiliki sifat antiinflamasi yang terkandung di dalamnya, sehingga mampu menghambat kolagen dalam bekas luka. 

Cara penggunaannya cukup menumbuk halus bawang merah, setelah itu tempelkan pada bekas luka kalian. Adapun cara lainnya yaitu cincang halus bawang, lalu peras airnya dan oleskan pada bekas luka.

 

5. Madu

Madu memang terbukti mempunyai banyak manfaat bagi kecantikan. Selain itu, rupanya madu juga mampu menyembuhkan dan menyamarkan bekas luka menghitam. Cara pengaplikasiannya, kalian hanya menyiapkan madu yang kemudian kalian oleskan ke area bekas luka. Setelah itu, diamkan selama 30 menit. Kalian bisa mengulangi cara tersebut secara rutin hingga bekas luka memudar.

 

6. Teh Hijau

Cara menghilangkan bekas luka selanjutnya, kalian bisa memanfaatkan teh hijau. Ya, kalian mungkin tidak menyangka bahwa ternyata teh hijau juga dapat digunakan sebagai cara menyamarkan bekas luka yang membuat kepercayaan diri kalian menurun.

Maka tidak ada salahnya bila kalian juga mencoba menggunakan teh hijau sebagai cara menghilangkan bekas luka. Caranya, kalian cukup menggunakan ampas teh hijau. Setelah itu, gosokkan pada bekas luka. Supaya cepat hilang, lakukan cara ini rutin setiap harinya.

 

7. Air Kelapa

Menggunakan air kelapa merupakan cara menghilangkan bekas luka yang cukup manjur. Hal ini karena buah kelapa mengandung banyak nutrisi penting yang bermanfaat bagi tubuh, seperti vitamin C, serat, protein, kalium, dan magnesium. Vitamin C yang terkandung di dalamnya dapat digunakan untuk menghilangkan bekas luka di kulit.

Cara menggunakan air kelapa untuk menghilangkan bekas luka pun terbilang mudah. Caranya, kalian siapkan terlebih dahulu air kelapa secukupnya, setelah itu, gunakan air kelapa untuk membasuh bekas luka kalian. Biarkan beberapa saat dan bilas dengan air bersih.

 

8. Mengkudu

Buah mengkudu ternyata juga bisa kalian manfaatkan untuk menghilangkan bekas luka. Kandungan antioksidan yang tinggi inilah yang menjadi salah satu cara menghilangkan bekas luka yang cukup ampuh dan cepat, bahkan luka lama sekalipun. Cara menggunakannya, kalian siapkan buah mengkudu terlebih dahulu. Kemudian haluskan buah mengkudu hingga lembut lalu oleskan pada luka kalian.

 

9. Daun Mint

Cara menghilangkan bekas luka selanjutnya kalian bisa menggunakan daun mint. Selain sering dijadikan sebagai obat herbal untuk berbagai penyakit, daun mint ternyata juga cukup efektif dalam menghilangkan bekas luka, termasuk luka lama yang sudah menghitam.

Cara menggunakannya, hanya perlu menumbuk 6 lembar daun mint dan tumbuh hingga halus. Setelah itu, oleskan hasil tumbukan tersebut pada kulit bekas luka. Biarkan beberapa saat lalu bilas hingga bersih.

 

10. Jeruk Nipis

Cara menghilangkan bekas luka yang terakhir yaitu kalian bisa memanfaatkan jeruk nipis. Jeruk nipis mengandung banyak anti-oksidan dan vitamin C yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati penyebab bekas luka menghitam. Cara menghilangkan bekas luka menggunakan jeruk nipis, kalian bisa membelah jeruk nipis terlebih dahulu. Setelah itu, peras jeruk nipis dan oleskan pada kulit bekas luka secara merata. Diamkan selama 30 menit dan bilas hingga bersih.

Berbagai cara di atas dapat dilakukan untuk membantu sebagai cara menghilangkan bekas luka secara alami. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI